10+ Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Review Terbaru 2023)

Masakan rumahan memang menjadi salah satu yang paling dirindukan. Selain terjamin kebersihan dan kelezetannya, masakan seorang ibu yang dibuat dengan penuh rasa dan kasih sayang akan menjadi kenangan tersendiri untuk setiap anggota keluarga. Memasak dengan bahan makanan yang bersih dan bergizi tidak luput dari tambahan bumbu yang membuat masakan tersebut semakin nikmat. Salah satu yang tak boleh lepas dari sebuah masakan adalah penyedap rasa yang menghasilkan makanan gurih dan spesial. Pada kesempatan ini akan membahas tentang penyedap rasa terbaik lengkap dengan tips dan rekomendasi produknya. Simak ya.

Penyedap rasa yaitu bahan yang sering ditambahkan pada sebuah makanan guna menambah cita rasa dari makanan tersebut. Selain membuat makanan lezat, aroma makanan juga akan menggugah selera makan kita. Penyedap rasa juga bisa berfungsi untuk mengurangi garam. Penggunaan garam yang berlebihan dapat memberikan efek darah tinggi, untuk itu penyedap rasa bisa menjadi pertolongan buat para ibu-ibu nih. Namun penggunaannya juga harus diperhatikan ya Mom. Sesuaikan takaran penyedap rasa agar tidak berlebihan. Untuk lebih jelasnya, kami akan berbagi tips memilih penyedap rasa terbaik.

Tips Memilih Penyedap Rasa Terbaik

Memilih penyedap rasa tidak boleh sembarang ya Mom. Agar kamu mendapat manfaat baik dan minim efek samping dari penyedap rasa, perlu ketahui lebih dulu beberapa hal penting. Berikut tips ketika memilih penyedap rasa terbaik.

1. Cek Komposisi Dari Penyedap Rasa

Penyedap rasa dibuat dari bahan dasar utama dan bumbu rempah. Untuk menciptakan rasa maksimal, para produsen menambahkan bahan lain seperti MSG, pengawet dan perisa buatan. Walaupun sudah mengikuti peraturan sesuai standar keamanan pangan, ada baiknya untuk mengurangi bahan tambahan buatan karena dapat memicu efek samping dalam jangka panjang.

2. Pilih Rasa Favorit

Penyedap rasa tersedia rasa yang bervariasi. Penyedap rasa dengan rasa hewani seperti penyedap rasa ayam dan sapi akan cocok untuk kamu penyuka daging karena membuat rasa makanan lebih kuat seperti yang didapatkan dari kaldu ayam atau kaldu sapi. Untuk kamu yang kurang menyukai daging, jangan khawatir! Penyedap rasa vegan sekarang sudah tersedia loh. Salah satu nya ada penyedap rasa kaldu jamur. Wow, sudah terbayang bukan wangi dan rasa yang dihasilkan penyedap rasa jamur ini.

3. Pilih Penyedap Rasa Dengan Atau Tanpa Kandungan MSG

Salah satu bahan dasar penyedap rasa yaitu MSG atau Monosodium glutamate. Walaupun beredar rumor bahwa MSG pemicu kanker, namun ternyata banyak manfaat dari MSG, khuhusnya untuk kesehatan. Penyedap rasa dengan kandungan MSG dapat mengurangi jumlah pemakaian garam karena MSG mengandung lebih sedikit natrium. Selain itu penyedap rasa MSG juga dapat menambah gizi pada orang tua dan juga meningkatkan rasa kenyang.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Produk Penyedap Rasa Terbaik

Sesudah kita mengetahui tips dalam memilih penyedap rasa terbaik, selanjutnya kami akan memberikan pilih produk penyedap rasa terbaik dari yang sudah kami review pada tahun 2023 ini. Berikut rekomendasi penyedap rasa terbaik.

