12 Rekomendasi Merk Talenan Plastik dan Kayu Terbaik

Salah satu kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa lepas dari alat memasak yaitu talenan. Tidak hanya berfungsi sebagai alas untuk memotong, talenan juga membantu agar pisau tidak mudah rusak dan bisa menjaga kebersihan dapur. Untuk kamu yang sedang mencari referensi salah satu kebutuhan dapur ini, kali ini kami akan memberikan rekomendasi merk talenan plastik dan kayu terbaik. Mengingat fungsinya yang penting, sehinga wajar apabila banyak yang ingin mengetahui tips memilih merk talenan terbaik.

Rekomendasi Merk Talenan Plastik dan Kayu Terbaik
Rekomendasi Merk Talenan Plastik dan Kayu Terbaik

Talenan merupakan barang dapur yang lumrah menjadi kebutuhan ibu rumah tangga. Keberadaan talenan ini mempermudah ibu rumah tangga ketika memotong sayur ataupun daging. Kita bisa mendapatkan talenan dengan mudah di toko perlengkapan dapur. Untuk harga talenan kayu di pasar masih cukup terjangkau dan masih setara dengan harga yang tertera di marketplace.

Tips Memilih Merk Talenan Terbaik Untuk Ibu Rumah Tangga

Memilih talenan ini pun tidak boleh sembarangan karena berhubungan dengan tingkat keawetannya. Sebagai konsumen, Anda pastinya tidak ingin harus membeli talenan berulang hanya gara-gara tidak awet. Sampurasun.co.id akan memberikan beberapa tips memilih merk talenan terbaik yang bisa dicoba.

1. Tingkat Kekerasan Permukaan dari Talenan Plastik dan Kayu

Kekerasan permukaan talenan menjadi poin yang penting dalam memilih talenan, karena permukaan inilah yang akan berhadapan langsung dengan pisaunya. Apabila permukaannya terlalu keras, maka bisa mengakibatkan pisau menjadi cepat tumpul. Hal tersebut dikarenakan efek dari benturan yang diakibatkan keduanya. Penting sekali untuk memilih talenan yang permukaannya tidak terlalu keras, agar pisaunya dapat mengikuti alunan potongan ketika sedang memotong sayuran. Penting juga bagi sang ibu untuk memotong sayur dengan hati-hati agar permukaan talenan tidak mudah terkikis oleh pisau yang tajam.

2. Kemudahan Perawatan Talenan Plastik dan Kayu

Merk talenan yang baik tentu akan mudah dilakukan perawatan dan biasa dibanderol dengan harga lumayan. Merk talenan bagus hanya butuh diberi sabun saja untuk membersihkannya tidak perlu menyediakan pembersih khusus. Hal ini tentu akan mempermudah ketika membersihkannya. Hindari pembelian talenan yang lengket dan susah dihilangkan apabila ada noda yang menempel, karena akan memperlama ketika proses pembersihannya. Talenan yang terbaik juga tidak memerlukan penanganan khusus dan bisa disimpan di mana saja tanpa ada ketentuan tertentunya.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Hand Mixer Yang Bagus dan Awet (Review Terbaru 2023)

3. Ukuran dari Talenan Plastik dan Kayu

Ukuran sering menjadi pertimbangan yang sangat penting ketika memilih talenan terbaik. Tentu saja besar atau kecilnya talenan disesuaikan dengan kebutuhan ibu rumah tangga. Apabila membutuhkan talenan hanya untuk memotong sayuran saja, maka tidak perlu membeli talenan yang ukurannya besar. Ibu rumah tangga yang membutuhkan talenan untuk memotong daging, maka wajib menggunakan talenan dengan ukuran lebih besar. Namun, tips memilih merk talenan terbaik ini juga bergantung pada ukuran kitchen counter yang dimiliki di rumah. Apabila memang minimalis, maka pemilihan talenan pun jangan yang terlalu besar.

4. Durabilitas dari Talenan Plastik dan Kayu

Keawetan dari talenan bisa disebabkan karena memang materialnya bagus dan juga perawatan. Biasanya merk dan harga sangat mempengaruhi umur dari talenan yang satu ini. Harga dan merk yang berkualitas menjadi jaminan bahwa talenan tersebut akan bertahan lama meskipun sering digunakan. Setiap material yang dipilih memiliki perawatannya masing-masing sehingga tidak bisa disamaratakan. Ibu rumah tangga bisa merawat talenan tersebut sesuai dengan jenis materialnya, sehingga membuat talenannya menjadi tahan lama. Selalu bersihkan talenan ketika sudah selesai digunakan.

