12 Rekomendasi Kerupuk Paling Enak Di Indonesia

Kerupuk ialah makanan ciri khas warga indonesia banget, terasa kurang lengkap apabila kita makan tanpa ditemani dengan kerupuk. Penggemar makanan kerupuk tercatat sangat banyak sekali baik dari kalangan anak muda sampai kalangan orang tua. Jadi kerupuk ini ialah salah makanan ringan yang menurut mimin the best banget lah yang wajib harus ada ketika mimin makan. Bisa dikatakan bahwa kerupuk bisa dijadikan pelengkap makanan. Kurang afdol rasanya jika kita maka tanpa ditemani dengan kerupuk. Kerupuk juga mudah untuk kamu jumpai dimana saja. Jadi enggak usah bingung apabila ingin makan dengan tambahan menu kerupuk. Sampai detik ini produksinya masih berkembang pesat sekali seiring dengan bertambahnya pabrik-pabrik kerupuk di indonesia. Begitu banyak dari kalangan pengusaha kerupuk untuk mengimport produknya keluar negeri. Intinya kerupuk telah go internasional. Keren kan..

Rekomendasi Kerupuk Paling Enak Di Indonesia
Rekomendasi Kerupuk Paling Enak Di Indonesia

Semenjak dulu kerupuk telah menjadi bagian dari makanan asli indonesia. Menyimpan beraneka rasa yang gurih serta bertekstur garing menjadikan kerupuk makanan yang cocok untuk menemani berbagai jenis makanan. Kerupuk ialah sejenis makanan ringan yang sama pada umumnya berbentuk mirip keripik yang bisa jadikan teman makan nasi atau sebagai camilan sehari hari. Sangat cocok dimakan saat waktu luang. Perkembangan kerupuk di indonesia bisa terbilang cukup tinggi karena setiap tahun terus memberikan inovasi terbaru dari setiap macam kerupuk. Telah banyak beraneka ragam kerupuk di indonesia seperti kerupuk kulit, udang, serta ikan. Aneka rasanya mulai dari rasa pedas, manis serta asin.

Tips dan Trik Memilih Kerupuk

Pastikan ketika kamu membeli kerupuk dipasaran maupun di warung. Kamu tidak boleh asal membelinya saja. Harus memeriksa nya terlebih dahulu agar kerupuk yang kamu konsumsi tidak merugikan kesehatan tubuhmu. Mulai dari memeriksa kemasannya, komposisi, dan kamu juga bisa untuk menciumnya terlebih dahulu sebelum memakannya. Dilansir dari beberapa sumber, ini ialah beberapa tips buat kamu agar bisa mengecek ketika memilih kerupuk berkualitas baik.

1. Periksa bagian kerupuk

Pastikan kerupuk yang akan kita makan bentuk dan bagian tidak ada yang janggal atau aneh. Kenali kerupuk yang beredar dipasaran mulai dari warna kerupuk. Apabila kerupuk yang ada periksa mempunyai warna yang janggal atau sangat pekat lebih baik kamu jang membelinya karna ditakutkan kerupuk tersebut mengandung banyak zat warna yang dapat berkibat buruk bagi kesehatan tubuh jika kamu mengkonsumsi nya. Sama halnya dengan kerupuk yang tidak memiliki warna seperti kerupuk putih, apabila warna nya terlalu putih sebaiknya kamu letakan saja kerupuk tersebut jangan memakannya di takutkan kerupuk tersebut mengandung banyak zat pemutih. Belilah kerupuk yang berwarna putih alami atau sedikit kekuningan.

2. Periksa tingkat mengembangnya

Pada dasarnya kerupuk akan mengembang dua atau tiga kali dari ukuran biasa nya. Apabila kerupuk yang kita pilih ukurannya tidak seperti biasanya atau terlalu besar di khawatirkan kerupuk tersebut mengandung bahan pengembang yang over. Begitu pun sebaliknya apabila kerupuk tidak mengembang seperti biasanya bisa ditandakan bahwa kerupuk tersebut kurang baik jika dikonsumsi.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Kopi Hitam Tanpa Gula Terbaik

3. Jangan terlalu banyak mengonsumsi nya

Walaupun bisa dikatan bahwa kerupuk bisa bertahan hingga jangka waktu yang lama. Alangkaha lebih baiknya jangan terlalu banyak memakannya karna pada dasarnya semua hal yang diberlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Rekomendasi Kerupuk Paling Enak Di Indonesia

Bagi kamu para pecinta kerupuk, mimin disini akan merekomendasikan 12 produk kerupuk paling enak di Indonesia, tidak hanya gurih dan pastinya sehat jika dikonsumsi setiap harinya.

