12 Rekomendasi Pembersih Layar LCD HP dan Laptop Terbaik

Membersihkan layar tentunya diperlukan untuk selalu menjaga kebersihan dan keawetan perangkat. Seiring dengan pemakaian sehari-hari, layar LCD pasti terkena debu dan berbagai macam kotoran lain. Jika dibiarkan begitu saja, kotoran tersebut membuat layar kurang menarik. Tidak sedikit yang masih bingung ketika hendak membeli produk yang cocok untuk membersihkan layar tersebut. Nah kali ini akan kami ulas tentang rekomendasi pembersih layar LCD terbaik lengkap dengan tips dan info menarik lainnya.

Rekomendasi Pembersih Layar LCD Terbaik
Rekomendasi Pembersih Layar LCD Terbaik

Layar LCD merupakan bagian penting dari sebuah komputer dan laptop. Tampilannya menentukan kenyamanan pengguna ketika bekerja, menonton film, atau bermain game. Sangat penting membersihkan layar LCD secara berkala agar kondisinya tetap bersih dan nyaman. Cara membersihkan layar lcd komputer yang kotor diantaranya siapkan lap yang lembut, kering dan tidak berserat. Lalu usapkan secara lembut pada layar LCD yang dalam keadaan mati. Jika masih ada kotoran tersisa, maka gunakan screen clean atau cairan pembersih LCD untuk hasil yang lebih optimal.

Tips Memilih Pembersih Layar LCD Terbaik dan Tepat

Pernah malas membuka laptop gara-gara layarnya kotor? Nah, layar yang kotor pastinya harus dibersihkan. Agar memilih dengan tepat, inilah beberapa tips memilih pembersih layar LCD terbaik yang sudah Sampurasun.co.id rangkum untuk kalian semua :

1. Sesuaikan Jenisnya dengan Kebutuhan

Tips pertama yaitu menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Pembersih layar LCD sendiri memang memiliki berbagai macam jenis dengan formula masing-masing. Selain itu, hal tersebut juga akan berhubungan dengan durasi saat penggunaannya. Oleh sebab itu, pembeli perlu menentukan terlebih dahulu jenis screen cleaning yang sesuai dengan kondisi LCD. Untuk tipenya sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu microfiber, spray, dan tisu basah. Terkait jenis microfiber ini bisa digunakan untuk membersihkan kotoran kecil pada LCD. Pembersih microfiber juga terbilang sangat praktis dan bisa digunakan secara berulang dengan membersihkannya terlebih dahulu. Sementara itu, tipe spray dikhususkan untuk membersihkan LCD dari kotoran seperti bekas minyak atau make up yang tanpa sengaja tertempel di perangkat. Saat menggunakannya, orang bisa mengatur kadar pemakaiannya dengan menyesuaikan intensitas semprotannya. Lalu, tipe tisu basah ini bisa melakukan pembersihan untuk kotoran yang tergolong berat yang biasanya menumpuk. Adapun cara menggunakannya juga sangat mudah dengan mengelapkannya saja pada layar dan membuangnya.

Berita Terkait  Ciri Ciri Power Bank Yang Bagus dan Awet

2. Pertimbangkan Cairan yang Tidak Mengandung Alkohol

Perlu diketahui bahwa pemakaian alkohol ternyata bisa membuat lapisan khusus yang ada pada LCD menjadi cepat terkelupas dan rusak. Oleh sebab itu, usahakan memilih produk yang tidak mengandung bahan ini. Upaya tersebut pun bisa dilakukan dengan melihat pada bagian kemasan produknya terlebih dahulu. Walaupun begitu, ternyata ada beberapa perangkat yang memiliki ketahanan pada alkohol yang relatif kuat. Ada beberapa perangkat yang memiliki layar berlapis kaca, sehingga lebih tahan pada bahan ini. Jadi, bagi yang ingin membeli produk pembersih tersebut bisa memastikan terlebih dahulu user manual perangkat. Dengan begitu, hal tersebut bisa memastikan bahwa perangkat tahan pada cairan alkohol atau tidaknya.

3. Pilih yang Bisa Menjauhkan Debu dan Listrik Statis

Tips yang satu ini juga sangat penting, sebab listrik statis memang bisa membuat perangkat lebih mudah untuk rusak. Oleh sebab itu, pilihlah screen cleaning yang memiliki fungsi tambahan sebagai pencegah dari listrik statis. Sehingga, hal ini bisa membuat perangkat lebih terlindungi dari kotoran, seperti debu yang terkadang suka menempel. Alhasil, perangkat pun juga bisa menjadi lebih bersih dan tidak mudah mengalami kerusakan.

4. Pilih yang Tidak Meninggalkan Bekas

Tips selanjutnya  yakni memilih produk yang tidak meninggalkan bekas. Hal tersebut dikarenakan, terkadang setelah dilakukan proses pengelapan akan ada bekas yang menempel di perangkatnya. Oleh sebab itu, pilihlah jenis pembersih yang tidak terlalu lama membekas di layar LCD perangkat. Namun, jika memang menggunakan jenis spray tentunya akan tampak bekas semprotan. Solusinya adalah membersihkan lagi dengan permukaan kain.

