12 Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik (Review Terbaru 2023)

Kendaraan motor apalagi sepeda motor bisa jadi merupakan kendaran yang paling sering dipakai, oleh karena itu kita sebagai pemilik dan juga sekaligus pengguna tentu saja harus menjaganya agar tetap dalam kondisi yang sehat. Salah satu upaya untuk menjaga dan merawat sepeda motor kita adalah dengan mengamati penggantian oli secara teratur untuk memperpanjang usia dari mesin sepeda motor. Oli pada sepeda motor berfungsi untuk menjaga serta memaksimalkan daya pada mesin, selain itu juga oli memiliki fungsi lain seperti, mendinginkan suhu mesin dan sebagai pelumas untuk mengurangi gosokan. Penentuan oli sepeda motor juga sangat mempengaruhi mesin, oleh sebab itu kita mesti memakai Merk oli motor Terbaik agar kendaraan kita bisa Awet dan tidak merusak mesin.

Rekomendasi Merk Oli Sepeda Motor Terbaik
Rekomendasi Merk Oli Sepeda Motor Terbaik

Jenis oli untuk sepeda motor memang banyak sekali. Jika dikelompokkan menurut bahan dasar pembuatannya oli mesin sepeda motor dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu oli sintetik yang mempunyai kelebihan pada kekentalan, tetapi lebih mudah hilang. Selanjutnya ada oli mineral yang sama-sama juga memiliki keunggulan lebih bisa menahan penguapan, tetapi tidak cukup bagus pada temperatur yang lebih tinggi. Selain itu juga ada oli semi sintetik yang biasanya lebih pas digunakan untuk sepeda motor tahun muda atau keluaran terbaru. Yang terakhir ada oli full sintetik yang cocok digunakan untuk jenis sepeda motor yang berperforma tinggi. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips serta trik dalam memilih oli untuk sepeda motor.

Tips Memilih Oli Motor Terbaik

Dengan menjaga mesin tetap terawat, mengganti oli secara berkala adalah kewajiban bagi si pemilik kendaraan. Biasanya waktu penggantian oli mesin pada sepeda motor itu disesuaikan dengan tipe atau jenis sepeda motor dan juga oli yang telah digunakan. Semakin sering motor dipakai, maka penggantian oli juga harus lebih diperhatikan. Berikut tips dalam memilih oli.

1. Membaca Buku Petunjuk Pada Manual Book Sepeda Motor

Di dalam buku panduan tersebut biasanya dijelaskan mengenai spesifikasi sepeda motor mulai dari mesin dan juga pemilihan oli yang paling tepat agar tidak salah dalam memilih oli untuk sepeda motor kita.

2. Perhatikan Bahan Pembuatan Oli

Biasanya oli sepeda motor dibagi menajadi dua jenis bahan pembuatan, yaitu oli mineral dan sintesis. masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan.

3. Sesuaikan Kepadatan Pada Oli

Tiap merk oli sepeda motor pasti memiiki perbedaan dalam hal kepadatan oli atau biasa disebut viskositas. kekentalan oli tersebut harus disesuaikan dengan sepeda motor tersebut. Dengan pemilihan oli yang benar pasti akan memaksimalkan kinerja dari mesin sepeda motor tersebut.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Wiper Kaca Mobil yang Bagus dan Murah

4. Biasakan Pembelian Oli di Bengkel Resmi

Pada bengkel resmi biasanya memberikan informasi mengenai rekomendasi pemilihan oli yang tepat dengan tipe dan spesifikasinya. Dengan cara seperti itu pasti anda akan menemukan oli mesin yang paling tepat dengan sepeda motor anda.

Rekomendasi Merk Oli Sepeda Motor Terbaik

Setelah kita mengerti bagaiaman cara memilih pelumas mesin sepeda motor yang paling sesuai, disini kita akan meberikan informasi mengenai rekomendasi merk oli motor terbaik.

1. AHM Oil MPX 2 800ml

AHM Oil MPX 2 800ml
AHM Oil MPX 2 800ml

Spesifikasi Oli AHM Oil MPX 2 800ml

Merk AHM Oil
API SL
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 10W-30
Rate 4.8
Harga Rp 33,000 -an

Oli sepeda motor yang tepat untuk sepeda motor terutama Honda pastinya adalah AHM oil. Karena oli ini sendiri diproduksi oleh PT Astra Honda Motor atau AHM serta khusus untuk sepeda motor dari Honda. AHM OIL MPX 2 0.8L diperuntukan untuk sepeda motor Honda agar menjadi lebih bertenaga serta irit. Pelumas memiliki fungsi untuk menjaga mesin motor agar lebih irit dan juga lebih bertenaga, lalu oli ini lebih irit dalam melakukan penggantian yang lebih lamadan juga dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Oli yang bagus buat motor beat, Honda PCX, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Genio, Honda SH 150i, Honda Forza, Honda ADV.