1. Kerupuk putih

Kerupuk putih
Kerupuk putih

Spesifikasi Kerupuk Putih

Merk Mawar
rasa ikan
Ukuran 250 gram
Komposisi Ikan Tenggiri, Tepung, Tapioka, Gula, Pasir, Garam, Bawang Putih, Mineral, Minyak Goreng
Kecepatan 4.9
harga Rp 8.900 -an

Mimin tebak kalian semua pasti sangat familiar dengan yang nama nya kerupuk putih, ia kerupuk paling enak di indonesia yang bisa kamu temuin diwarung-warung. Dengan ciri khas bentuk nya yang mirip tali tambang yang disusun rapi hingga berbentuk bulat dan warna putih yang sedikit kekuningan. Kerupuk ini sangat mudah kamu temui diwarung makanan. Dan produksinya makin meningkat dari tahun ketahun karna permintaan konsumen yang selalu tinggi. Patut dipertanyakan jika kamu yang lahir di negeri indonesia tidak tahu dengan jenis kerupuk yang satu ini. Sangat cocok apabila dihidangkan dengan nasi putih hangat dan sambal. Rasa yang dimiliki oleh kerupuk ini ialah gurih dan tekstur yang renyah, menjadikan kita semakin lahap menyantap makanan.

2. Kerupuk Puli

Kerupuk Puli
Kerupuk Puli

Spesifikasi Kerupuk Puli

Merk Mirasa
rasa gurih
Ukuran 200gr
Komposisi beras, bawang putih, dan bumbu
Kecepatan 5.0
harga Rp 15.000 -an

Nah, kerupuk berikutnya yang mimin rekomendasi kan ialah kerupuk puli. Dari namanya saja pasti kalian kurang familiar dengan kerupuk ini, lain dengan kerupuk putih yang selalu tersedia dimanapun kamu makan. Kerupuk ini tergolong unik karena dipotong tipis tipis serta memiliki bentuk yang persegi. Bahan dasar yang terdapat dari kerupuk yang satu ini ialah beras. Nah pasti mengandung karbohidrat, jadi bisalah dijadikan camilan saat malam atau dijadikan hidangan pelengkap saat makan nasi. Dilihat dari gambar nya saja pasti sangat lezat sekali rasanya, tidak akan cukup untuk mimin apabila hanya memakan satu kerupuk puli saja.

3. Kerupuk Kuku Macan

Kerupuk Kuku Macan
Kerupuk Kuku Macan

Spesifikasi Kerupuk Kuku Macan

Merk raja macan
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi gram tepung tapioka, gram ikan tenggiri, butir kuning telur gula pasir, kaldu, garam, dll.
Kecepatan 4.9
harga Rp 40.000-an

Lah kok dinamakan kerupuk kuku macan, pasti kalian terheran-heran kenapa kerupuk yang satu ini diberi nama kerupuk macan. Dinamakan kerupuk kuku macan karna bentuknya yang mirip dengan kuku macan. Memiliki bentuk nya yang kecil, kerupuk ini pas untuk dijadikan camilan, apalagi disantap pada saat menonton acara atau film favorit kamu.