1. Masako Bumbu Kaldu Penyedap Rasa

Masako Bumbu Kaldu Penyedap Rasa

Spesifikasi Masako Bumbu Kaldu Penyedap Rasa

Merk Masako
Rasa Sapi
Ukuran 500 gram
Komposisi Garam, Penguat Rasa, gula, ekstrak daging sapi, merica, bawang merah, rempah, pewarna karamel, ekstrak protein kedelai
Rate 5.0
Harga Rp 17,000 -an

Produk penyedap rasa pertama yaitu Masako Bumbu Kaldu Penyedap Rasa. Masako adalah penyedap rasa dengan bumbu ekstrak daging sapi yang diracik dari daging sapi berkualitas yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan sehingga menciptakan rasa dan aroma daging sapi asli. Untuk takaran penggunaanya sebagai berikut. Makanan berkuah campurkan 15gram masako dengan 500ml air. Untuk tumisan masukan 1 sdm masako dengan 500 gram bahan makanan.

2. AJI-NO-MOTO PLUS Penyedap Rasa MSG

AJI-NO-MOTO PLUS Penyedap Rasa MSG

Spesifikasi AJI-NO-MOTO PLUS Penyedap Rasa MSG

Merk Ajinomoto
Rasa Umami
Ukuran 1000 gram
Komposisi Mononatrium glutamat, Dinatrium 5 inosinat, dan Dinatrium 5 guanilat
Rate 4.9
Harga Rp 59,000 -an

Produk berikutnya yaitu AJI-NO-MOTO PLUS Penyedap Rasa MSG. Penyedap rasa ajinomoto plus memberikan rasa umami atau rasa gurih karena mengandung bahan Mononatrium glutamat, Dinatrium 5 inosinat, dan Dinatrium 5 guanilat. Penyedap rasa ini lebih gurih dibanding penyedap rasa lain. Penggunaannya sangat irit cukup pakai 1/4 takaran dari MSG biasanya.

3. Royco Bumbu Kaldu Ayam

Royco Bumbu Kaldu Ayam

Spesifikasi Royco Bumbu Kaldu Ayam

Merk Royco
Rasa Ayam
Ukuran 230 gram
Komposisi Garam, gula, penguat rasa, lemak nabati, dekstrin, bawang, pati jagung, antikempal silikon dioksida, lada, perisa dinatrium suksinat, bubuk ayam, kunyit bubuk dan ekstrak daging ayam.
Rate 4.9
Harga Rp 9,500 -an

Penyedap rasa berikutnya yaitu Royco Bumbu Kaldu Ayam. Penyedap rasa ini dibuat dari bahan daging ayam berkualitas yang direbus lama dan tambahan bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa dan aroma kaldu ayam asli. Rasanya yang gurih membuat cita rasa masakan semakin mantap. Penyedap rasa royco tersedia juga pilihan rasa sapi yang tak kalah enaknya.

4. Royco Kaldu Jamur

Royco Kaldu Jamur

Spesifikasi Royco Kaldu Jamur

Merk Royco
Rasa Kaldu Jamur
Ukuran 170 gram
Komposisi Garam, gula, minyak nabati, bawang, jamur bubuk, jamur tiram, perisa sintetik jamur, kunyit, lada, dan pala
Rate 4.9
Harga Rp 18,000 -an

Selain penyedap rasa ayam dan sapi, Royco juga mengeluarkan produk Royco Kaldu Jamur. Penyedap rasa ini cocok untuk kamu penyuka sayur atau vegan karena tidak mengandung bahan hewani. Royco kaldu jamur ini terbuat dari bahan jamur pilihan tanpa pewarna dan penguat rasa. Sehingga rasa yang dihasilkan dari penyedap rasa ini adalah gurih alami dengan aroma jamur yang khas.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Bumbu Instan Nasi Kuning Terbaik (Review Terbaru 2023)

