10 Rekomendasi Bumbu Instan Nasi Kuning Terbaik (Review Terbaru 2023)

Indonesia kaya akan menu masakan nusantara yang beragam jenis, cita rasa dan aromanya yang khas. Salah satunya yaitu nasi kuning yang identik disajikan untuk merayakan dan memeriahkan momen atau acara spesial seperti ulang tahun, syukuran dan hari besar lainnya. Nasi kuning memiliki warna dan aroma wangi yang khas karena diolah dengan rempah-rempah. Untuk Anda yang ingin membuatnya namun tidak mau ribet dengan menyiapkan berbagai rempah, kami akan memberikan 10 rekomendasi bumbu nasi kuning terbaik (review terbaru 2023).

Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning Terbaik
Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning Terbaik

Jika sebelumnya Anda harus menyiapkan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk membuat nasi kuning, kini lebih praktis karena adanya bumbu instan. Dengan itu Anda dapat memasak dan menikmati sajian nasi kuning kapanpun bahkan dalam jumlah porsi yang sedikit. Untuk mengetahui produk bumbu nasi kuning instan yang bagus cermati tips berikut yuk!

Tips Memilih Bumbu Nasi Kuning Terbaik

Adapun memilih bumbu nasi kuning terbaik, Sampurasun.co.id telah merangkumnya untuk Anda sebagai berikut :

1. Cek Bahan Dasar

Tips yang pertama yaitu cek bahan dasar. Pastikan bumbu instan terbuat dari bahan rempah asli dan minim bahan sintetis atau buatan. Ini bertujuan untuk tetap mendapatkan aroma dan rasa yang khas pada nasi kuning seperti jika Anda menggunakan bahan racikan sendiri. Hindari juga pewarna buatan pada bumbu instan, karena warna kuning yang alami berasal dari kunyit. Untuk mengetahui informasi bahan Anda dapat melihatnya pada bagian komposisi di belakang kemasan.

2. Pilih Dengan Kandungan Santan

Tips berikutnya yaitu pilih bumbu nasi kuning instan dengan kandungan santan. Karena ada beberapa merk yang tidak terdapat kandungan santan sehingga Anda perlu menyiapkan santan tambahan. Maka untuk lebih praktisnya cek lebih dulu apakah produk tersebut sudah termasuk kandungan santan di dalamnya.

3. Cek Cara Memasak

Tips yang ketiga yaitu cek cara memasaknya. Dari sini dapat Anda ketahui apakah bumbu instan tersebut harus melalui proses tumisan dulu sebelum mencampurnya pada beras, atau dapat dicampurkan langsung pada beras. Jika bumbu bisa langsung ditambahkan pada campuran beras, maka cara memasaknya dapat menggunakan rice cooker sehingga lebih praktis.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Kunyit Bubuk Kemasan Sachet Terbaik

4. Cek Takaran

Tips yang terakhir yaitu cek takaran pada kemasan. Biasanya 1 sachet bumbu nasi kuning dapat digunakan untuk memasak empat porsi nasi kuning atau porsi keluarga. Jika Anda membutuhkan porsi yang besar, bisa menggunakan 3 sampai 4 kemasan. Usahakan sesuai takaran yang sudah tercantum pada kemasan agar mendapat rasa yang pas.

Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning Terbaik

Setelah tadi sudah mengetahui cara memilih bumbu instan terbaik, selanjutnya akan kami berikan pilihan produknya. Berikut beberapa rekomendasi bumbu nasi kuning terbaik :

1. Bamboe Nasi Kuning

Bamboe Bumbu Nasi Kuning
Bamboe Bumbu Nasi Kuning

Spesifikasi Bamboe Nasi Kuning

Merk Bamboe
Komposisi Bawang merah 20%, bawang putih 18%, kunyit 15%, garam, minyak kelapa sawit, serai 8%, daun jeruk 8%, daun salam 6%
Kemasan 50 Gram
Saran Penyajian 4 Porsi
Rate 4.9
Harga Rp 7,000 -an

Rekomendasi yang pertama yaitu Bamboe bumbu nasi kuning. Produk ini berisi 50 gram yang bisa digunakan untuk 4 porsi dalam sekali sajian. Resep nasi kuning bumbu bamboe ini Anda perlu menambahkan 65 ml santan instan, 1 bungkus santan parut,  650 ml air, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam dan 2 lembar daun pandan untuk mendapat rasa yang sempurna.