5. Pilih yang Mengandung Bahan Anti Bakteri

Sudah diketahui bahwa perangkat memang bisa menjadi sarang bagi para bakteri yang bisa mempengaruhi kesehatan penggunanya. Oleh sebab itu, orang-orang bisa lebih pintar dalam memilih pembersih layar LCD yang bagusnya mengandung bahan anti bakteri. Dengan begitu, kondisi dari perangkat yang digunakan bisa lebih higienis. Alhasil, penggunanya pun juga tidak perlu khawatir lagi untuk berkontak langsung dengan perangkatnya.

Rekomendasi Pembersih Layar LCD Terbaik

Jika sudah mengerti cara memilih produk screen cleaning yang tepat dari penjelasan sebelumnya, maka berikutnya akan kami berikan beberapa pilihan produknya. Berikut rekomendasi pembersih layar LCD terbaik :

1. Screen Cleaner Mikuso

Screen Cleaner Mikuso
Screen Cleaner Mikuso

Spesifikasi Screen Cleaner Mikuso

Merk Mikuso
Kemasan Botol Spray
Isi 100ml
Include Cairan Pembersih, Lap Mikrofiber dan Kuas
Rate 4.9
Harga Rp 21,500 -an

Rekomendasi produk pembersih layar LCD yang pertama yaitu dari merk Mikuso. Screen cleaning 3in1 ini terdiri dari cairan pembersih non aerosol yang berukuran 100ml, sapu atau kuas pembersih serta lap mikrofiber yang lembut dan tidak berserat. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan layar monitor, LCD TV, kamera, laptop/notebook dan juga layar handphone.

Berita Terkait  12 Rekomendasi HP OPPO Kamera Terbaik Harga 2 Jutaan

2. Deli Screen Cleaner

Deli Screen Cleaner
Deli Screen Cleaner

Spesifikasi Deli Screen Cleaner

Merk Deli
Kemasan Botol Spray
Isi 100ml
Include Cairan Pembersih dan Lap Mikrofiber
Rate 4.9
Harga Rp 43,000 -an

Berikutnya yaitu Deli screen cleaner dengan kemasan botol spray 100ml. Bahan dari pembersih layar ini yaitu surfactant dan deionized water. Produk ini mampu membersihkan layar tv lcd, laptop maupun smartphone. Setiap pembelian sudah termasuk cairan pembersih dan juga lap fiber 2 sisi yang lembut dan memiliki formula tidak merusak layar.

3. Cairan Pembersih Krypton

Cairan Pembersih Krypton
Cairan Pembersih Krypton

Spesifikasi Cairan Pembersih Krypton

Merk Krypton
Kemasan Botol Spray
Isi 100 ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.8
Harga Rp 35,000 -an

Produk pembersih layar lcd laptop selanjutnya yaitu Krypton. Menggunakan bahan berkualitas yang dikemas dengan botol spray yang memudahkan penggunaan. Selain untuk membersihkan layar laptop, produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan layar HP dari kotoran, mengurangi dan mencegah munculnya jamur dan bakteri.

4. Pembersih Laptop LCD MeinAuto

Pembersih Laptop LCD MeinAuto
Pembersih Laptop LCD MeinAuto

Spesifikasi Pembersih Laptop LCD MeinAuto

Merk Mein Auto
Kemasan Botol Spray
Isi 240ml dan 480ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.9
Harga Rp 30,000 – Rp 47,000 -an

Merk cairan yang bisa membersihkan layar lcd selanjutnya yaitu Mein Auto. Keunggulan dari produk ini yaitu aman digunakan pada semua material termasuk lensa kamera, lensa kacamata dan layat laptop. Tidak mengandung alkohol dan bahan kimia berbahaya sehingga tidak akan merusak serta memiliki harum aroma buah yang segar.

5. Crystal Clear Pembersih LCD

Crystal Clear Pembersih LCD
Crystal Clear Pembersih LCD

Spesifikasi Crystal Clear Pembersih LCD

Merk Crystal Clear
Kemasan Botol Spray
Isi 60ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.9
Harga Rp 28,000 -an

Rekomendasi selanjutnya yaitu Crystal Clean Pembersih LCD. Produk ini mampu membersihkan layar lcd kusam menjadi bersih seketika. Tentu dengan cara pembersihan yang tepat, yaitu pastikan peralatan yang akan dibersihkan dalam keadaan mati, semprotkan cairan pada kain fiber yang lembut lalu lap perlahan dengan satu arah, hindari gerakan memutar pada saat mengelap untuk menghindari kerusakan pada layar.

