12 Rekomendasi Jenis dan Merk Kaldu Bubuk Non MSG Terbaik

Setiap masakan dari seorang ibu mempunyai citra rasa yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Menyajikan makanan dengan penuh cinta guna mencukupi kebutuhan nutrisi anggota keluarganya merupakan kepuasan tersendiri bagi seorang ibu. Tidak hanya makanan lezat namun harus dipastikan juga kebersihan dan kesehatannya. Selain bahan makanan berkualitas, makanan tentu tidak terlepas dari bumbu masakan guna menambah rasa seperti penambahan kaldu bubuk. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi jenis dan merk kaldu bubuk non MSG terbaik.

Rekomendasi Jenis dan Merk Kaldu Bubuk Non MSG Terbaik
Rekomendasi Jenis dan Merk Kaldu Bubuk Non MSG Terbaik

Kini sudah tersedia macam macam penyedap rasa sebagai penambah rasa di semua masakan. Kaldu bubuk non MSG tentu memiliki keunggulan tersendiri dari penyedap ber-MSG. Mengonsumsi MSG dalam jangka waktu yang panjang akan memengaruhi kesehatan tubuh, maka dari itu sebaiknya kamu sudah mengalihkan penggunaan penyedap MSG ke kaldu bubuk non MSG yang minim akan efek samping.

Tips Memilih Kaldu Bubuk Non MSG

Jika kamu belum mengetahui cara memilih kaldu bubuk, kami akan memberikan informasinya agar kamu menemukan kaldu non msg yang enak. Berikut tips memilih kaldu bubuk non MSG terbaik.

1. Pilih Rasa Favorit

Tips pertama dalam memilih kaldu bubuk non MSG yaitu pilih rasa yang kamu sukai. Penyedap rasa tersedia dalam 3 rasa. Rasa ayam dengan citra rasa gurih dan cocok untuk semua masakan. Rasa sapi dengan aroma khas yang sangat cocok untuk masakan berkuah seperti sup, kuah bakso atau sayur lainnya. Ada pula rasa jamur yang menciptakan rasa umami pada masakan. Bahkan ada merk kaldu bubuk yang menyediakan varian rasa ikan, ayam kampung, bahkan rasa rumput laut.

2. Pilih Berdasarkan Kemasan

Berikutnya yaitu pilih berdasarkan kemasan. Kaldu bubuk non MSG tersedia mulai dari kemasan sachet, kemasan pouch dan kemasan jar dengan kapasitas yang bermacam pula. Kemasan sachet sangat memudahkan kamu dalam menakar kaldu bubuk saat digunakan. Untuk kemasan pouch kamu harus memindahkan ke dalam wadah lain seperti toples. Sedangkan kemasan jar lebih simpel dan praktis ketika kamu menambahkan kaldu bubuk dalam setiap masakan kamu.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Review Terbaru 2023)

3. Perhatikan Komposisi dan Kualitasnya

Tips yang terkahir ini tidak kalah penting, yaitu perhatikan komposisi dalam kaldu bubuk non MSG tersebut. Pastikan tidak mengandung bahan pengawet. Jika kamu membutuhkannya sebagai penyedap MPASI untuk si kecil maka pilih kaldu yang minim kandungan gula dan garamnya.  Pastikan juga produk kaldu bubuk yang akan kamu beli sudah mendapat sertifikat BPOM sehingga sudah terjamin kualitas dan keamanannya. Sehingga kamu tidak perlu ragu untuk menggunakan produk kaldu non MSG untuk jangka waktu yang panjang.

Rekomendasi Jenis dan Merk Kaldu Bubuk Non MSG Terbaik

Setelah tadi kita ketahui cara memilih kaldu bubuk terbaik, selanjutnya kami akan informasikan kaldu non MSG yang enak. Berikut rekomendasi jenis dan merk kaldu bubuk non MSG terbaik.

1. Totole Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur
Totole Kaldu Rasa Jamur

Spesifikasi Totole Rasa Jamur

Merk Totole
Rasa Jamur
Ukuran 80 gram
Kemasan Plastik
Rate 4.7
Harga Rp 10,000 -an

Merk kaldu bubuk non MSG yang pertama hadir dari merk Totole dengan rasa jamur. Kaldu jamur memberikan citra rasa yang umami untuk setiap masakan. Sangat cocok untuk kamu yang tidak mengonsumsi daging atau vegetarian. Kemasannya plastik dengan berat 80 gram. Kaldu jamur Totole mudah kita dapatkan di minimarket maupun di marketplace.