2. Kokita Yellow Rice Seasoning

Kokita Yellow Rice Seasoning
Kokita Yellow Rice Seasoning

Spesifikasi Kokita Yellow Rice Seasoning

Merk Kokita
Komposisi Santan, garam, rempah-rempah, kunyit, minyak nabati, gula, ketumbar, pati termodifikasi, protein nabati terhidrolisis, pengatur keasaman, penstabil nabati, pengemulsi nabati, antioksidan tokoferol
Kemasan 60 Gram
Saran Penyajian 5 – 6 Porsi
Rate 5.0
Harga Rp 5,500 -an

Selanjutnya ada produk bumbu nasi kuning spesial dari merk Kokita. Bumbu ini sudah mengandung santan, namun Anda bisa menambahkan santan cair, daun salam dan daun sereh saat proses memasaknya untuk mendapat aroma dan rasa yang pas. Warna kuning yang dihasilkan lebih alami karena kandungan kunyit di dalamnya. Satu kemasan bumbu ini dapat digunakan untuk 5 sampai 6 porsi nasi kuning.

3. Bango Nasi Kuning Manado

Bango Nasi Kuning Manado
Bango Nasi Kuning Manado

Spesifikasi Bango Nasi Kuning Manado

Merk Bango
Komposisi Minyak sayur, air, Garam, serai, Kunyit, Penambah rasa (monosodium glutamat, disodium inosinate & guanylate), Gula, Rasa Serai Alami, Penstabil sayuran, pengatur keasaman, Rasa pandan sintetis dan Tokoferol Antioksidan
Kemasan 35 Gram
Saran Penyajian 5-6 Porsi
Rate 4.9
Harga Rp 5,600 -an
Berita Terkait  10 Rekomendasi Merk Mayonaise Yang Enak Terbaik

Berikutnya ada bumbu instan nasi kuning bango khas Manado yang praktis dan lezat. Dibuat dari rempah berkualitas tanpa tambahan pegawet. Cocok untuk menyajikan makanan sehat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga. Harga bumbu nasi kuning instan ini dijual 5 ribuan untuk kemasan 35 gram yang cukup untuk membuat 5 sampai 6 porsi.

4. Bumbu Munik

Bumbu Munik
Bumbu Munik

Spesifikasi Bumbu Munik

Merk Munik
Komposisi Gula, garam, bawang putih, minyak sayur, kunyit, kemiri, serai, ketumbar, monosodium glutamat, natrium benzoat.
Kemasan 65 Gram
Saran Penyajian 6 Porsi
Rate 4.9
Harga Rp 41,000 -an

Rekomendasi selanjutnya yaitu Bumbu Munik Nasi Kuning yang terbuat dari rempah asli dan berkualitas sehingga makanan lebih enak dan sedap. Bumbu ini sudah matang sehingga tidak perlu lagi ditumis atau ditambah dengan gula, garam atau bumbu lainnya. Untuk Anda para pemula yang ingin mencoba membuat nasi kuning bisa mencoba memakai bumbu nasi kuning rice cooker ini dengan praktis karena sudah tercantum petunjuk penggunaan pada kemasannya.

5. Seriboe Rempah Nusantara Bumbu Nasi Kuning

Seriboe Rempah Nusantara
Seriboe Rempah Nusantara

Spesifikasi Seriboe Rempah Nusantara 

Merk Seriboe Rempah Nusantara
Komposisi Garam, minyak goreng, kunyit, kemiri, daun pandan, serai, natrium benzoat, kalium sorbat
Kemasan 50 Gram
Saran Penyajian 4 -5 Porsi
Rate 4.9
Harga Rp 7,600 -an

Selanjutnya ada bumbu nasi kuning rice cooker dari produk homemade yaitu Seriboe Rempah Nusantara. Bumbu ini terbuat dari bahan komplit yang alami dan berkualitas sehingga memasak nasi kuning menjadi lebih mudah dan praktis. Sudah lengkap dengan kandungan santan bubuk di dalamnya sehingga Anda tidak perlu menambahkan bumbu penyedap lainnya.