2. Yamalube Silver Motor Oil 800ml

Yamalube Silver 800ml
Yamalube Silver 800ml

Spesifikasi Oli Yamalube Silver 800ml

Merk Yamalube
API SJ
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 20W-40
Rate 4.8
Harga Rp 28,500 -an

Oli sepeda motor yang paling tepat untuk sepeda motor Yamaha tentunya adalah Yamalube. Oli Yamalube sendiri tersedia berbagai macam pilihan untuk tipe sepeda motor Yamaha. YAMALUBE SILVER OIL 800ml Diformulasikan untuk mesin motor 4 Tak Yamaha tipe moped (underbone) yang membutuhkan perawatan dan perlindungan maksimal. pelumas ini dapat melindungi mesin sepeda motor dari karat, membersihkan dan menjaga bagian mesin tetap bersih, dapat bekerja pada suhu rendah, dan kestabilan oksidasi yang tinggi mampu menjaga kekentalan. Diperuntukan untuk sepeda motor Yamaha seperti : Yamaha Vega R, Yamaha Vega RR, Yamaha Vega Force, Yamaha Jupiter.

3. Federal Matic 30 Ecomaxx 800ml

Federal Matic 30 Ecomaxx 800ml
Federal Matic 30 Ecomaxx 800ml

Spesifikasi Oli Federal Matic 30 Ecomaxx 800ml

Merk Federal Oil
API SL
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 10W-30
Rate 4.8
Harga Rp 27,500 -an

Federal oil memang sudah terjamin mutunya. Oli sepeda motor ini memberikan harga yang bisa dibilang cukup terjangkau dengan mutu yang sangat baik, yang menjadikan oli ini banyak peminatnya. Oli Motor Federal Matic 30 Ecomaxx merupakan oli motor yang berbahan sintetis yang bagus menjadi salah satu rekomendasi merk oli motor matic terbaik di Indonesia atau biasa disebut kopling kering. Oli ini juga memiliki keunggulan untuk meningkatkan ketahanan mesin, meningkatkan akselerasi, melindungi gesekan pada komponen mesin yang berguna untuk tetap menjaga keadaan suhu mesin agar tetap dingin, serta dapat membersihkan kotoran pada komponen yang terdapat pada mesin yang menyebabkan kerja mesin lebih baik atau optima. Oli ini khusus untuk sepeda motor matic seperti : Honda PCX, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Spacy, Honda Beat.

4. Oli motor Yamalube Sport 1L

Yamalube Sport
Yamalube Sport

Spesifikasi Oli Yamalube Sport 1L

Merk Yamalube
API SL
Ukuran Kemasan 1000ml
SAE 10W-40
Rate 4.8
Harga Rp 32,500 -an

Merk oli motor terbaik untuk sepeda motor dari Yamaha adalah dari Yamalube. Pelumas ini memiliki banyak jenis tipe yang dapat disesuaikan dengan jenis kendaraan. Terlebih lagi Oli Yamalube sport ini sangat cocok untuk jenis sepeda motor sport. Oli Yamalube Sport diperuntukkan hanya untuk mesin sepeda motor 4 Tak Yamaha bertipe underbone atau moped dan juga tipe sport untuk hasil yang lebih maksimal. Oli ini berfungsi untuk melindungi mesin, membersihkan serta menjaga komponen pada mesin tetap bersih, mampu bekerja pada temperatur rendah, mampu mempertahankan kekentalan serta lebih ramah lingkungan. Oli Yamalube sport ini cocok untuk sepeda motor sport seperti : Yamaha Jupiter MX, Yamaha MX King, Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Yamaha Xabre, Yamaha YZF R15.