6. Spray & Refill Screen Cleaner

Spray & Refill Screen Cleaner
Spray & Refill Screen Cleaner

Spesifikasi Spray & Refill Screen Cleaner

Merk No Merk
Kemasan Botol Spray dan Refill
Isi 30ml
Include Cairan Pembersih dan Lap
Rate 4.9
Harga Rp 49,000 -an

Berikutnya cairan pembersih LCD yang dikemas dalam botol spray yang dibalut dengan kain mikrofiber sehingga sangat praktis saat digunakan. Cairan ini mampu membersihkan layar lcd yg buram karena tertutup debu dengan hasil yang bersih dan tidak membuat layar menjadi lecet karena mengandung material yang aman dan lembut.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Review Terbaru 2023)

7. Cube Cairan Pembersih Layar LCD

Cube Cairan Pembersih Layar LCD
Cube Cairan Pembersih Layar LCD

Spesifikasi Cube Cairan Pembersih Layar LCD

Merk Cube
Kemasan Botol Spray
Isi 15 ml
Include Cairan Pembersih dan Lap Mikrofiber
Rate 5.0
Harga Rp 55,000 -an

Selanjutnya ada produk dari Cube cairan pembersih layar LCD yang mengandung 100 % natural mineral sehingga aman digunakan dan tidak merusak layar LCD.  Setiap pembelian sudah termasuk Microfiber Cleaning Cloth. Produk ini mampu membersihkan layar lcd laptop, iPad, smartphone, plasma TV bahkan lensa kamera.

8. Screen Cleaning Kit

Screen Cleaning Kit
Screen Cleaning Kit

Spesifikasi Screen Cleaning Kit

Merk No Merk
Kemasan Botol Spray
Isi 30 ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.8
Harga Rp 25,000 -an

Berikutnya yaitu Screen Cleaning Kit dengan kemasan botol spray 30ml. Cara membersihkan layar lcd laptop menggunakan produk ini yaitu, pastikan perangkat dalam keadaan mati. Semprotkan cairan pada lap mikrofiber lalu lap perlahan dengan gerakan satu arah untuk menghindari kerusakan pada layar.

9. Cleaner Kit Havit SC-055

Cleaner Kkit Havit SC-055
Cleaner Kkit Havit SC-055

Spesifikasi Cleaner Kit Havit SC-055

Merk Havit
Kemasan Botol Spray
Isi 100ml
Include Cairan Pembersih, Lap Mikrofiber, Kuas dan Blower
Rate 4.9
Harga Rp 36,000 -an

Rekomendasi produk selanjutnya ada satu set cleaner kit dari Havit yang berisi cairan pembersih 100ml, lap, kuas dan blower. Produk ini mampu membersihkan layar lcd berjamur menjadi bersih dan mencegah timbulnya jamur dan bakteri. Dapat digunakan pada layar monitor, LCD TV, kamera, Notebook/Laptop dan layar Handphone/Smartphone.

10. Avan Pembersih Layar LCD

Avan Pembersih Layar LCD
Avan Pembersih Layar LCD

Spesifikasi Avan Pembersih Layar LCD

Merk Avan
Kemasan Botol Spray
Isi 100ml
Include Cairan Pembersih, Kuas dan Lap
Rate 4.7
Harga Rp 10,000 -an

Selanjutnya ada Avan Screen Cleaning yang terdiri dari 1 botol cairan obat yg dibuat khusus untuk membersihkan monitor dari debu, sidik jari tanpa merusak layar, kuas untuk membersihkan debu di keyboard dan handuk kecil untuk lap atau kain pembersih layar LCD. Cocok untuk membersihkan layar monitor komputer, laptop, layar TV dan layar handphone.

11. Iglo Screen Cleaner Lite C-208

Iglo Screen Cleaner Lite C-208
Iglo Screen Cleaner Lite C-208

Spesifikasi Iglo Screen Cleaner Lite C-208

Merk Iglo
Kemasan Botol Spray
Isi 100ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.9
Harga Rp 25,000 -an

Selanjutnya ada Iglo screen cleaning yang tidak mengandung alkohol dan detergen sehingga aman untuk layar LCD atau lensa. Cara membersihkan layar lcd smartphone dengan produk ini sangat mudah, yakni semprotkan cairan pada kain lembut lalu usapkan secara lembut pada layar hingga semua kotoran terangkat.

12. QUATS Multi Purpose Cleaner

QUATS Multi Purpose Cleaner
QUATS Multi Purpose Cleaner

Spesifikasi QUATS Multi Purpose Cleaner

Merk Quats
Kemasan Botol Spray
Isi 60ml
Include Hanya Cairan Pembersih
Rate 4.8
Harga Rp 23,000 -an

Rekomendasi produk pembersih LCD yang terakhir yaitu Quats yang ampuh membersihkan noda dan kotoran membandel pada permukaan layar. Cara membersihkan layar lcd laptop dari bercak hitam dengan produk ini yaitu semprotkan secukupnya pada kain kering lalu lap permukaan yang ingin dibersihkan sebelumnya pastikan permukaan di-lap kering.

Kesimpulan

Itulah ulasan terkait tips memilih beserta rekomendasi pembersih layar LCD terbaik yang perlu diketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka pengguna menjadi lebih bisa menjaga kebersihan dari perangkatnya. Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat perangkat lebih awet dan tidak mudah rusak. Selesai sudah pembahasan kali ini. Sampai jumpa di pembahasan produk menarik lainnya hanya di web ini.

/* */