10 Bahan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

Selain dilihat dari model atau motif baju yang bagus, memilih bahan pakaian tentu menjadi faktor utama agar outfit yang dikenakan tetap nyaman. Karena berada di negara yang hanya memiliki 2 musim yaitu penghujan dan panas, baju yang adem menjadi pilihan yang terbaik. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan coba membahas mengenai 10 bahan pakaian yang mudah menyerap keringat.

Bahan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat
Bahan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

Saat cuaca panas lebih baik kita memakai baju yang adem, memberi efek lembut pada kulit dan memiliki daya serap yang baik untuk menyerap keringat. Untuk mendukung aktivitas Anda yang padat, baju yang adem dan nyaman kini sudah banyak tersedia di pasaran. Seperti kaos, kemeja, homedress, bahkan gamis sekalipun jika menggunakan bahan yang adem maka Anda tidak akan merasa panas ketika mengenakannya.

Ciri Bahan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

Jika Anda masih bingung mengetahui bahan seperti apa yang adem, Sampurasun.co.id sudah merangkum karakteristik bahan terbaiknya untuk Anda. Berikut ciri bahan pakaian yang mudah menyerap keringat.

1. Tekstur Lembut

Ciri bahan pakaian menyerap keringat yang pertama yaitu cenderung lembut pada permukaan teksturnya. Hal ini karena terbuat dari material serat alami seperti kapas. Contohnya pakaian berbahan katun cocok dipakai saat cuaca panas.

2. Memberi Efek Dingin

Ciri berikutnya yaitu memberikan efek dingin. Bahan yang mudah menyerap keringat mampu menarik panas tubuh dan memberikan efek dingin jika bersentuhan langsung dengan kulit. Sebagaimana kita ketahui seperti bahan rayon dalam pembuatan baju daster masih menjadi andalan karena karakteristiknya yang adem.

3. Tahan dari Suhu Panas

Karakteristik yang mudah kita ketahui dari sebuah bahan yang mudah menyerap keringat yaitu tahan dari suhu panas. Katun adalah salah satu bahan pakaian yang menyerap keringat karena pada saat disetrika menggunakan suhu tinggi bahan ini tidak akan mengalami kerusakan.

Berita Terkait  Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Bahan Lady Crush

4. Mudah Kusut

Ciri terakhir yaitu bahan akan mudah kusut. Ini disebabkan karena bahan tersebut mampu menyerap air dengan baik atau higrokopis. Namun sifatnya tetap kuat meskipun dalam keadaan basah. Dapat kita temui kasus ini pada bahan katun linen, yang pada saat basah atau dicuci akan mudah kusut dan cenderung mengerut.

Rekomendasi Bahan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

Setelah tadi mengetahui ciri dan karakteristik bahan yang adem dan memiliki daya serap tinggi, selanjutnya akan kami berikan beberapa pilihan produknya. Berikut rekomendasi bahan pakaian yang mudah menyerap keringat :

1. Kain Kaos Bahan Katun Combed Premium

Kain Kaos Bahan Katun Combed Premium
Kain Kaos Bahan Katun Combed Premium

Spesifikasi Kain Kaos Bahan Katun Combed Premium

Merk Cottongram
Bahan Katun Combed
Warna / Motif Shockin Pink, Turkis, Abu Tua, Orange, Terracotta Red, Burgundy, Hijau Botol, Ungu Tua dan Dark Navy
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 63,000 – Rp 87,000 -an

Rekomendasi bahan bahan baju yang adem pertama ada bahan kaos yang menyerap keringat dari jenis kain katun kombed. Kain kaos ini disetting tubular atau melingkar seperti sarung, karena dibuat dengan sisi tepinya yang tanpa ujung atau seamless. Pilihan warna yang beragam cocok diaplikasikan untuk pembuatan baju kaos.