Berita Terkait  12+ Rekomendasi Merk Velg Motor Terbaik (Review Terbaru 2023)

5. Yamalube Matic Oil 800ml

Yamalube Matic Oil 800ml
Yamalube Matic Oil 800ml

Spesifikasi Oli Yamalube Matic Oil 800ml

Merk Yamalube
API SJ
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 20W-40
Rate 4.8
Harga Rp 28,500 -an

Ganti oli motor berapa km adalah pertanyaan yang sering muncul disini kamu disarankan untuk mengganti saat mencapai 3.000 – 5.000 km .Oli terbaik untuk sepeda motor keluaran Yamaha adalah produk dari Yamalube. Pelumas ini memiliki banyak jenis tipe yang dapat disesuaikan dengan jenis kendaraan. Terlebih lagi Oli Yamalube matic ini sangat tepat untuk sepeda motor matic. Oli Motor Yamalube Matic Oil 800ml diperuntukan untuk sepeda motor Yamaha Matic agar mendapat perlindungan mesin yang maksimal. Oli ini berfungsi untuk menjaga mesin sepeda motor matic lebih tahan lama, tahan terhadap korosi, mengurangi gesekan, serta membuat kinerja mesin motor menajdi lebih baik. Oli ini diperuntukan untuk sepeda motor Yamaha matic seperti : Yamaha Mio, Yamaha Fino, Yamaha X Ride, Yamaha Mio GT, Yamaha Mio Soul.

6. Oli Sepeda Motor Enduro Racing 4T

Enduro Racing 4T
Enduro Racing 4T

Spesifikasi Oli Enduro Racing 4T

Merk Enduro
API SL
Ukuran Kemasan 1000ml
SAE 10W-40
Rate 4.5
Harga Rp 35,000 -an

Enduro ini adalah salah satu pembuat oli terbaik di Indonesia. Oli ini memiliki harga yang sangat terjangkau dengan kualitas terbaik. terlebih lagi oli dari Enduro ini terdapat banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dimiliki. Oli Enduro Racing 4T merupakan pelumas motor berkualiatas terbaik untuk memberikan kinerja terbaik dan akselerasi yang cukup maksimal. Oli Enduro Racing 4T sangat tepat untuk pemakaian biasa atau pun racing dengan perlindungan mesin yang sangat baik. Jenis pelumas ini cocok bagi sepeda motor seperti : Honda Blade, Honda Supra, Honda Revo, Yamaha Jupiter, Yamaha Vega. Jika suara mesin sudah mulai bising, oli mulai cair dan volume semakin sedikit itu merupakan ciri ciri motor harus ganti oli.

7. Oli Sepeda motor Shell Advance AX5SC 0.8L

Shell Advance AX5SC 0.8L
Shell Advance AX5SC 0.8L

Spesifikasi Oli Shell Advance AX5SC 0.8L

Merk Shell
API SL
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 10W-30
Rate 4.9
Harga Rp 38,000 -an

Jika disekitar kamu terdapat toko oli motor terdekat boleh saja membeli disana namun jika terlalu jauh alangkah lebih baik untuk membeli secara online. Tentunya kita sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Shell. Produsen Shell mengeluarkan beberapa jenis pelumas, salah satunya Shell Advance AX5SC yang dikhususkan untuk sepeda motor matic. Oli jenis Shell Advance AX5SC adalah pelumas yang terbuat dari pelumas mineral mineral terbaik yang menggunakan Active Cleansing Technology yang berfungsi sebagai teknologi pembersih dari Shell. Jenis ini sangat tepat bagi sepeda motor matic seperti : Honda Scoopy, Honda Beat, Honda Vario, Honda Genio, Yamaha Mio, Yamaha Fino.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Nama Pembersih Kaca Mobil Berjamur Terbaik

8. Oli Sepeda Motor Shell Advance 4T AX5 15W-40 1L

Shell Advance 4T AX5 15W-40 1L
Shell Advance 4T AX5 15W-40 1L

Spesifikasi Oli Shell Advance 4T AX5 15W-40 1L

Merk Shell
API SL
Ukuran Kemasan 1000ml
SAE 15W-40
Rate 4.9
Harga Rp 39,000 -an

Tentunya kita sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Shell. Produk dari Shell juga ada beberapa jenis. Shell Advance 4T AX5 15W-40 (1L) merupakan pelumas motor untuk meingkatkan performa sepeda motor 4 Tak yang menggunakan Active Cleansing Technology untuk membersihkan. Untuk biaya perbaikan motor kehabisan oli ini relatif mengingat jasa bongkar pasang oli setiap bengkel itu berbeda. Oli Motor Shell Advance 4T AX5 juga memberikan perlindungan terhadap mesin dari endapan yang mengganggu kinerja mesin serta dapat melindungi & memperpanjang masa pakai. Pelumas ini pas sekali jika digunakan sepeda motor seperti : Yamaha Jupiter MX, Yamaha MX King, Yamaha Byson.