6. Tudung Bumbu Nasi Kuning

Tudung Bumbu Nasi Kuning
Tudung Bumbu Nasi Kuning

Spesifikasi Tudung Bumbu Nasi Kuning

Merk Tudung
Komposisi Tidak Disebutkan
Kemasan 55 Gram
Saran Penyajian 7 – 8 Porsi
Rate 4.8
Harga Rp 13,000 -an

Bumbu nasi kuning instan yang enak selanjutnya yaitu dari merk Tudung yang memiliki aroma rempah sereh khas nasi kuning dan cita rasa asli Nusantara. Terbuat dari bahan rempah pilihan dan dilengkapi santan yang gurih dan bumbu minyak sehingga tidak perlu menambahkan bumbu lainnnya.  Takaran penyajian setiap 1 sachetnya yaitu untuk 7 sampai 8 porsi.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Mustard di Indonesia yang Enak

7. Cap Pohon Mangga – Bumbu Tumpeng

Cap Pohon Mangga - Bumbu Tumpeng
Cap Pohon Mangga – Bumbu Tumpeng

Spesifikasi Cap Pohon Mangga – Bumbu Tumpeng

Merk Cap Pohon Mangga
Komposisi Jinten, cengkeh, kapulaga, ketumbar, serai, salam, merica, dan rempah-rempah lainnya
Kemasan 8 Gram
Saran Penyajian 4 Porsi
Rate 4.8
Harga Rp 4,500 -an

Rekomendasi selanjutnya ada Bumbu tumpeng Cap Pohon Mangga yang merupakan bumbu instan untuk nasi tumpeng. Terbuat dari rempah-rempah alami Indonesia, yang pastinya bikin nasi tumpeng buatanmu juara rasanya. Dengan resep nasi kuning tradisional dari bumbu instan ini Anda bisa menikmati nasi kuning yang istimewa seperti menggunakan bahan racikan sendiri.

8. Bumbu Tumpeng Samara Micron

Bumbu Tumpeng Samara Micron
Bumbu Tumpeng Samara Micron

Spesifikasi Bumbu Tumpeng Samara Micron

Merk Samara Micron
Komposisi Bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lada, ketumbar, salam, serai, daun jeruk, merica, jahe, garam, gula, minyak, penguat rasa, sodium benzoat
Kemasan 45 Gram
Saran Penyajian 4 Porsi
Rate 4.8
Harga Rp 9,000 -an

Selanjutnya ada bumbu nasi kuning sederhana dari Samara Micron. Bahan bakunya menggunakan 100% rempah murni tanpa mencampur bahan penambah volume. Dibuat dengan cara mencampur semua bumbu secara higenis sehingga menghasilkan rasa sesuai dengan citarasa makanan tradisional Indonesia. Harga bumbu instan ini 9 ribuan untuk penggunakan 4 porsi dalam 1 sachet.

9. Mari Masak – Bumbu Nasi Kuning

Mari Masak - Bumbu Nasi Kuning
Mari Masak – Bumbu Nasi Kuning

Spesifikasi Mari Masak – Bumbu Nasi Kuning

Merk Mari Masak
Komposisi Garam, Gula, Rempah-rempah alami, dll
Kemasan 30 Gram
Saran Penyajian 3 – 4 Porsi
Rate 4.9
Harga Rp 15,000 -an

Berikutnya ada bumbu nasi kuning lengkap dari merk Mari Masak. Terbuat dari rempah alami sehingga aman untuk dikonsumsi semua anggota keluarga. Komposisi bahannya yaitu Garam, Gula, Rempah-rempah alami, dll. Tersedia dalam kemasan 30 gram yang bisa untuk 2 porsi besar sampai 5 porsi kecil. Cara membuat nasi kuning dengan bumbu instan ini yaitu masukkan Mari Masak bersama 250 gram beras yang sudah dicuci ke magic com, tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga rata dan masak hingga matang.

10. Indonesian Turmeric Rice Seasoning

Indonesian Turmeric Rice Seasoning
Indonesian Turmeric Rice Seasoning

Spesifikasi Indonesian Turmeric Rice Seasoning

Merk Abu Sulaeman
Komposisi Tidak Disebutkan
Kemasan 50 Gram
Saran Penyajian 5 – 6 Porsi
Rate 4.8
Harga Rp 10,000 -an

Rekomendasi yang terakhir yaitu Indonesian Tumeric Rice Seasoning dari Abu Sulaeman yang merupakan produsen bumbu instan khas nusantara dan Timur Tengah yang tentunya menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas. Dikemas dengan kemasan High Recommened Quality For hygiene Food sehingga Anda tak perlu khawatir akan rasa dan keamanan pangannya.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan kali ini mengenai 10 rekomendasi bumbu nasi kuning terbaik (review terbaru 2023) lengkap dengan tips cara memilihnya. Semoga dengan artikel ini Anda mendapat produk yang cocok dan bisa menggunakannya untuk membuat sajian nasi kuning yang lezat. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya dengan pembahasan produk menarik lainnya hanya di web ini.

/* */