2. Kain Spandek Jersey

Kain Spandek Jersey
Kain Spandek Jersey

Spesifikasi Kain Spandek Jersey

Merk No Merk
Bahan Spandek Jersey
Warna / Motif Hitam, Broken white, Coksu, Coffe/coklat tua, Abu, Kunyit, Dusty pink, Lemon, Biru electric, Navy, Hijau, Lavender dan Marun
Minimal Pembelian 3.2 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 81,000 -an

Bahan menyerap keringat yang baik selanjutnya yaitu Spandek Jersey yang memiliki tekstur halus, bahannya jatuh dan cenderung mengkilap. Cocok dijadikan untuk bahan gamis, kerudung instan, rok, leging, maupun kulot. Kain ini dijual perkilo yaitu dengan ukuran lebar kain 165cm dengan panjang 3.2 meter.

3. Bahan Multi Kain Rami Linen

Bahan Multi Kain Rami Linen
Bahan Multi Kain Rami Linen

Spesifikasi Bahan Multi Kain Rami Linen

Merk Multikain
Bahan Rami Linen
Warna / Motif Biru Denim, Blue Sky, Merah Bata, Mustard, Army, Lilac, Chocolate, Off White, Abu dan Baby Pink
Minimal Pembelian 0.5 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 15,000 -an

Pakaian berbahan katun cocok dipakai pada saat cuaca panas. Produk berikut ini masih satu jenis kain katun, yaitu rami linen dengan komposisi 100% katun 20s. Bahan ini adem, mudah menyerap keringat dan tidak menerawang. Untuk warna dari kain ini menggunakan pewarna reactive yang tidak akan luntur atau pudar walaupun dicuci berulang.

Berita Terkait  Harga dan Kelebihan Bahan Shakila Premium Import

4. Bahan Kain Linen Crinkle 0.5 meter

Bahan Kain Linen Crinkle 0.5 meter
Bahan Kain Linen Crinkle 0.5 meter

Spesifikasi Bahan Kain Linen Crinkle 0.5 meter

Merk Bintang Fabric
Bahan Linen Crinkle
Warna / Motif Hitam, Navy, Putih, Coksu, Hijau, Pink Dusty, Abu, Wardah, Mustard, Milo, Lilac, Coklat, Merah, Fanta, Magenta, Marun, Dusty purple dan Sage
Minimal Pembelian 0.5 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 19,000 -an

Rekomendasi kain yang menyerap keringat selanjutnya yaitu Linen Crinkle.  Kain ini merupakan salah satu jenis kain dari keluarga katun. Terbuat dari serat alami tanaman rami. Karakteristiknya agak kaku namun lembut dan tidak menerawang. Memiliki ukuran lebar 150cm. Cocok diaplikasikan untuk pakaian seperti gamis, blouse, celana, kemeja wanita/pria, kulot, outer, blazer, baju bayi dan jenis pakaian lainnya.

5. Kain Satin Silk Velvet

Kain Satin Silk Velvet
Kain Satin Silk Velvet

Spesifikasi Kain Satin Silk Velvet

Merk Anaqafabrics
Bahan Satin Silk Velvet
Warna / Motif Rose Gold, Broken White, Lavender, Mint, Hazelnut, Latte, Black, Silver, Sage, Baby Blue, Lilac, Tosca, Maroon, Terracotta dan Navy
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.8
Harga Rp 25,000 -an

Bahan baju yang menyerap keringat selanjutnya yaitu satin silk velvet. Kain ini memiliki karakteristik permukaannya lembut cenderung mengkilap, bahannya jatuh dan memberi efek dingin jika bersentuhan langsung pada kulit. Sangat cocok dijadikan untuk kerudung, gamis, inner atau dalaman baju, dan bagus untuk dikombinasikan dengan bahan brokat untuk membuat baju kebaya atau seragam bridesmaid.

6. Katun Rayon Twill Polos

Katun Rayon Twill Polos
Katun Rayon Twill Polos

Spesifikasi Katun Rayon Twill Polos

Merk Fajrychaniago
Bahan Rayon Twill
Warna / Motif Hitam, Navy, Broken white, Army, Avocado, Fuscia, Purple, Pink, Milo, Gold, Beige, Salem mint, Lemon dan Dusty rose/peach
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.8
Harga Rp 15,000 -an

Bahan yang menyerap keringat selanjutnya yaitu Rayon Twill. Memiliki karakteristik yang khas yaitu bertekstur halus dan dingin jika dipakai dan memiliki ketebalan yang tidak menerawang. Bahan ini sangat cocok untuk membuat baju dress, baju tidur, mukena ataupun one set yang kini sedang digandrungi para wanita. Dijual permeter dengan ukuran lebar kain 150cm.

