10 Rekomendasi Laptop Gaming 15 Jutaan Terbaik

Buat kamu para gamers kalau ditanya laptop idaman tentu laptop gaming bakalan menjadi laptop yang paling sempurna. Laptop jenis ini bisa dibilang laptop kelas tinggi yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game berat dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Berikut adalah tips dan Rekomendasi laptop gaming 15 Jutaan terbaik untuk kebutuhan bermain game kamu sesuai yang kami review 2022

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik
Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Laptop gaming pada dasarnya merupakan laptop dengan performa CPU dan GPU yang lebih tinggi pada kelas laptop umunya. Biasanya dalam sebuah game diperlukan performa yang tinggi supaya tidak terjadi kendala seperti lag atau frame drop. Sehingga akan membuat pengalaman bermain game terganggu. Selain itu laptop ini juga biasanya dipakai untuk kebutuhan lain misalnya, mengedit atau menjalankan aplikasi berat seperti adobe premiere. Supaya kamu tidak salah memilih laptop gaming, sebaiknya ketahui tips dalam memilih laptop gaming terbaik sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tips dan Trik memilih Laptop Gaming Terbaik

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah laptop gaming. Misalnya laptop yang ingin dipakai tidak hanya untuk bermain game tetapi bisa juga digunakan untuk melakukan kegiatan lain seperti recording game ataupun menjadi seorang streamer.
Beberapa tips berikut dapat membantu kamu supaya tidak bingung dalam memilih laptop gaming.

1. Perhatikan Jenis CPU atau Processor

CPU sangat berperan penting dalam sebuah laptop gaming. Komponen satu ini bertugas untuk memproses semua data dan perintah yang diperlukan untuk menjakankan sebuah game. Pastikan CPU yang digunakan pada laptop gaming tersebut mempunyai clock speed tinggi sehingga semakin cepat maka semakin cepat juga proses pada Laptop tersebut sehingga tidak akan membuat lag pada saat memaikan game berat seperti COD Warzone ataupun Genshin Impact. Processor dengan Intel Core i7-Series ataupun processor AMD Ryzen merupakan pilihan yang direkomendasikan karena mempunyai kinerja yang sangat tinggi.

2. Graphics processing unit (GPU)

GPU merupakan komponen yang bertugas untuk memuat sebuah gambar pada laptop. Komponen ini bekerja dengan merender gambar yang diproses dari VGA ke layar. Untuk bermain game sendiri diperlukan GPU khusus seperti NVIDIA GeForce namun jika kamu punya budget lebih bisa memilih GPU NVIDIA GeForce RTX 30-series.

3. Ram

Komponen yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah laptop gaming yakni RAM. Setidaknya diperlukan Ram sebesar 8GB atau lebih supaya game yang dimainkan tidak lag dan patah-patah. Selain itu dengan ram yang besar kamu dapat melakukan multitasking pada Laptop tersebut. Pastikan juga pada laptop tersebut terdapat dual-channel ram yang berfungsi sebagai slot ram yang dapat kita tambah kapasitasnya jika suatu saat dibutuhkan.

4. Storage atau Penyimpanan

Game sangat memerlukan banyak penyimpanan sehingga sangat disarankan untuk memilih laptop gaming dengan penyimpanan yang besar. Penyimpanan pada laptop memiliki beberapa jenis penyimpanan. Pilihlah penyimpanan dengan menggunakan ssd, ssd akan memberikan akses yang cepat ke file game tersebut. Berbeda dengan hardisk yang sangat lambat ketika mengakses file game. Tetapi kamu dapat menggunakan keduanya, SSD digunakan untuk sistem laptop tersebut sementara hardisk digunakan untuk menyimpan file game. SSD sebesar 512GB adalah pilihan yang baik jika Kamu menginginkan banyak ruang penyimpanan.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Scanner Terbaik untuk Dokumen

5. Kualitas Layar

Sebuah game akan semakin baik kualitas tampilanya jika dimainkan di layar yang mempunyai layar yang beresolusi tinggi. Setidaknya pilihlah laptop dengan kualitas resolusi 1920 x 1080 atau lebih bagus laptop yang memakai resolusi layar QHD atau UHD jika kamu mempunyai budget lebih. Dengan resolusi layar yang tinggi akan memberikan kualitas gamabr yang sempurna untuk bermain game. Laptop gaming dengan layar 4K juga bisa jadi pilihan terbaik yang didukung dengan kartu grafis atau GPU kelas atas.