5. Totole Kaldu Jamur Penyedap Makanan

Totole Kaldu Jamur Penyedap Makanan

Spesifikasi Totole Kaldu Jamur Penyedap Makanan

Merk Totole
Rasa Kaldu Jamur
Ukuran 80 gram, 200 gram dan 400 gram
Komposisi Garam, Jamur Kering, Beras, Gula, Hidrolisa protein sayur (mengandung kacang kedelai), Tepung penguat rasa (terbuat dari beras dan tepung jagung), Perisa alami.
Rate 4.9
Harga Rp 10,000 – Rp 46,000 -an

Produk penyedap rasa berikutnya yaitu Totole Kaldu Jamur Penyedap Makanan. Totole dibuat dari bahan alami tanpa MSG sehingga menghasilkan rasa dan aroma alami dari jamur. Penyedap rasa ini cocok untuk berbagai masakan vegetarian seperti tumisan, sayur sop, tim, dimsum atau masakan vegan lainnya. Tersedia kemasan berukuran 80gr, 200gr dan 400gr.

6. Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Shiitake

Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Shiitake

Spesifikasi Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Shiitake

Merk Bionic Farm
Rasa Kaldu Jamur Shiitake
Ukuran 75 gram
Komposisi Jamur Shiitake pilihan dan bumbu aromatik
Rate 4.9
Harga Rp 30,000 -an

Produk selanjutnya yaitu Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Shiitake. Penyedap rasa ini berupa bubuk bumbu aromatik dan serbaguna yang dapat ditambahkan ke hidangan favorit Anda untuk meningkatkan rasa jamur yang kaya tanpa penambahan MSG. Penyedap rasa ini dikemas dengan kemasan jar berisi 75gram. Selain rasa kaldu jamur, penyedap rasa ini juga tersedia varian kaldu ayam dan kaldu sapi.

7. Lemonilo Kaldu Pelezat Ayam Kampung

Lemonilo Kaldu Pelezat Ayam Kampung

Spesifikasi Lemonilo Kaldu Pelezat Ayam Kampung

Merk Lemonilo
Rasa Ayam Kampung
Ukuran 80 gram
Komposisi Garam, gula, bawang, ekstrak ayam kampung, lada putih, maizena, kunyit
Rate 4.9
Harga Rp 30,000 -an

Produk selanjutnya ada dari merk Lemonilo. Selain mie instan, Lemonilo juga memproduksi penyedap rasa. Lemonilo kaldu pelezat ayam kampung ini diracik dari bahan berkualitas tanpa tambahan bahan pengawet. Saran penggunaannya yaitu tambahkan kurang lebih 1 sdt pada setiap masakan untuk mendapat makanan dengan rasa yang mantap. Tersedia juga varian rasa ayam, sapi dan kaldu jamur.

8. Bumbu Kaldu Blok Indofood

Bumbu Kaldu Blok Indofood

Spesifikasi Bumbu Kaldu Blok Indofood

Merk Indofood
Rasa Sapi
Ukuran 100 gram
Komposisi Garam, penguat rasa, gula, perisa sintetik, rempah-rempah, dekstrin, lemak ayam, lemak reroti, ekstrak ragi, minyak nabati, tepung kentang, perisa alami, daging sapi bubuk, pengatur keasaman
Rate 4.9
Harga Rp 9,500 -an

Bumbu Kaldu Blok Indofood salah satu penyedap rasa dengan bentuk blok sehingga memudahkan pada saat digunakan. Penyedap rasa ini mengandung 6x lebih banyak daging sapi sehingga rasa yang dihasilkan lebih gurih. Penyedap rasa blok ini cocok untuk masakan sayur sop, soto dan bakso. Dalam 1 kemasannya terdapat 25 blok yang siap untuk kamu pakai untuk memasak.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Mustard di Indonesia yang Enak

9. Emaku Bubuk Kaldu Ayam

Emaku Bubuk Kaldu Ayam

Spesifikasi Emaku Bubuk Kaldu Ayam

Merk Emaku
Rasa Ayam
Ukuran 60 gram
Komposisi Garam, Gula, Ragi, Tepung Jagung, Ayam, Bumbu, Minyak Sayur
Rate 4.9
Harga Rp 34,000 -an

Produk penyedap rasa selanjutnya yaitu Emaku Bubuk Kaldu Ayam. Penyedap rasa ini dibuat dari bahan dan bumbu pilihan tanpa tambahan MSG. Penyedap rasa kaldu ayam ini membuat masakan menjadi lebih nikmat dan mantap. Kemasan jarnya memudahkan kita pada saat menggunakannya. Selain rasa ayam, tersedia juga varian rasa sapi dan jamur.