2. Lemonilo Kaldu MPASI Non MSG

Lemonilo Kaldu MPASI Non MSG
Lemonilo Kaldu MPASI Non MSG

Spesifikasi Lemonilo Kaldu MPASI Non MSG

Merk Lemonilo
Rasa Ayam, Sapi, Ayam Kampung dan Jamur
Ukuran 100 gram
Kemasan Jar
Rate 4.9
Harga Rp 25,000 -an

Rekomendasi produk berikutnya yaitu Lemonilo Kaldu MPASI non MSG. Tidak hanya untuk tambahan bumbu MPASI, kaldu Lemonilo ini juga dapat ditambahkan pada semua masakan. Selain tidak mengandung MSG, kaldu ini tidak mengandung pengawet, perasa dan pewarna buatan sehingga sudah terjamin kualitasnya. Tersedia 4 varian rasa yaitu rasa ayam, sapi, ayam kampung dan jamur.

3. Bubuk Ayam Kampung Organik Maseko

Bubuk Ayam Kampung Organik Maseko
Bubuk Ayam Kampung Organik Maseko

Spesifikasi Bubuk Ayam Kampung Organik Maseko

Merk Lingkar Organik
Rasa Ayam Kampung
Ukuran 100 gram
Kemasan Jar
Rate 4.9
Harga Rp 21,000 -an

Merek penyedap rasa untuk diet vetsin atau MSG berikutnya yaitu Lingkar Organik Kaldu Bubuk Maseko. Kaldu bubuk dengan varian rasa ayam kampung ini terbuat dari bahan alami diantaranya Tepung maizena, merica, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir dan ayam kampung. Kaldu bubuk ini bisa ditambahkan langsung pada makanan siap saji maupun ditambahkan pada saat proses memasak.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Merk Kecap Manis Terbaik (Review Terbaru 2023)

4. Organic Center Mushroom Stock

Organic Center Mushroom Stock
Organic Center Mushroom Stock

Spesifikasi Organic Center Mushroom Stock

Merk Organic Center
Rasa Jamur
Ukuran 80 gram
Kemasan Pouch
Rate 4.9
Harga Rp 19,000 -an

Produk berikutnya yaitu Organic Center Mushroom Stock. Kaldu bubuk instan dengan rasa jamur ini aman bagi kesehatan karena tidak mengandung MSG, tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Kemasan pouchnya dilengkapi dengan ziplock sehingga memudahkan kamu ketika menyimpannya. Selain rasa jamur, ada juga varian rasa lainnya yaitu rasa sapi dan ayam.

5. Crystal of the Sea Seaweed Food Powder

Crystal of the Sea Seaweed Food Powder
Crystal of the Sea Seaweed Food Powder

Spesifikasi Crystal of the Sea Seaweed Food Powder

Merk Crystal Of The Sea
Rasa Rumput Laut
Ukuran 10 gram
Kemasan Botol Kaca
Rate 5.0
Harga Rp 40,000 -an

Crystal of the Sea Seaweed Food Powder hadir berbeda dari jenis jenis penyedap rasa merk lainnya. Karena varian rasanya sangat unik dan jarang kita temui yaitu rasa rumput laut dan rasa udang. Mengandung Iodium, Omega 3, Asam Folat, Protein dan Antioksidan. Dapat dikonsumsi langsung dengan menaburkan pada makanan, atau ditambahkan saat masak.

6. Motovegan Kaldu Ayam

Motovegan Kaldu Ayam
Motovegan Kaldu Ayam

Spesifikasi Motovegan Kaldu Ayam

Merk Motovegan
Rasa Ayam
Ukuran 50 gram
Kemasan Sachet
Rate 5.0
Harga Rp 5,500 -an

Merek kaldu ayam non MSG selanjutnya yaitu Motovegan Kaldu Ayam. Kaldu bubuk ini terbuat dari daging ayam pilihan dan mengandung vitamin B2. Memberikan rasa gurih alami tanpa meninggalkan bekas rasa di tenggorokan sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai lansia serta aman juga dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

7. Bumbu Bunda Elia – Kaldu MPASI

Bumbu Bunda Elia - Kaldu MPASI
Bumbu Bunda Elia – Kaldu MPASI

Spesifikasi Bumbu Bunda Elia – Kaldu MPASI

Merk Bumbu Bunda Elia
Rasa Ayam Kampung, Sapi, Salmon, Tuna, Jamur, Udang, Teri & Hati Ayam
Ukuran 50 gram
Kemasan Jar Kaca
Rate 4.9
Harga Rp 55,000 – Rp 80,000 -an

Untuk kamu yang sedang mencari kaldu bubuk khusus untuk MPASI, maka produk bumbu bunda elia ini sangat cocok. Karena selain tidak mengandung MSG, gula, garam dan pengawet, Kaldu bubuk ini tersedia dengan varian rasa yang cukup komplit. Sangat cocok untuk mengenalkan rasa makanan pada si kecil. Untuk penyimpanannya disarankan simpan di dalam kulkas agar lebih awet.