9. Oli Sepeda otor Enduro Matic 800ML 10W-30

Enduro Matic 800ML SAE 10W-30
Enduro Matic 800ML SAE 10W-30

Spesifikasi Oli Enduro Matic 800ML SAE 10W-30

Merk Enduro
API SL
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 10W-30
Rate 4.8
Harga Rp 34,500 -an

Enduro merupakan salah satu produsen oli terbaik di Indonesia. Oli ini memiliki harga yang sangat terjangkau dengan kualitas terbaik. terlebih lagi oli dari Enduro ini terdapat banayak pilihan yang dapat disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dimiliki. Enduro Matic 800ML bisa dibilang pelumas yang memiliki kualitas terbaik untuk memberikan kinerja terbaik dan akselerasi yang cukup maksimal serta dapat melindungi mesin secara maksimal. Oli ini sangat cocok untuk sepeda motor seperti : Honda Beat, Honda Vario, Yamaha Fino, Yamaha Mio.

10. Oli Sepeda Motor Shell Advance AX3 20W-50 0.8L

Shell Advance AX3 20W-50 0.8 Liter
Shell Advance AX3 20W-50 0.8 Liter

Spesifikasi Oli Shell Advance AX3 20W-50 0.8L

Merk Shell
API SG
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 20W-40
Rate 4.9
Harga Rp 36,000 -an

Produk oli motor dari Shell memang banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah Shell Advance AX3 20W-50 yang cocok untuk jenis sepeda motor carburator 4 Tak. Shell Advance AX3 20W-50 0.8L adalah pelumas mesin sepeda motor 4-Tak. Oli mesin jenis ini paliny cocok untuk mesin bertemperatur tinggi yang tentunya membutuhkan pelumas dengan cara terbaik dalam memberikan perlindungan serta pembersihan mesin sepeda motor. Oli sepeda motor ini sangat tepat untuk sepeda motor seperti : Honda Tiger, Mega Pro, Scorpio, Bajaj Pullsar.

11. Oli Sepeda Motor Mesran Super 1L SAE 20W-50

Mesran Superr 1Liter SAE 20W-50
Mesran Superr 1Liter SAE 20W-50

Spesifikasi Oli Mesran Superr 1Liter SAE 20W-50

Merk Mesran
API SG
Ukuran Kemasan 1000ml
SAE 20W-50
Rate 4.8
Harga Rp 28,500 -an

Oli Mesran Super merupakan produk dari pertamina yang diperuntukan untuk sepeda motor yang biasa menempuh jarak lebih jauh. Mesran Super 1L dibuat hanya untuk sepeda motor bebek 4-Tak. Oli ini berfungsi sebagai pelumas mesin sepeda motor dan juga pembersih agar mesin tetap bekerja secara maksimal. Oli sepeda motor ini cocok untuk jenis motor seperti : Suzuki Smash, Kawasaki Kaze.

12. Oli Sepeda Motor Federal Supreme XX 0.8L

Federal Supreme XX 10W-40 20W-50 0.8L
Federal Supreme XX 10W-40 20W-50 0.8L

Spesifikasi Oli Federal Supreme XX 10W-40 20W-50 0.8L

Merk Federal
API SJ
Ukuran Kemasan 800ml
SAE 20W-50
Rate 4.8
Harga Rp 29,000 -an

Federal ini memang kualitasnya sangat terjamin. Oli sepeda motor ini menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau dengan kualitas terbaik yang menjadikan sangat banyak peminatnya. Federal Supreme XX 0.8L merupakan oli mesin sepeda motor yang berfungsi melindungi mesin dari gesekan antar komponen mesin, menjaga suhu mesin agar tetap dingin serta memberikan perlindungan pada mesin sepeda motor. Pelumas jenis ini tepat untuk sepeda motor seperti : Yamaha R25, Yamaha MX King, Yamaha R15, Honda CBR, Honda Verza, Honda Mega Pro, Honda Sonic.

Kesimpulan

Setiap barang yang sering digunakan terutama kendaraan seperti sepeda motor itu memerlukan sebuah perawatan secara rutin agar kondisinya tetap terjaga serta terawat. Melakukan perawatan kendaraan pada sepeda motor adalah memperhatikan penggunaan oli mesin. Biasakan untuk memperhatikan penggunaan oli mesin, karena jiga tidak diperhatikan maka bisa saja akan berakibat fatal terhadap sepeda motor yang kita miliki. Jangan lupa untuk perhatikan jenis pelumas mesin yang tepat dengan kendaraan yang kita miliki, dikarenakan tiap produk memiliki spesifikasi yang berbeda. Semoga adanya artikel rekomendasi merk oli motor terbaik ini dapat membantu anda dalam pemilihan jenis pelumas untuk kendaraan anda.

/* */