12 Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen

Scanner merupakan alat pemindai gambar yang berfungsi mengubah data dari film negatif atau dokumen menjadi bentuk digital atau cetak. Jika hendak membeli, perhatikan tips memilih merk scanner terbaik agar bisa mendapatkan performa sesuai kebutuhan dan memuaskan. Perlu diketahui, bahwasannya tipe scanner di pasaran sangatlah banyak. Kali ini kami juga akan memberikan Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen. Simak sampai akhir ya.

Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen Terbaik
Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen Terbaik

Keberadaan photo scanner memang sangat diperlukan di dunia fotografi maupun perkantoran. Di dunia fotografi, foto-foto lama yang tersimpan dalam negative film perlu dijadikan bentuk digital agar bisa dirapikan dan diedit ulang. Untuk kebutuhan kantor juga sangat mendukung dalam menyimpan file-file penting dalam bentuk soft copy. Maka untuk kebutuhan profesional tersebut, memilih alat tersebut tidak boleh sembarangan. Terlebih lagi untuk para pemula, tips memilih merk photo scanner terbaik bisa menjadi pertimbangan. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut lengkap dengan harga mesin scanner epson yang menjadi produk unggulan.

Tips Memilih Merk Scanner Untuk Dokumen Terbaik

Agar bisa menentukan produk scanner yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita, ada baiknya pelajari lebih dahulu penjelasan mengenai tips memilih merk scanner untuk dokumen terbaik berikut menurut versi Sampurasun.co.id :

1. Menentukan Jenis Sesuai Kebutuhan

Photo scanner yang beredar di pasaran itu ada tiga jenis. Agar tidak salah pilih, pahami karakteristik dan kegunaannya untuk menunjang kebutuhan tertentu. Jenis-jenis photo scanner yaitu:
● Negative film: jenis scanner yang khusus untuk memindai film negatif dengan hasil berkualitas tinggi.
● Flatbed scanner: khusus dipakai memindai foto cetak dan kompatibel dengan beberapa jenis film. Kualitasnya lebih baik karena tingkat akurasi sensornya unggul.
● Sheetfed scanner: photo scanner yang mempunyai kecepatan pemindaian foto, tapi kualitas hasilnya tidak terlalu bagus.

2. Melihat Resolusi dan Kecepatannya

Setiap merek photo scanner memiliki tingkat resolusi berbeda. Ukuran yang biasa dipakai adalah dpi dan ppi. Semakin besar resolusinya, maka hasil gambar yang dikeluarkan juga lebih baik. Terlebih saat ini ada scanner yang memiliki resolusi hingga 9600 dpi, yakni Epson Perfection. Selain dari segi resolusi, perhatikan pula kecepatannya dalam melakukan pemindaian. Percuma jika resolusi bagus, hasilnya berkualitas, tapi memakan waktu lama. Lihatlah kemampuannya membaca film di tiap detiknya.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Laptop Mini 1 Jutaan Terbaik

3. Mencari yang Bisa Tersambung Langsung dengan CD Card

Merek photo scanner yang baik itu setidaknya ada slot untuk memasukkan CD Card. Karena dengan begitu, proses transfer data hasil pemindaian foto lebih mudah dilakukan. Tidak perlu juga menyiapkan perangkat lain yang merepotkan. Tapi tidak jarang yang kesulitan mencarinya. Jika begitu, tidak masalah memilih photo scanner yang harus disambungkan dulu ke komputer. Hanya saja, pastikan kompatibel di semua tipe komputer supaya mudah.

4. Memperhatikan Fungsi Koreksi Warna

Tips memilih merk photo scanner terbaik keempat yaitu melihat kemampuannya dalam melakukan koreksi warna. Jika ada debu dan goresan pada film lama, bisa langsung dihilangkan. Perhatikan pula fungsi penyesuaian fokus untuk mendapatkan hasil pemindaian yang bagus. Selain itu, lebih baik jika membeli photo scanner yang dibekali software untuk edit hasil pemindaian. Tujuannya supaya warna, cahaya, dan tingkat fokusnya mudah disesuaikan. Jadi tidak perlu lagi mencari perangkat lunak secara terpisah.