8. Beorganik Chicken Stock Powder

Beorganik Chicken Stock Powder
Beorganik Chicken Stock Powder

Spesifikasi Beorganik Chicken Stock Powder

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Kunyit Bubuk Kemasan Sachet Terbaik
Merk Beorganik
Rasa Ayam Kampung
Ukuran 60 gram dan 220 gram
Kemasan Jar
Rate 5.0
Harga Rp 16,000 – RP 42,000 -an

Rekomendasi produk selanjutnya yaitu Beorganik kaldu bubuk yang merupakan sari rebusan daging dan tulang ayam kampung yang sudah melalui proses pengolahan yang higenis sehingga menghasilkan kaldu bubuk yang berkualitas. Mengandung bahan alami diantaranya daging ayam kampung, tepung maizena, bawang merah, bawang putih, merica dan garam.

9. Emaku Bubuk Ayam Bumbu Masak

Emaku Bubuk Kaldu Ayam Bumbu Masak
Emaku Bubuk Kaldu Ayam Bumbu Masak

Spesifikasi Emaku Bubuk Ayam Bumbu Masak

Merk Emaku
Rasa Ayam
Ukuran 60 gram
Kemasan Jar
Rate 4.9
Harga Rp 34,000 -an

Selanjutnya ada produk yang tak kalah berkualitas yaitu Emaku Bumbu Dapur Tabur Penyedap dengan rasa kaldu ayam. Kaldu bubuk non MSG ini memberi keseimbangan rasa umami dan aroma wangi yang sedap dan khas. Cocok untuk dijadikan bumbu marinasi, atau untuk tambahan masakan baik itu tumisan maupun sup. Selain rasa ayam, tersedia juga rasa sapi.

10. Sensarom – Chicken Powder

Sensarom - Chicken Powder
Sensarom – Chicken Powder

Spesifikasi Sensarom – Chicken Powder

Merk Sensarom
Rasa Ayam
Ukuran 80 gram
Kemasan Pouch
Rate 5.0
Harga Rp 25,000 -an

Merk Kaldu bubuk non MSG selanjutnya yaitu Sensarom – Chicken Powder. Kaldu bubuk ini cocok untuk semua jenis masakan serta dapat digunakan sebagai kaldu bubuk untuk nasi goreng karena memiliki rasa yang gurih alami yang dihasilkan dari daging ayam pilihan. Untuk komposisi kaldu bubuk ini diantaranya Ayam bubuk, Garam, Gula, Maltodekstrin, Ekstrak ragi, Bawang putih bubuk, Lada putih bubuk, Lemak ayam.

11. Jay’s Seasonings Beef & Chicken Stock

Jay's Seasonings Beef & Chicken Stock
Jay’s Seasonings Beef & Chicken Stock

Spesifikasi Jay’s Seasonings Beef & Chicken Stock

Merk Jay’s
Rasa Ayam dan Sapi
Ukuran 150 gram
Kemasan Jar
Rate 5.0
Harga Rp 30,000 -an

Rekomendasi merk kaldu bubuk selanjutnya yaitu Jay’s Seasonings Beef dan Chicken Stock. Terbuat dari daging sapi dan daging ayam pilihan sehingga hasil citra rasa yang lezat alami. Sangat cocok untuk ditambahkan pada semua jenis masakan seperti tumisan maupun sup. Aman dikonsumsi setiap hari karena tidak mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna buatan.

12. KUWA Combo Kaldu

KUWA Combo Kaldu
KUWA Combo Kaldu

Spesifikasi KUWA Combo Kaldu

Merk Kuwa
Rasa Ayam
Ukuran 80 gram x 2
Kemasan Pouch
Rate 5.0
Harga Rp 21,000 -an

Produk terakhir ini juga tak kalah enaknya dengan produk lainnya di atas yaitu Kuwa Combo Kaldu. Kaldu bubuk ini memiliki rasa ayam yang lezat dan aroma yang sedap. Dibuat dari bahan berkualitas melalui proses yang higenis sehingga lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi semua anggota keluarga setiap hari. Cocok untuk jenis masakan tumisan maupun untuk membuat sup.

Kesimpulan

Jika kamu terbiasa dan mengetahui cara membuat kaldu ayam cair yang alami maka boleh saja untuk menyetok itu. Namun jika kamu masih kerepotan membagi waktu untuk menyiapkan kaldu alami rumahan, jangan ragu lagi untuk menggunakan merk kaldu bubuk yang sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang ingin mengganti kaldu penyedap dengan jenis dan merk kaldu bubuk non MSG terbaik. Selamat berbelanja dan berkreasi dengan masakan lezat!

/* */