4. Kerupuk melinjo

Kerupuk melinjo
Kerupuk melinjo

Spesifikasi Kerupuk Melinjo

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk dan Harga Roti Tawar Terbaik
Merk Limpung
rasa gurih
Ukuran 500 gram
Komposisi Biji melinjo yang digoreng kering
Kecepatan 4.9
harga Rp 30.000-an

Kerupuk berikutnya yang akan mimin anjurkan untuk semua sobat sampurasun ialah kerupuk emping. Mimin sendiri sudah mengetahui dengan kerupuk yang satu ini. Karena didaerah mimin sendiri kerupuk ini gampang kita temu diwarung-warung, tentu kalian semua juga samakan dengan mimin, dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahan dasar yang terkandung dalam kerupuk ini ialah melinjo. Kamu pasti sering menjumpai kerupuk ini dihidangkan dengan nasi kuning sebagai pelengkapnya. Makanan ini telah menjadi ciri khas tersendiri warga jawa barat, tetapi didaerah luar jawa barat sepeti jawa timur kerupuk melinjo hanya akan kamu jumpai saat lebaran saja. Jenis kerupuk melinjo ini mempunyai tiga macam rasa yaitu manis, pedas, serta asin. Pokoknya nih sangat pas banget untuk kamu jadikan camilan.

5. Kerupuk pasir

Kerupuk pasir
Kerupuk pasir

Spesifikasi Kerupuk Pasir

Merk Bu sarip
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi tepung tapioka, bawang
Kecepatan 4.9
harga Rp 8.900 -an

Nah kerupuk yang satu ini ialah salah satu kerupuk kesukaan mimin, tak hanya rasa yang enak serta lezat. Proses pembuatan nya pun tergolong sangat unik. Seperti namanya kerupuk ini proses pemasakannya dilakukan dengan menggunakan pasir. Pasir tersebut dipanas kan dulu dengan bara api yang cukup. Ketika sudah panas selanjutnya masukan kerupuk tersebut kedalam pasir yang panas tersebut diaduk sampai kerupuk tersebut mengembang dengan baik. Warna yang dimiliki luny cukup banyak yaitu warna kuning, putih, dan pink. Rasanya nya juga ada yang asin serta ada juga yang manis.

6. Kerupuk Mie

Kerupuk Mie
Kerupuk Mie

Spesifikasi Kerupuk Mie

Merk raja kerupuk mi
rasa gurih
Ukuran 500 gram
Komposisi nasi putih, garam, bubuk ketumbar, bubuk bawang putih, air, Terasi (opsional), dll.
Kecepatan 4.9
harga Rp 18.000 -an

Bentuknya yang yang seperti mie serta warnanya yang kuning membuat kerupuk ini selalu teringat di benak mimin. Kerupuk ini sangat cocok jika disajikan dengan rujak atau semacamnya. Dilihat dari gambar nya kerupuk mie ini mirip dengan kerupuk putih. Proses pembuatannya pun hampir mirip dengan kerupuk putih hanya saja bahan dan warnanya yang berbeda.

7. Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar
Kerupuk Gendar

Spesifikasi kerupuk gendar

Merk Benang Raja
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi gram nasi putih.sendok teh garam.sendok teh ketumbar bubuk.sendok teh bawang putih   bubuk.air.Terasi (opsional) Minyak goreng.
Kecepatan 4.9
harga Rp 8.000 -an

Kerupuk ini yang satu ini terbuat dari nasi sisa lohh, jika kamu dirumah mempunyai nasi sisa yang sudah tidak dimakan lagi, nah kamu bisa memanfaatkan nya menjadi kerupuk gendar, tapi nasi sisa yang digunakan nya pun pastikan tidak berbau dan berlendir karena akan mempengaruhi proses pembuatan nya dan rasanya pun akan berbeda dengan biasanya.

8. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
Kerupuk Rambak

Spesifikasi Kerupuk Rambak

Merk Dorokdok
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi kulit sapi, bawang putih, garam, gula pasir, dan terasi
Kecepatan 4.9
harga Rp 44.000-an

Nah, kalo yang ini bahan dasarnya berbeda dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi. Karna rasanya yang enak dan gurih sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Kulit sapi yang akan dijadikan kerupuk ini juga pastinya menggunakan kulit sapi yang bersih dan tidak busuk. Selain mengenyangkan kerupuk rambak juga menyimpan beberapa manfaat diantaranya dapat mengobati maag, dapat membantu pertumbuhan tulang, dan tinggi akan protein. Tetapi kamu juga harus bijak dalam mengkonsumsi nya jangan terlalu banyak akan berbahaya bagi kesehatan.