10. Maggi Penyedap Rasa Blok

Maggi Penyedap Rasa Blok

Spesifikasi Maggi Penyedap Rasa Blok

Merk Maggi
Rasa Ayam
Ukuran 100 gram
Komposisi Garam, penguat rasa, tepung tapioka, gula, lemak ayam, bawang merah, lada hitam, bawang putih, seledri, pala, jahe, kunyit, perisa alami
Rate 5.0
Harga Rp 10,000 -an

Berikutnya yaitu Maggi Penyedap Rasa Blok. Penyedap rasa satu ini diracik dengan bahan pilihan yang berkualitas sehingga menambah cita rasa pada setiap masakan. Dikemas dalam kemasan jar kaca berisi 25 blok 4gram. Penyedap rasa ini sangat memudahkan dalam pemakaiannya karena bentuknya balok yang sudah disesuaikan dengan takaran. Tersedia juga varian rasa kaldu sapi.

11. Sasa Bumbu Pelezat Rasa Ayam

Sasa Bumbu Pelezat Rasa Ayam

Spesifikasi Sasa Bumbu Pelezat Rasa Ayam

Merk Sasa
Rasa Ayam
Ukuran 250 gram
Komposisi Gula, garam, penguat rasa (Mononatrium Glutamat, Dinantrium Inosinat & Guanilat), rempah-rempah, penstabil Natrium Tripolifosfat, Minyak Nabati, Ekstrak ragi
Rate 4.9
Harga Rp 9,000 -an

Selanjutnya ada produk dari Sasa yaitu Sasa Bumbu Pelezat Rasa Ayam. Penyedap rasa ini mengandung bahan-bahan yang berkualitas sehingga menghasilkan rasa dan aroma seperti kaldu asli. Tersedia juga pilihan varian kaldu sapi. Kemasannya plastik sehingga kamu dapat menggunakan wadah tambahan sebagai tempat penyimpanannya.

12. Maseko Kaldu Organik

Maseko Kaldu Organik

Spesifikasi Maseko Kaldu Organik

Merk Lingkar Organik
Rasa Ayam, Sapi dan Jamur
Ukuran 100 gram
Komposisi Tepung maizena, bawang merah, bawang putih, merica, garam, gula pasir, daging ayam kampung
Rate 4.9
Harga Rp 18,000 – Rp 30,000 -an

Produk terakhir yaitu Maseko Kaldu Organik. Maseko kepanjangan dari Masakan Enak Tanpa Resiko. Sesuai dengan namanya penyedap rasa ini berbahan organik tanpa tambahan MSG atau bahan pengawet. Cocok digunakan sebagai bumbu MPASI. Tersedia 3 varian rasa. Yang pertama rasa ayam yang dibuat dari ayam kampung pilihan, rasa sapi yang dibuat dari daging sapi berkualitas, dan rasa jamur yang dibuat dari jamur pilihan dan sangat cocok untuk kamu yang vegetarian.

Kesimpulan

Penyedap rasa menjadi bumbu tambahan yang menjadi andalan pada setiap masakan. Pemakaian penyedap rasa harus sesuai dengan takaran untuk mendapatkan rasa yang pas. Akhirnya usai sudah pembahasan kita kali ini. Semoga dari artikel ini kamu mendapatkan manfaat informasi tentang penyedap rasa terbaik. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan membahas produk bahan makanan lainnya. Terimakasih.

/* */