Mengenal Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Pada saat Anda ingin memotong sebuah kayu ataupun bambu pasti perlu menggunakan perkakas yaitu seperti gergaji, sudah tidak asing lagi bagi kita semua bahwa perkakas tersebut pasti ada di setiap rumah, karena tanpa adanya gergaji mungkin banyak orang diluaran sana yang kesusahan dalam memotong sebuah benda menjadi beberapa bagian tergantung seberapa banyak yang akan dibutuhkannya. Maka, gergaji ini adalah alat perkakas yang berupa besi tipis dengan bergerigi tajam yang berfungsi untuk membelah atau memotong sebuah benda seperti kayu. Ada dua buah jenis gergaji yang berbeda yaitu diantaranya ada gergaji belah dan gergaji potong, nah dari kedua jenis tersebut mempunyai perbedaan tersendiri baik dari fungsi ataupun kegunaannya itu. Sebelum Anda ingin tahu lebih dalam hal mengenai apa saja perbedaan gergaji belah dan potong, yuk mari kita simak pembahasan ini bersama-sama.

Mengenal Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Sebelum ke pembahasan ada beberapa hal penting yang harus diketahui kita semua terkait masalah dalam proses pembelahan kayu supaya aman dan nyaman, mulai dari cara memegang gergaji yang benar, arah dalam memotong kayu, cara menyimpan gergaji , dan lain sebagainya itu wajib sekali dikuasai sebelum melakukan proses pembelahan tersebut, nah sekarang sudah tahukan hal pentingnya supaya kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Kemudian, masuk ke pembahasan mengenai apa sih beda gergaji belah dan potong? Mungkin dari sebagian orang sudah ada yang tahu mengenai hal tersebut karena perbedaan itu dari cara penggunaannya dan gigi gergaji potong maupun belah, gergaji potong itu digunakan untuk memotong secara melintang dari arah serat kayu sedangkan gergaji belah itu untuk memotong searah dengan serat kayu tersebut.

Tips Memilih Mata Gergaji Belah Dan Potong Terbaik

Ketika ingin hendak membeli anda harus memahami tentang tips berikut ini supaya tidak salah pilih dan berujung rugi dalam produk yang mungkin tidak sesuai dengan kualitasnya sendiri, oleh sebab itu disini akan dibahas serta memberikan tips terbaik dan diharapkan bisa disimak dengan baik.

1. Pilihlah Gergaji Tiga Mata

Pasti Setiap Orang ingin dalam sebuah pekerjaan itu bisa lebih cepat dan efisien, maka tidak heran kalau misalkan pekerjaan memotong kayu dengan mata gergaji biasa akan lebih banyak memakan waktu. Apa solusinya? Yaitu dengan menggunakan gergaji tiga mata, tentu akan jauh lebih cepat dalam proses pemotongan dan menghemat tenaga saat ingin menyelesaikannya.

2. Pastikan Bentuk Pisau Gergaji Sesuai Kebutuhan

Ketika ingin menggunakan gergaji harus mengidentifikasi terlebih dahulu terkait gergaji mana yang akan dibutuhkan baik itu dalam memotong benda yang tergolong lunak atau benda yang cenderung keras. Selain itu juga ada juga hal yang berpengaruh terkait masalah tersebut seperti panjang atau pendek sebuah pisau pada gergaji, sebab ada juga yang penggunaanya bisa diatur panjang pendek sehingga lebih fleksibel dan lebih mudah dalam proses pemotongannya.

Berita Terkait  12+ Rekomendasi Merk dan Harga Cat Besi Terbaik (Review Terbaru 2023)

3. Carilah Gergaji Tangan Yang Tidak Terlalu Bising

Sering kita jumpai bahwa ketika dalam proses pemotongan tersebut adanya suara atau bunyi yang keluar pada gesekan yang terjadi antara besi dan serat benda tersebut, tentu kita semua pasti tidak menginginkan orang yang terdekat kita merasa terganggu. Maka dari itu kita harus lebih cermat lagi dalam memilih produk dengan kelebihan bisa menetralisir bunyi.

4. Memilih Gergaji Yang Pisaunya Dapat Diganti

Apabila gergaji tangan yang sedang anda gunakan tersebut, kemudian patah atau rusak harus membeli lagi yang baru tapi tidak dengan produk yang masih berlaku dalam pisaunya yang dapat diganti ini. Tidak perlu susah-susah untuk membeli yang baru tapi cukup dengan mengganti pisau yang sudah tersedia, jadi lebih memudahkan prosesnya dengan memilih gergaji dengan tipe seperti ini sangat istimewa untuk bisa didapatkan.

Rekomendasi Gergaji Potong dan Gergaji Belah Terbaik

Setelah diberikan tips yang tadi dibahas tentu sudah memiliki gambaran bagaimana untuk bisa mempertimbangkan mana gergaji yang sesuai dengan yang anda inginkan dan lebih bisa memastikan yang tepat untuk dibeli. Waktunya sekarang akan dibahas tentang merk dari gergaji potong dan gergaji belah terbaik menurut kami Sampurasun.co.id.