5. Pilih Bahan Silikon

Talenan terbaik yang sering dipakai oleh chef profesional maupun bagi pemula adalah yang menggunakan bahan silikon. Tidak dapat dipungkiri, bahwa bahan ini memiliki keistimewaan berupa tidak panas dan tidak disertai dengan bau karet sehingga sangat recommended sekali buat dipilih. Perlu diketahui, bahwa harga dari talenan silikon pun cukup bersaing. Sebagai ibu rumah tangga yang tidak ingin bahan pangannya terkontaminasi, maka bisa membeli talenan tidak hanya 1 saja. Hal tersebut untuk membedakan mana talenan yang digunakan untuk mengiris sayur ataupun daging. Dengan begitu, setiap makanan yang dipotong akan terjaga kebersihan dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Rekomendasi Merk Talenan Plastik dan Kayu Terbaik

Setelah tadi mengetahui tips memilih talenan yang benar, selanjutnya akan kami berikan beberapa pilihan produknya. Semoga dari pilihan di bawah ada yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut beberapa rekomendasi merk talenan plastik dan kayu terbaik.

1. Wooden Projects Talenan Kayu Mahoni

Wooden Projects Talenan Kayu Mahoni
Wooden Projects Talenan Kayu Mahoni

Spesifikasi Wooden Projects Talenan Kayu Mahoni

Merk Wooden Projects
Bahan Kayu Mahoni
Ukuran 35cm x 18cm x 1.8cm
Warna Coklat
Rate 4.9
Harga Rp 33,000 -an

Rekomendasi produk yang pertama yaitu talenan kayu mahoni dari wooden project. Alas untuk memotong ini sudah food grade sehingga aman digunakan untuk memotong semua bahan makanan tanpa meninggalkan kotoran atau bau. Harga talenan kayu polos ini cukup terjangkau yaitu sekitar 33 ribuan.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Merk Termos Air Panas Terbaik (Review Terbaru 2023)

2. Claris Talenan Plastik

Claris Talenan Plastik
Claris Talenan Plastik

Spesifikasi Claris Talenan Plastik

Merk Claris
Bahan Plastik
Ukuran 35.5 x 24.5 x 1 cm
Warna Biru, Pink, Hijau dan Orange
Rate 4.9
Harga Rp 65,000 -an

Selanjutnya ada talenan dari bahan plastik yaitu Clarisa Talenan. Sudah BPA Free dan anti bakteria, sehingga bisa digunakan untuk memotong buah, sayur, ikan maupun daging. Pilihan warnanya cantik-cantik sehingga akan menambah keindahan dapur kamu. Meski berbahan plastik, talenan ini cukup kuat dan tahan lama.

3. Stein Royal Talenan

Stein Royal Cutting Board
Stein Royal Cutting Board

Spesifikasi Stein Royal Talenan 

Merk Stein Cookware
Bahan Batang Gandum
Ukuran 29cm x 19.5cm
Warna Pink, Biru, Hijau dan Kuning
Rate 4.9
Harga Rp 259,000 -an

Produk berikutnya dari merk Stein Cookware ada pisau set yang sangat eco friendly materialnya karena terbuat dari batang gandum. Satu set terdiri dari 4 buah talenan yang dilengkapi dengan indikator gambar yang digunakan untuk membedakan antara memotong daging, ikan, buah dan sayur sehingga lebih higenis.

4. Dekornata Talenan Kayu

Dekornata Talenan Kayu
Dekornata Talenan Kayu

Spesifikasi Dekornata Talenan Kayu

Merk Dekornata
Bahan Solid Mahogany
Ukuran 37cm x 18cm x 2cm
Warna Coklat
Rate 4.9
Harga Rp 70,000 -an

Rekomendasi selanjutnya yaitu Dekornata talenan kayu. Dilihat secara visual talenan ini memiliki permukaan yang halus karena dipoles dengan 100% natural food-grade wax yang aman jika bersentuhan dengan makanan. Desainnya minimalis dan multifungsi, karena bisa digunakan sebagai talenan, tatakan saji ataupun dekorasi rumah.

5. Este Talenan Full Stainless

Este Talenan Full Stainless
Este Talenan Full Stainless

Spesifikasi Este Talenan Full Stainless

Merk SAC
Bahan Stainless Steel
Ukuran 33cm x 23cm x 1.5mm
Warna Silver
Rate 5.0
Harga Rp 128,000 -an

Jika bosan dengan bahan plastik dan kayu, berikutnya adalah talenan stainless dari merk SAC. Talenan ini memiliki dua sisi yang bisa digunakan bolak balik. Cocok untuk memotong semua jenis makanan. Selain mudah dibersihkan, talenan berbahan ini memiliki anti karat terbaik dan sudah BPA Free sehingga aman untuk kesehatan.