5. Memperhatikan Kompatibilitasnya pada Film Negatif

Perlu diketahui bahwa film negatif yang dipakai pada foto-foto lama itu beragam. Contohnya seperti film 4×5 dan bowie. Ketika membeli photo scanner, pastikan tipe yang dipilih kompatibel dengan jenis film yang digunakan. Tidak semua photo scanner mendukung pemindahan foto dari beberapa jenis negative film sekaligus. Ada yang hanya kompatibel pada 35mm film, slide, dan monochrome. Jadi, pastikan dulu jenis spesifikasi ini.

6. Membandingkan Harga

Tips terakhir, bandingkan harga photo scanner dengan melihat jenis, spesifikasi, dan mereknya. Harga yang tinggi, pasti membawa kualitas paling baik pula. Contohnya seperti Epson Perfection yang dibanderol Rp11.000.000 dan kompatibel di banyak film negatif. Tapi jika untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya membeli yang ada di kisaran satu jutaan. Biasanya didesain mini, portable, dan ukurannya ringan. Contohnya adalah merek iScan dan EC718.

Rekomendasi Scanner Terbaik Untuk Dokumen

Setelah tadi mengetahui beberapa tips dalam memilih scanner terbaik, selanjutnya akan kami berikan referensi produk pilihannya. Berikut Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen :

1. Scanner Terbaik Untuk Dokumen Canon Lide 300

Scanner Terbaik Untuk Dokumen Canon Lide 300
Scanner Terbaik Untuk Dokumen Canon Lide 300

Spesifikasi Scanner Canon Lide 300

Merk Canon
Type Lide 300
Resolution 2400 x 2400 dpi
Ukuran Kertas A4
Rate 4.8
Harga Rp 1,348,000 -an

Produk pertama ini yang paling sering digunakan oleh sebagian perkantoran. Karena ukurannya yang flat dan penggunaannya mudah. Cara instal scanner canon lide 300 ini juga sangat mudah. Yaitu pertama pastikan PC atau laptop terhubung dengan internet, lalu unduh file softwarenya dan klik dua kali file .exe yang sudah diunduh yang kemudian akan menampilkan layar Setup dan ikuti petunjuk untuk menginstall perangkat.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Modem Mifi 4G Terbaik (Review Terbaru 2023)

2. Plustek Scanner OpticSlim 2610 Plus

Plustek Scanner OpticSlim 2610 Plus
Plustek Scanner OpticSlim 2610 Plus

Spesifikasi Plustek Scanner OpticSlim 2610 Plus

Merk Plustek
Type 2610 Plus
Resolution 1200 Dpi
Ukuran Kertas A4
Rate 4.9
Harga Rp 1,690,000 -an

Selanjutnya ada produk dari Plustek dengan tugas utama alat scanner yaitu mengubah berkas atau dokumen menjadi bentuk digital. Memiliki kecepatan scan 15 lembar per detik dengan resolusi tinggi 1200dpi. Desainnya simpel dan bentuknya slim, dan menggunakan power USB sehingga lebih praktis. Hasil filenya bisa disimpat dengan format PDF, PDF/A, Searchable PDF, Ms.Word ,Ms.Excel , TXT, PNG, JPEG, TIFF, dan BMP.

3. Scanner Brother DS-640

Scanner Brother DS-640
Scanner Brother DS-640

Spesifikasi Scanner Brother DS-640

Merk Brother
Type DS-640
Resolution 300dpi
Ukuran Kertas Letter dan F4
Rate 5.0
Harga Rp 2,190,000 -an

Rekomendasi produk selanjutnya yaitu Brother DS-640. Ini merupakan salah satu produk scanner portable dengan ukuran kurang dari satu kaki dan berat 1.5 pon saja sehingga mudah dibawa kemanapun. Sudah dilengkapi dengan kabel micro USB 3.0 untuk ditancapkan pada laptop atau PC kamu yang siap memindai dokumen maupun foto.

