12 Merk Aki Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Menjadi salah satu komponen paling berperan yang ada pada motor. Aki penting dipilih dan dirawat sebaik mungkin. Semua orang pasti sudah tahu, bahwasannya keberadaan aki sangat vital untuk sebuah kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik motor memahami tips memilih aki motor yang bagus. Selain tips penting, kami juga sudah menyiapkan rekomendasi merk aki motor yang bagus dan tahan lama.

Merk Aki Motor yang Bagus dan Tahan Lama
Merk Aki Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Aki berperan sebagai sumber utama bagi mesin dan seluruh komponen listrik didalam mobil. Sebagai contoh ketika menghidupkan starter, aki akan menyalurkan listriknya untuk masuk pada starter dan membuat mesin motor tersebut menyala. Secara umum aki terbagi menjadi 2 jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Sesuai namanya aki kering memiliki bentuk lebih padat atau menyerupai gel, sedangkan aki basah bentuknya seperti air biasa. Perbedaan aki kering dan basah pada motor lainnya yaitu, aki kering perlu dilakukan perawatan lebih dibanding dengan aki basah.

Tips Memilih Aki Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Mengingat keberadaannya begitu penting, kamu wajib mempelajari hal penting sebelum membeli aki motor. Sampurasun.co.id sudah merangkum beberapa tips memilih aki motor yang bagus sebagai berikut :

1. Membeli Aki Dengan Spesifikasi Yang Sesuai

Pertama, konsumen harus menyesuaikan spek aki dan kendaraan yang dimiliki sebagai tips memilih aki motor yang bagus. Setelah mengetahui spesifikasi masing-masing, Anda perlu memahami jenis aki apa saja yang sekiranya cocok jika digunakan di motor tersebut. Sebagaimana yang diketahui, bahwa tidak semua jenis aki cocok digunakan oleh motor. Aki tipe A belum tenu bisa sesuai dengan merk motor B. Sehingga hal tersebut akan dikembalikan lagi pada spesifikasi yang sesuai.

2. Memilih Aki Dengan Jenis Yang Tepat

Selain melihat dari spesifikasi motor yang cocok, tips dalam proses pembelian aki berikutnya adalah menentukan jenis aki yang tepat untuk motor. Di bengkel dan toko online, ada beberapa macam aki yang umum dijual. Pertama ada jenis aki kering yang perawatannya mudah, walaupun harganya lebih mahal. Kemudian ada aki basah yang mengandung elektrolit asam sulfat dan harganya ekonomis. Lalu ada aki Hybrid, kalsium dan juga gel dimana semua jenis pasti ada plus dan minusnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan dari motor yang digunakan. Jadi, sama seperti tips awal pembelian aki disesuaikan dengan spesifikasi motor. Sehingga, aki yang dipilih memang cocok untuk tipe kendaraan Anda.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Nama Pembersih Kaca Mobil Berjamur Terbaik

3. Mempertimbangkan Merek

Setelah memahami spesifikasi kendaraan dan jenis aki yang sesuai, sekarang Anda perlu mengulik brand. Ada banyak sekali merk aki yang dijual di Indonesia dengan pilihan beragam. Mulai dari aki paling murah di Indonesia sampai paling mahal. Harga pasti berpengaruh terhadap kualitas aki yang ditawarkan. Apabila masih bingung, maka bisa mencari referensi di internet. Banyak website dan channel YouTube yang mengulas keunggulan maupun kelemahan merk aki di range harga tertentu.

4. Pastikan Kondisi Aki Baru Jika Memungkinkan

Walaupun banyak orang yang menjual aki bekas, namun jika ingin mendapatkan aki dengan kualitas yang baik pastikan menghindari untuk membeli aki bekas. Pasalnya, dikhawatirkan aki hasil rekondisi itu sudah rusak parah. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah. Pasalnya penggunaan aki bekas memang lumayan beresiko jika dipakai dengan kurun waktu yang lama. Sebab sebagai konsumen pastinya tidak bisa memastikan apa yang terjadi dengan aki selama itu, apakah pemiliknya dulu merawat dengan baik atau tidak.

5. Pastikan Membeli Di Toko Terpercaya

Tips memilih aki motor yang bagus terakhir adalah membeli di toko dengan rating baik ataupun terpercaya. Pasalnya, toko yang sudah terpercaya oleh banyak pembeli pasti memberikan produk yang original dan berkualitas juga. Selain itu, biasanya para karyawan toko juga memberi informasi terkait produk dari kualitas rendah hingga tinggi sehingga konsumen bisa memilih barang yang terbaik.