7. Bahan Kain CEY Airflow Crinkle

Bahan Kain CEY Airflow Crinkle
Bahan Kain CEY Airflow Crinkle

Spesifikasi Bahan Kain CEY Airflow Crinkle

Berita Terkait  Merk dan Nama Bahan Baju Pramuka Yang Bagus
Merk Bintang Fabric
Bahan Cey Airflow Crinkle
Warna / Motif Hitam, Navy, Putih, Abu, Caramel, Olive, Green tea, Hijau muda, Biru dusty, Coklat, Pink dusty
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 17,000 -an

Rekomendasi bahan pakaian yang bagus untuk menyerap keringat yaitu kain Cey Airflow Crinkle dari 100% polyster. Memiliki tekstur airflow yang lentur, lembut dan jatuh. Tekstur dari bahan ini tidak akan hilang crinklenya meski sudah disetrika. Banyak yang menggunakan kain jenis ini untuk pakaian gamis, outer, baju atasan, celana maupun celana kulot.

8. Kain Jersey Premium

Kain Jersey Premium
Kain Jersey Premium

Spesifikasi Kain Jersey Premium

Merk Syafina Textile
Bahan Jersey Premium
Warna / Motif Abu, Cream, Hijau Botol, Hijau Lemon, Kubus, Lavender, Maroon, Milo, Navy dan Pink
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 29,000 -an

Jika tadi ada bahan kaos menyerap keringat dari katun kombed, berikut ini adalah kain jersey premium. Karakteristik dari kain ini yaitu stretchnya bagus, fleksibel, kain tidak mudah kusut, teksturnya lembut dan adem saat digunakan. Sangat cocok untuk bahan kerudung, gamis atau rok panjang. Dengan motif polos dan pilihan warna yang beragam kain ini dijual 29 ribuan per meter.

9. Bahan Fumiko Linen Crepe Premium

Bahan Fumiko Linen Crepe Premium
Bahan Fumiko Linen Crepe Premium

Spesifikasi Bahan Fumiko Linen Crepe Premium

Merk Putra Aneka Sandang
Bahan Fumiko Linen Crepe
Warna / Motif Black, Navy, Green Army, Silver, Nude, Camel Brown, Mustard Yellow, Terracotta, Milo, Maroon, Salmon Pink, Dusty Pink, Peach, Broken White, Green Sage dan Army
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.9
Harga Rp 18,000 -an

Rekomendasi bahan baju yang bagus dan adem selanjutnya yaitu Fumiko Linen Crepe dari merk Putra Aneka Sandang Textile. Menghadirkan kain Fumiko yang memiliki kerapatan yang tinggi sehingga tidak menerawang, selain itu fumiko ini memiliki handfeel yang lembut sehingga nyaman digunakan. Tersedia pilihan warna yang mengikuti trend fashion.

10. Katun Jepang Desain Bunga Shabby

Katun Jepang Desain Bunga Shabby
Katun Jepang Desain Bunga Shabby

Spesifikasi Katun Jepang Desain Bunga Shabby

Merk Tokai Senko
Bahan Katun Jepang
Warna / Motif Bunga Shabby Warna Hitam, Putih, Hijau dan Pink
Minimal Pembelian 1 Meter
Rate 4.8
Harga Rp 22,000 -an

Rekomendasi bahan baju yang adem dan menyerap keringat terakhir yaitu katun jepang. Tidak diragukan lagi keluarga dari bahan katun satu ini memiliki daya serap terbaik dibanding bahan kain yang lain. Kain ini memiliki desain bunga shabby dengan 4 pilihan warna yang cocok diaplikasikan untuk pakaian anak, gamis ataupun homedress.

Kesimpulan

Itulah dia pembahasan pada kesempatan kali ini tentang 10 bahan pakaian yang mudah menyerap keringat lengkap dengan ciri dan rekomendasi produknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari bahan pakaian yang mendukung dengan aktivitas dan semua kegiatan Anda. Jangan ragu untuk membeli produk dari yang kami pilihkan di atas. Selamat berbelanja dan sampai jumpa!

/* */