4. Fujitsu S1300i Scanner Terbaik Untuk Dokumen

Fujitsu S1300i Scanner Terbaik Untuk Dokumen
Fujitsu S1300i Scanner Terbaik Untuk Dokumen

Spesifikasi Fujitsu ScanSnap S1300i Scanner

Merk Fujistu
Type S1300i
Resolution 300 dpi
Ukuran Kertas A4, A5, A6, B5, B6, F4, Legal, Letter
Rate 4.9
Harga Rp 4,050,000 -an

Selanjutnya ada produk yang juga akan mendukung tugas utama alat scanner adalah Fujitsu ScanSnap S1300i. Dapat memindai dokumen dari kertas berukuran A4, A5, A6, B5, B6, F4, Legal, Letter, Business Card, dan Post Card. Karena portable, daya yang didapatkan yaitu berasal dari USB. Merk ini bisa digunakan pada perangkat windows maupun mac.

5. Plustek Scanner MobileOffice S410 Plus

Plustek Scanner MobileOffice S410 Plus
Plustek Scanner MobileOffice S410 Plus

Spesifikasi Plustek Scanner MobileOffice S410 Plus

Merk Plustek
Type  S410 Plus
Resolution 600dpi
Ukuran Kertas A5, A4, Folio (F4), Legal
Rate 4.9
Harga Rp 1,990,000 -an

Berikutnya ada scanner portabel lagi dari Plustek dengan type S410 Plus. Memiliki kecepatan scan 9 detik / lembar dengan resolusi 600 dpi. Harga scanner ukuran f4 ini masih cukup terjangkau yakni kisaran 1,9 jutaan. Setiap pembelian produk ini sudah termasuk Scanner S410 Plus, Kardus Scanner, Kabel USB, CD Instalasi, Kertas Pembersih, CD Plustek Tools, Kertas Kalibrasi, Buku Panduan.

6. Scanner Terbaik Untuk Dokumen Epson ES-50

Scanner Terbaik Untuk Dokumen EpsonN ES-50
Scanner Terbaik Untuk Dokumen Epson ES-50

Spesifikasi Scanner Epson ES-50

Merk Epson
Type ES-50
Resolution 1200 dpi
Ukuran Kertas A4 – F4
Rate 5.0
Harga Rp 2,000,000 -an

Rekomendasi produk selanjutnya yaitu Scanner Epson ES-50 yang sangat cocok digunakan sebagai scanner untuk dokumen. Memiliki ukuran yang portable yaitu 10.7″ x 1.8″ x 1.3″ sehingga mudah dibawa dan digunakan kapanpun dan dimanapun. Harga mesin scanner F4 ini dibandrol dengan harga 2 jutaan.

Berita Terkait  12 Rekomendasi PC All In One Terbaik dan Termurah

7. HP Scanner Printer 519 AiO – 3YW73A

HP Scanner Printer 519 AiO - 3YW73A
HP Scanner Printer 519 AiO – 3YW73A

Spesifikasi HP Scanner Printer 519 AiO – 3YW73A

Merk HP
Type 519 AiO – 3YW73A
Resolution 1200 dpi
Ukuran Kertas A4
Rate 4.8
Harga Rp 2,685,000 -an

Berikutnya yaitu HP Scanner Printer 519 AiO – 3YW73A yang multifungsi yaitu scan, copy dan print. Sangat cocok dipakai untuk perkantoran. Desainnya menarik dengan warna putih bersih. Fitur scannya memiliki resolusi hingga 1200dpi dengan format file dalam bentuk JPEG, TIFF, PDF, BMP, PNG. Sedangkan fitur copynya, mampu menggandakan file hingga 99 copy.

8. Scanner Printer Canon Inkjet PIXMA G2020

Scanner Printer Canon Inkjet PIXMA G2020
Scanner Printer Canon Inkjet PIXMA G2020

Spesifikasi Scanner Printer Canon Inkjet PIXMA G2020

Merk Canon
Type PIXMA G2020
Resolution 4800 x 1200 dpi
Ukuran KertasA4, A5, B5, Letter, Legal, Folio
Rate 5.0
Harga Rp 2,069,000 -an

Masih dengan produk multifungsi yaitu Canon PIXMA G2020 yang dapat scan, copy dan print hanya dalam 1 produk ini. Harga scanner canon ukuran folio ini yaitu 2 jutaan dengan garansi 2 tahun untuk unit, sparepart dan juga Print head. Mesin ini bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi windows dan juga mac.