Rekomendasi Aki Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Setelah tadi mengetahui beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli aki motor, selanjutnya akan kami pilihkan beberapa produknya. Berikut rekomendasi merk aki motor yang bagus dan tahan lama :

1. Bosch Aki Kering – RBTZ-5S

Bosch Aki Kering - RBTZ-5S
Bosch Aki Kering – RBTZ-5S

Spesifikasi Bosch Aki Kering – RBTZ-5S

Merk Bosch
Jenis Aki Kering
Kapasitas 3.5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 165,000 -an

Rekomendasi merk aki motor yang bagus pertama yaitu dari Bosch dengan jenis aki kering atau aki gel. Aki motor Bosch ini sangat ideal untuk berbagai macam kebutuhan kelistrikan sepeda motor dan mudah beradaptasi dengan kondisi ekstrim jalan. Bisa digunakan untuk motor jenis bebek, matic maupun sport.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Wiper Kaca Mobil yang Bagus dan Murah

2. Yuasa Aki Motor YT7-C MF

Yuasa Aki Motor YT7-C MF
Yuasa Aki Motor YT7-C MF

Spesifikasi Yuasa Aki Motor YT7-C MF

Merk Yuasa
Jenis Aki Kering
Kapasitas 6 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 212,000 -an

Selanjutnya ada aki motor yang bagus dari merk yang cukup ternama yaitu Yuasa. Memiliki kapasitas 6Ah dengan tegangan 12 V. Bisa digunakan untuk semua tipe motor, baik itu motor bebek, motor matic maupun motor sport. Meski jenis aki ini tidak memerlukan perawatan rutin, namun kamu tetap harus bisa menjaga performa dari aki ini agar lebih awet.

3. Aki Motor GS ASTRA GOLD GTZ 5S GTZ5S

Aki Motor GS ASTRA GOLD GTZ 5S GTZ5S
Aki Motor GS ASTRA GOLD GTZ 5S GTZ5S

Spesifikasi Aki Motor GS ASTRA GOLD GTZ 5S GTZ5S

Merk GS Astra
Jenis Aki Kering
Kapasitas 3.5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.9
Harga Rp 259,000 -an

Merk aki motor terbaik selanjutnya adalah GS Astra dengan tipe aki kering atau aki gel yang bebas perawatan karena berteknologi Valve Regulated Lead Acid sehingga tidak perlu penambahan air aki. Bisa dipakai untuk semua merk motor seperti Astra Honda Motor, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

4. Aki Aspira GM5Z3B MF

Aki Aspira GM5Z3B MF
Aki Aspira GM5Z3B MF

Spesifikasi Aki Aspira GM5Z3B MF

Merk Aspira
Jenis Aki Kering
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 162,000 -an

Merek aki yang bagus untuk motor selanjutnya yaitu Aspira dengan jenis aki kering yang bebas perawatan. Aki ini diproduksi dengan teknologi Valve Regulated Lead Acid (VRLA). Keunggulan lainnya yaitu aki ini anti bocor karena menggunakan teknologi Absorbent Glass Mat (AGM) yang mampu mengunci accu zuur.

5. Motobatt Gel MTZ5S

Motobatt Gel MTZ5S
Motobatt Gel MTZ5S

Spesifikasi Motobatt Gel MTZ5S

Merk Motobatt
Jenis Aki Kering
Kapasitas 4.2 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.9
Harga Rp 197,000 -an

Merek aki motor yang bagus dan tahan lama berikutnya yaitu Motobatt Gel yang dibuat dengan bebas perawatan karena tidak memerlukan pengisian ulang. Desainnya menarik dan praktis serta mudah diaplikasikan sebagai sumber tenaga untuk menyalakan starter, lampu, klakson, dan kelistrikan lainnya.

6. Aki Federal FTZ-5S GTZ5S

Aki Federal FTZ-5S GTZ5S
Aki Federal FTZ-5S GTZ5S

Spesifikasi Aki Federal FTZ-5S GTZ5S

Merk Federal
Jenis Aki Kering
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 114,000 -an

Berikutnya ada aki motor beat fi yang bagus dari merk Federal. Memiliki kapasitas 5 Ah yang cukup tinggi dibandingkan dengan aki merk lain. Aki tipe gel ini bebas perawatan. Tidak diperlukan untuk mengeceknya secara rutin sehingga bisa menghemat waktu dan biaya perawatan. Keunggulan aki ini juga awet dan tahan lama serta dapat menyimpan setrum lebih lama.