Berita Terkait  Rekomendasi Merk Kurma Khalas Terenak dan Kualitas Terbaik

9. Kerupuk ikan

Kerupuk ikan
Kerupuk ikan

Spesifikasi kerupuk ikan

Merk Kerupuk A3 Palembang
rasa ikan
Ukuran 250 gram
Komposisi ikan tenggiri, garam, tepung tapioka, minyak goreng
Kecepatan 4.9
harga Rp 13.500 -an

Berikutnya ialah merk kerupuk palembang yang enak ini terbuat dari bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kerupuk ini ialah ikan tenggiri. Kerupuk mudah kita jumpai dipusat makanan oleh-oleh. Tak hanya enak kerupuk ini juga kaya akan protein.

10. Kerupuk udang

Kerupuk udang
Kerupuk udang

Spesifikasi Kerupuk Udang

Merk Kerupuk A3 Palembang
rasa udang
Ukuran 250 gram
Komposisi Udang, garam, tepung tapioka, minyak goreng
Kecepatan 4.9
harga Rp 13.000-an

Pastinya kerupuk udang atau sering juga orang bilang kerupuk kondangan ini sudah tidak asing lagi telinga kamu. Sering kita jumpai biasannya di acara-acara hajatan sebagai pendamping makanan parasmanan. Sesuai namanya kerupuk ini berasal dari olahan udang dengan campuran bumbu dan tepung tapioka. Udang yang bisanya digunakan ialah udang yang masih dalam kondisi segar dengan kualitas terbaik pasti nya. Cara pembuatan tergolong mudah. Udang dihancurkan terlebih dahulu dengan cara menumbuk nya sampai halus, selanjutnya dicampur kan dengan adonan tepung tapioka dan bumbu bumbu lainnya. Kemudian tinggal dikukus. Setelah semua sudah dilakukan kemudian tinggal potong tipis-tipis dan dijemur dibawah sinar matahari langsung. Proses penjemuran memerlukan waktu 2-3 harus untuk mendapatkan kualitas terbaik. Sangat cocok dihidangkan dengan rawon atau empal gentong.

11. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang
Kerupuk Bawang

Spesifikasi Kerupuk Bawang

Merk Nyonya
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi garam, tepung tapioka, minyak goreng, bawang merah dan putih
Kecepatan 4.9
harga Rp 39.000 -an

Kebanyakan kerupuk pada dasarnya terbuat dari tepung tapioka dan bahan perasa lainnya seperti ikan serta udang. Namun kerupuk paling laris yang satu ini tidak terbuat dari olahan hewani melainkan dari bawang. Bentuk yang dimiliki kerupuk ini pun tidak jauh berbeda dengan kerupuk udang dan kerupuk ikan lainnya. Hanya saja bahan dasarnya yang berbeda. Kerupuk ini sangat cocok kamu hidangkan dengan makanan yang berkuah.

12. Kerupuk Opak

Kerupuk Opak
Kerupuk Opak

Spesifikasi Kerupuk Opak

Merk Kerupuk Bagindo
rasa gurih
Ukuran 250 gram
Komposisi garam, tepung tapioka, minyak goreng, singkong
Kecepatan 4.9
harga Rp 20.000-an

Kerupuk terakhir yang akan mimin rekomendasikan ialah kerupuk opak. Sama halnya dengan kerupuk bawang, kerupuk opak berasal dari bahan dasar singkong, tak hanya bisa dijadikan gorengan. Singkong juga dapat dijadikan kerupuk yang enak dan lezat. Kerupuk bulat serta warna putih yang agak kekuningan. Dan kerupuk ini dimasak dengan meenggunakan minyak goreng. Sangat cocok di santap dengan makanan soto dan makanan berkuah lainnya.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan tentang beraneka ragam jenis kerupuk yang mimin telah rekomendasi kan buat kamu. Apakah kamu merasa lapar serta ingin segera membelinya? Rasa dan bentuknya yang berbeda-beda itu sudah menjadi ciri khas masing-masing kerupuk. Semua aneka kerupuk yang mimin rekomendasikan pasti memiliki rasa yang enak sekali serta sangat cocok jika disandingkan dengan makanan yang lainnya. Tak hanya itu bisa juga untuk dijadikan camilan saat kamu sedang menonton acara favorit kamu.

/* */