9. Scanner Terbaik Untuk Dokumen Epson Perfection V39

Scanner Terbaik Untuk Dokumen Epson Perfection V39
Scanner Terbaik Untuk Dokumen Epson Perfection V39

Spesifikasi Scanner Epson Perfection V39

Merk Epson
Type V39
Resolution 4800 x 4800 dpi
Ukuran Kertas A4 F4
Rate 4.8
Harga Rp 1,250,000 -an

Berikutnya ada Epson V39 yang mudah digunakan dan diaplikasikan. Memiliki 4 tombol yaitu PDF, Send, Copy and Start yang siap membantu kamu untuk memindai atau mencopy berkas. Perbedaan yang bisa dilihat secara langsung antara epson v39 vs v370 yaitu dari ukurannya. Epson V39 memiliki ukuran lebih kecil yaitu 9.8″ x 1.54″  sedangkan tipe V370 memiliki ukuran 11.2″ x 2.64″.

10. iScan 900 DPI Portable Scanner Handyscan

iScan 900 DPI Portable Scanner Handyscan
iScan 900 DPI Portable Scanner Handyscan

Spesifikasi iScan 900 DPI Portable Scanner Handyscan

Merk iScan
Type Handyscan
Resolution 900 Dpi
Ukuran Kertas A4
Rate 4.9
Harga Rp 580,000 -an

Berikutnya jenis scanner yang harganya paling murah adalah iScan Portable handyscan yaitu dengan harga sekitar 580 ribuan. Cukup murah bukan jika dibanding dengan merk lain. Mesin ini mampu memindai berkas dokumen maupun foto dengan hasil penyimpanan dalam bentuk format JPG atau PDF. Menggunakan 2 buah baterai AA.

11. Plustek Scanner SmartOffice PS283

Plustek Scanner SmartOffice PS283
Plustek Scanner SmartOffice PS283

Spesifikasi Plustek Scanner SmartOffice PS283

Merk Plustek
Type PS283
Resolution 600dpi
Ukuran Kertas KTP, A5, A4, Folio (F4), Legal
Rate 4.9
Harga Rp 4,290,000 -an

Selanjutnya ada Plustek Scanner SmartOffice dengan fitur ADF. Kelebihan automatic document feeder ini yaitu mampu memindai dokumen dengan kecepatan 25 lembar/menit. Menariknya lagi file yang dihasilkan dapat disimpan dalamm bentuk 10 format yaitu PDF, PDF/A, Searchable PDF, Ms.Word ,Ms.Excel , TXT, PNG, JPEG, TIFF, dan BMP.

12. Plustek Scanner MobileOffice S602

Plustek Scanner MobileOffice S602
Plustek Scanner MobileOffice S602

Spesifikasi Plustek Scanner MobileOffice S602

Merk Plustek
Type S602
Resolution 1200 dpi
Ukuran Kertas A6
Rate 5.0
Harga Rp 1,690,000 -an

Rekomendasi produk yang terakhir yaitu Plustek Scanner yang merupakan salah satu mesin scanner yang cepat yaitu dengan kecepatan 5.5 detik / lembar. Daya hanya diisi melalui USB dan tanpa adaptor. Bisa digunakan untuk scan Kartu Nama, Kartu Kredit, KTP, SIM, NPWP, Berkas maupun foto.

Kesimpulan

Itulah pembahasan kali ini mengenai tips memilih dan Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen yang sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakannya dalam pekerjaan profesional, sebaiknya membeli yang resolusinya tinggi dan format besar. Selain itu, perhatikan pula karakteristik dan spesifikasi lain dari setiap jenis photo scanner. Semoga dari pilihan beberapa produk di atas bisa menjadi referensi kamu ketika membeli scanner untuk dokumen.

/* */