7. Honda Accu Battery GTZ6V

Honda Accu Battery GTZ6V
Honda Accu Battery GTZ6V

Spesifikasi Honda Accu Battery GTZ6V

Berita Terkait  12 Rekomendasi Merk Jas Hujan Terbaik dan Berkualitas
Merk Honda
Jenis Aki Kering
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.7
Harga Rp 306,000 -an

Merk aki kering motor yang bagus selanjutnya yaitu Honda Accu Battery. Menyimpan listrik yang dihasilkan oleh spul dan magnet di mesin Sebagai penggerak/ pemberi daya listrik bagi komponen yang membutuhkannya, seperti lampu, klakson, electric starter dan lain-lain Sebagai stabilisator tegangan kelistrikan motor Honda.

8. Motorcycle Fit Aki MF FITX7L-BS

Motorcycle Fit Aki MF FITX7L-BS
Motorcycle Fit Aki MF FITX7L-BS

Spesifikasi Motorcycle Fit Aki MF FITX7L-BS

Merk Motorcycle Fit
Jenis Aki Kering
Kapasitas 7 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.9
Harga Rp 245,000 -an

Aki motor yang paling bagus berikutnya yaitu Motorcycle Fit yang merupakan aki kering berkualitas standar Jepang yang bagus dan  tidak kalah dengan merk lain namun harga sangat terjangkau. Diformulasikan untuk motor-motor merk Kawasaki KLX 150 C, Trail 150-250,  Piagio, Vespa Matic ( LX, Primeavera, Sprint, GTS) dan Yamaha N-Max.

9. Aki Motor Heybatt GTZ-5S GEL

Aki Motor Heybatt GTZ-5S GEL
Aki Motor Heybatt GTZ-5S GEL

Spesifikasi Aki Motor Heybatt GTZ-5S GEL

Merk Heybatt
Jenis Aki Kering
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 100,000 -an

Berikutnya ada merk aki kering motor terbaik dari Heybatt. Aki ini memiliki kapasitas 5 Ah dengan tegangan 12 V. Sangat cocok digunakan pada semua merk motor jenis matic. Meski berjenis gel yang artinya tidak membutuhkan perawatan rutin, kamu tetap perlu menjaga kondisi aki agar tetap awet dan tahan lama.

10. Kayaba Aki MF GTZ 5S

Kayaba Aki MF GTZ 5S
Kayaba Aki MF GTZ 5S

Spesifikasi Kayaba Aki MF GTZ 5S

Merk Kayaba
Jenis Aki Basah
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.8
Harga Rp 96,000 -an

Selanjutnya ada produk dari Kayaba yang merupakan jenis aki basah. Menggunakan aki jenis ini memerlukan pengecekan khusus. Perawatan rutin serta pengisian ulang cairan elektrolit juga akan mempengaruhi berapa lama aki motor bertahan. Setiap pembelian aki ini sudah termasuk 1 unit aki, 1 botol elektrolit, 1 set mur baut dan 1 stiker garansi.

11. Aki Motor Dry Plus GTZ7S

Aki Motor Dry Plus GTZ7S
Aki Motor Dry Plus GTZ7S

Spesifikasi Aki Motor Dry Plus GTZ7S

Merk Dry Plus
Jenis Aki Kering
Kapasitas 7 Ah
Tegangan 12 V
Rate 4.9
Harga Rp 135,000 -an

Berikutnya Aki motor dari Dry Plus dengan jenis aki kering. Memiliki tegangan normal aki motor yaitu 12 Volt dengan kapasitas 7Ah. Cocok digunakan untuk motor tipe Honda PCX 150 eSP, Honda Beat Pop esp ISS, Honda Vario125 esp ISS, Honda Vario150 esp ISS, Honda Sonic 150, Honda CBR 150, Honda CB 150R, Yamaha XT 225, Suzuki Satria F150 dan  Kawasaki KLX 150.

12. Alkaline ACCU ATZ5S-BS

Alkaline ACCU ATZ5S-BS
Alkaline ACCU ATZ5S-BS

Spesifikasi Alkaline ACCU ATZ5S-BS

Merk Alkaline
Jenis Aki Kering
Kapasitas 5 Ah
Tegangan 12 V
Rate 5.0
Harga Rp 138,000 -an

Rekomendasi merek aki motor yg bagus terakhir yaitu Alkaline Accu dengan tipe aki kering. Aki ini memiliki kapasitas 5 Ah dengan tegangan 12 Volt. Bisa digunakan pada motor bebek seperti Honda Kharisma, maupun motor matic seperti Honda Beat, Honda Scopy, Yamaha Mio soul, Yamaha Mio m3, Yamaha Vixion dan Yamaha Jupiter Mx.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dan rekomendasi merk aki motor yang bagus dan tahan lama. Tentunya dengan pemilihan yang tepat maka motor yang digunakan akan lebih baik performanya. Sebab, keberadaan mesin dari motor juga sangat bergantung dengan kondisi aki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin membeli aki motor yang baru. Jangan lewati pembahasan produk menarik lainnya hanya di web ini.

/* */