1. Godwin

Godwin

Spesifikasi Godwin

Merk Godwin
Tipe Gergaji Potong
Ukuran 16 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.9
Harga Rp 72.500 – Rp 92.500 -an

Ingin memotong pipa tetapi tidak mengetahui gergaji dengan tipe mana yang cocok untuk digunakan, nah disini hadir produk yang bernama Godwin yang memiliki bahan dasar yang terbuat dari bahan baja Tipe Manganese 65 yang begitu sangat tajam serta kuat sehingga bisa memotong kayu ataupun pipa sekaligus dengan tiga sisi mata gergaji yang sudah diasah oleh mesin pada presisi di setiap mata gigi sehingga alat ini akan lebih cepat dalam proses pemotongan atau membelah sebuah objek dibandingkan dengan hanya mempunyai dua sisi mata gergaji, serta dengan desain ergonomis supaya pegangan lebih kokoh dan nyaman.

2. Gergaji Camel

Gergaji Camel

Spesifikasi Gergaji Camel

Merk Camel
Tipe Gergaji Potong
Ukuran 14 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.8
Harga Rp 30.000 -an

Gergaji yang satu ini tidak kalah menarik juga dari yang lainnya sebab pada bentuk serta ukuran panjang gergaji sampai pada gagang tersebut mencapai 50cm serta panjang mata gergajinya juga sekitar 35cm tentu di buat dengan tampilan yang berbeda dari gergaji pada umumnya. Dengan mata gigi yang runcing itu pasti tajam untuk digunakan sebagai memotong kayu ataupun yang lainnya.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk dan Harga Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama

3. Goto Magic Saw

Goto Magic Saw

Spesifikasi Goto Magic Saw

Merk Goto Magic Saw
Tipe Gergaji Potong
Ukuran 5,4 Inchi
Kualitas Tajam dan Fleksibel
Rate 4.7
Harga Rp 32.900 -an

Mau membeli gergaji yang terbukti benar-benar berkualitas dan orisinil, jangan jauh cari kemana-mana cukup dengan produk yang satu ini hadir untuk anda semua yaitu Goto Magic Saw karena sudah terpercaya selama 20 tahun serta dengan spesifikasi yang memiliki dua jenis gergaji lebar dan kecil, dapat diatur juga mata gergaji sesuai dengan yang anda inginkan. Alat ini juga berfungsi untuk memotong keramik lantai, kayu, dan benda berbahan plastik atau karet, dengan keistimewaan yang tidak dimiliki dari gergaji pada umumnya yaitu bisa untuk menajamkan pisau dan gunting.

4. Tekiro

Gergaji Tekiro

Spesifikasi Tekiro

Merk Tekiro
Tipe Gergaji Belah
Ukuran 18 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.9
Harga Rp 64.000 – Rp 69.840 -an

Tidak mau kalah dengan produk yang satu ini yang disebut dengan gergaji belah yaitu dengan merk Tekiro yang bisa membantu anda dalam segala urusan seperti membelah atau memotong kayu dan yang lainnya. Tekiro ini mempunyai dua mata gigi pada setiap gerigi besinya dengan ukurannya tersebut sekitar 18 inchi dan ada juga dengan ukuran 20 inchi tergantung kegunaannya itu sendiri dan yang terakhir yang pegangannya terbuat dari fiber sehingga nyaman saat hendak digunakan.

5. Hasston Prohex

Hasston Prohex

Spesifikasi Hasston Prohex

Merk Hasston Prohex
Tipe Gergaji Belah
Ukuran 20 Inchi
Kualitas Tajam dan Nyaman Digenggam
Rate 4.9
Harga Rp 55.200 -an

Saat menggunakan gergaji ternyata cepat rusak pada bagian gerigi, maka gergaji kayu yang berukuran panjangnya 20 inchi ini didesain agar mampu memotong sebuah benda dengan mudah yaitu dengan produk Hasston Prohex yang ada saat anda mengalami masalah tersebut, karena dengan mata gergaji yang memiliki tingkat durable yang sangat baik, supaya bisa menghindari terjadinya kerusakan pada gerigi tersebut sebab mata gerigi yang begitu amatlah tajam serta handle pegangan dari kayu yang sudah dihaluskan agar genggaman lebih nyaman, cocok buat anda gunankan untuk menemani keperluan proyek yang ingin diselesaikan dengan sempurna.