6. Cypruz Talenan Plastik Set

Cypruz Talenan Plastik Set
Cypruz Talenan Plastik Set

Spesifikasi Cypruz Talenan Plastik Set

Merk Cypruz
Bahan Plastik
Ukuran 30cm x 20cm
Warna Hijau, Pink, Beige dan Biru
Rate 4.7
Harga Rp 105,000 -an

Selanjutnya ada talenan set dari Cypruz yang merupakan salah satu merk talenan plastik yang bagus. Berbahan plastik yang sudah food grade, tidak licin dan mudah dibersihkan. Terdiri dari 4 talenan yang bisa digunakan untuk memotong 4 jenis makanan yang berbeda, sehingga dapat mencegah kontaminasi silang dari bahan makan sehingga lebih sehat dan higenis.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Merk Tudung Saji Terbaik (Review Terbaru 2023)

7. Talenan Kayu Wood Cutting

Talenan Kayu Wood Cutting
Talenan Kayu Wood Cutting

Spesifikasi Talenan Kayu Wood Cutting

Merk Sang Kayu
Bahan Kayu Jati dan Mahoni
Ukuran Diameter 26-29cm dan Tebal 5cm
Warna Coklat
Rate 4.7
Harga Rp 47,000 – Rp 75,000 -an

Produk berikutnya ada talenan kayu murah dari merk Sang Kayu yang dibandrol dari harga 47 ribu sampai 75 ribu tergantung dari diameternya. Tersedia pilihan bahan kayu jati dan kayu mahoni. Talenan ini cukup besar, cocok dipakai untuk memotong daging, ikan,  seafood dan jenis makanan lain.

8. Nanjiren Manaita Stainless Cutting Board

Nanjiren Manaita Stainless Cutting Board
Nanjiren Manaita Stainless Cutting Board

Spesifikasi Nanjiren Manaita Stainless Cutting Board

Merk Najiren
Bahan Stainless Steel
Ukuran 39,5 cm x 26,5cm
Warna Hitam Silver
Rate 4.9
Harga Rp 199,000 -an

Selanjutnya ada talenan stainless steel review terbaik yang terbuat dari bahan food grade anti jamur dan anti bakteri. Dua sisi, alat dapur yang sempurna, cocok untuk memotong daging, ikan, buah, keju, sayuran dan banyak lagi. Terdapat pegangan membuat penyimpanan dan membawa lebih nyaman, Anda dapat menggantungnya di dinding, desain super ramping menghemat ruang Anda di dapur yang sibuk.

9. KKV Talenan Plastik Set

KKV Talenan Plastik Set
KKV Talenan Plastik Set

Spesifikasi KKV Talenan Plastik Set

Merk KKV
Bahan Plastik
Ukuran 35x25cm, 30x20cm & 20x15cm
Warna Abu-Abu, Pink dan Putih
Rate 4.8
Harga Rp 79,000 -an

Selanjutnya ada talenan plastik ukuran besar dari KKV. Terdiri dari 3 ukuran berbeda yang bisa digunakan untuk memotong bahan makanan berbeda. Desainnya cantik, terdapat lubang untuk menggantung atau menyimpannya.  Teksturnya keras dan tidak meninggalkan bekas, tahan lama dan terhindar dari kotoran dan kotoran

10. Yongsan Talenan Kayu Pedo Wood

Yongsan Talenan Kayu Pedo Wood
Yongsan Talenan Kayu Pedo Wood

Spesifikasi Yongsan Talenan Kayu Pedo Wood

Merk Pedo
Bahan Kayu Mahoni
Ukuran 45 x 28 x 2 cm
Warna Coklat
Rate 49
Harga Rp 139,000 -an

Selanjutnya ada talenan kayu berkualitas premium dari Pedo Wood. Bentuk talenan kayu ini sangat unik dan warna dari serat kayu tidak bisa sama karena setiap kayu motif serat kayunya unik. Permukaannya dilapisi oleh Sun Flower Oil yang sudah Food Grade sehingga sangat aman untuk makanan dan kesehatan.

11. Kaes Talenan Kayu Ulin Besar

Kaes Talenan Kayu Ulin Besar
Kaes Talenan Kayu Ulin Besar

Spesifikasi Kaes Talenan Kayu Ulin Besar

Merk Kaes
Bahan Kayu Ulin
Ukuran 40 x 30 x 1.5 cm
Warna Coklat
Rate 4.9
Harga Rp 120,000 -an

Selanjutnya ada talenan kayu ulin besar dengan corak acak sehingga tampilan dari talenan ini sangat menarik. Desainnya sederhana namun elegan. Sangat cocok dipakai untuk memotong daging, buah dan sayur. Talenan anti bakteri dan jamur, tidak meninggalkan bau dan mudah dibersihkan.

12. Stainless Steel Cutting Board

Stainless Steel Cutting Board
Stainless Steel Cutting Board

Spesifikasi Stainless Steel Cutting Board

Merk No Merk
Bahan Stainless Steel
Ukuran 36cm x 25cm
Warna Silver
Rate 5.0
Harga Rp 257,000 -an

Rekomendasi produk yang terakhir yaitu Stainless Steel Cutting Board. Material talenan ini adalah stainless steel dengan kualitas food grade sehingga bisa digunakan sebagai alas untuk memotong semua jenis bahan makanan. Talenan ini sangat awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips memilih merk talenan terbaik yang semestinya dipraktekan oleh ibu rumah tangga. Memang memilih talenan yang terbaik bukanlah perkara mudah, namun mengikuti tips yang telah dijelaskan di atas sangat dianjurkan. Semoga dengan pembahasan kali ini mengenai rekomendasi merk talenan plastik dan kayu terbaik kamu menemukan produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Nantikan pembahasan produk menarik lainnya hanya di web ini.

/* */