6. Madico Pruning Saw

Madico Pruning Saw

Spesifikasi Madico Pruning Saw

Merk Madico Pruning Saw
Tipe Gergaji Tangan
Ukuran 14 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.9
Harga Rp 22.500 -an

Ketika dihalaman rumah ada dahan pohon yang sudah seharusnya di potong tetapi dahan pohon tersebut cukup tebal diameternya, maka Madico Pruning Saw ini pas untuk menangani masalah tersebut karena dibuat khusus untuk memotong dahan ranting pohon yang berbahan dasar baja yang kuat serta tajam dengan dua mata gigi gergaji supaya cepat dalam proses pemotongan. Memiliki bentuk yang mirip seperti bulan sabit sangat sempurna untuk menangani masalah terkait ranting atau dahan pohon tetapi juga bisa digunakan untuk memotong kayu dan yang lainnya.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Merk Kunci Inggris Terbaik (Review Terbaru 2023)

7. Ingco HHAS28400

Ingco HHAS28400

Spesifikasi Ingco HHAS28400

Merk Ingco HHAS28400
Tipe Gergaji Kayu
Ukuran 16 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.8
Harga Rp 130.500 -an

Kemudian ada juga produk gergaji dengan merk Ingco HHAS28400 ini dilengkapi dengan kualitas yang sudah teruji sama seperti tingkat kualitas Stanley. Selanjutnya bahannya ini terbuat dari Taiwan SK5 serta memiliki ukuran 400 mm yang terdapat juga tiga gigi seperti gigi gerinda pada setiap presisi tiga tepi sehingga potongannya itu cepat dan pengemasan yang menarik dengan lengan warna disertai pegangan pada gergaji yang lembut yang menghadirkan dua warna menjadikan alat ini mampu bersaing dengan alat perkakas gergaji lainnya.

8. D-XPLORE

Gergaji D-XPLORE

Spesifikasi D-XPLORE

Merk D-XPLORE
Tipe Gergaji Kayu
Ukuran 16 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.9
Harga Rp 81.500 -an

Mempunyai masalah ketika anda sedang memotong sebuah benda dengan gergaji tetapi pegangan terasa slip dalam pemakaian, Gergaji D-XPLORE solusinya mengatasi masalah anda sebab D-XPLORE ini sudah disertai pegangan tangan terbuat dari bahan PVC yang dikombinasi karet untuk mencegah slip saat anda memakainya. Gergaji ini juga terbuat dari bahan baja 65 dengan plat teflon serta ketebalan sekitar 0,9 mm, tersedia berbagai ukuran yang anda mau yakni diantaranya ada 16 inchi, 18 inchi, dan 20 inchi sangat banyak pilihannya bukan, jadi tunggu apalagi segeralah beli sebelum barang kehabisan.

9. Bahco Handsaw AP06

Bahco Handsaw AP06

Spesifikasi Bahco Handsaw AP06

Merk Bahco Handsaw AP06
Tipe Gergaji Kayu
Ukuran 20 Inchi
Kualitas Tajam dan Kuat
Rate 4.9
Harga Rp 118.800 -an

Bahco Handsaw AP06 ini adalah gergaji yang dimana berukuran 20 inchi dengan panjangnya itu sekitar 50 cm, sudah dilengkapi mata pisau gigi yang sudah diasah dari produknya dan memiliki suatu pegangan tangan ergonomis supaya bisa leluasa saat digunakan. Dibuat langsung dari Sweden dengan original asli bahconya itu sendiri, sangat cocok bukan untuk anda saat sekarang ini yang sedang membutuhkan gergaji yang berkualitas seperti Bahco Handsaw AP06 ini.

10. Gergaji Rhinoceros

Gergaji Rhinoceros

Spesifikasi Gergaji Rhinoceros

Merk Rhinoceros
Tipe Gergaji Kayu
Ukuran 180 mm
Kualitas Tajam dan Awet
Rate 4.8
Harga Rp 30.000 – Rp 52.000 -an

Dan yang terakhir ini ada sebuah produk gergaji yaitu Gergaji Rhinoceros yang dibuat sangat unik sekali karena didesain berbeda pada gergaji biasanya yang tidak dapat dilipat tetapi berbeda dengan yang satu ini gergaji Rhinoceros didesain dengan mode bisa dilipat agar lebih aman, gampang digunakan dan mudah untuk anda menyimpannnya. Sudah terdapat pisau gergaji serta mata gigi yang sangat tajam supaya memudahkan anda dalam memotong sebuah benda tersebut, tersedia juga dalam beberapa ukuran mata
pisau sesuai kebutuhan anda diantaranya mata pisau dengan ukuran 180 mm, 210 mm, 250 mm, dan 300 mm, jadi sangatlah awet dan berkualitas gergaji dengan merk Rhinoceros tersebut.

Kesimpulan

Nah tadi semua sudah dibahas dalam tips dan rekomendasi merk dengan produk yang berkualitas tentu tidak akan ragu lagi saat anda ingin membeli sebuah gergaji potong ataupun gergaji belah semuanya tergantung selera serta kebutuhan yang ingin anda gunakan untuk memotong sebuah benda, jangan sampai salah membeli tentu harus ada bukti bahwa produk itu berkualitas, terjamin dan awet ketika anda menggunakannya.

/* */