6. Design

Laptop gaming selalu menawarkan design yang unik seperti Laptop Gaming besutan Asus yakni ROG Series dengan logo mata khasnya atau Acer dengan logo predatornya. Selain itu beberapa laptop gaming juga memberikan warna RGB dibagian keyboard atau bodi sehingga memberikan kesan gamers nya lebih berasa. Pilihlah design sesuai dengan pilihan yang kamu sukai.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Setelah kamu mengetahui tips and trik dalam memilih laptop gaming 15 jutaan terbaik. Berikut adalah Rekomendasi laptop gaming terbaik menurut versi sampurasun.co.id .

1. Laptop Gaming MSI CREATOR Z16

MSI Creator Z16
MSI Creator Z16

Spesifikasi MSI Creator Z16

Merk MSI
CPU Intel I7 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3060
Berat 2.2Kg
Rate 4.9
Harga Rp 39.000.000 -an

MSI Creator Z16 hadir dengan processor Intel Core I7 gen 11 Generasi terbaru dengan berkecepatan tinggi dengan delapan core sehingga 49Ghz. Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan GPU NVIDIA Geforce RTX 3060 yang akan memberikan pengalaman megah saatk amu bermain game. MSI’s exclusive Cooler Boost Technology juga menjadi salah satu fitur pendingin yang terdapat pada laptop gaming ini. Fitur ini akan menjaga suhu laptop supaya tetap stabil dan tidak terjadi overheat ketika sedang bermain game. Seri ini juga dilengkapi dengan RAM 32GB hal ini dapat memungkinkan kamu memainkan game berat dan juga multitasking secara bersamaan. Dengan jenis RAM DDR4 laptop ini dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Laptop ini juga dilengkapi dengan layar QHD+ 16 inci yang memiliki kecepatan refresh rate hingga 165Hz. Jika kamu ingin bermain game Civilization VI maka MSI Creator Z16 ini adalah pilihan terbaik.

2. Laptop Gaming Acer Nitro 5

Acer Nitro 5
Acer Nitro 5

Spesifikasi Acer Nitro 5

Merk Acer
CPU Intel I5 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3050
Berat 2.2Kg
Rate 4.7
Harga Rp 12.300.000 -an

Bagi kamu penyuka produk dari brand Aer, laptop gaming satu ini dapat jadi salah satu pilihan kamu. ACER NITRO 5 dilengkapi dengan processor Intel core I5 Gen 11 dan berkolaborasi dengan VGA RTX3050-4GB. Laptop ini mempunyai kapasitas RAM sebesar 16GB yang dapat kamu upgrade. Serta SSD jenis NVMe 512GB pastinya bisa melibas semua game rata kanan. Acer Nitro 5 tampil dengan layar berukuran 15,6 inci dan beresolusi 2k serta refresh rate 144hz yang akan membuat tampilan game semakin halus dan juga tajam. Selain itu laptop ini juga dibekali dengan pendingin ganda yang didukung dengan teknologi Acer Coolboost sehingga kamu tidak perlu khawatir overheat ketika bermain game.

3. Laptop Asus TUF Gaming F15

Asus TUF Gaming F15
Asus TUF Gaming F15

Spesifikasi Asus TUF Gaming F15

Merk Asus
CPU Intel I7 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3050ti
Berat 2.3Kg
Rate 4.9
Harga Rp 11.290.000 -an

Asus selalu berupaya menghadirkan series laptop gaming dengan performa kencang dengan harga yang relatif murah. Asus seri TUF Gaming sendiri hadir sebagai alternatif lain selain seri ROG tentunya memiliki perfoma yang sama. Asus TUF Gaming F15 membawakan Intel Core I7 Gen 11 TDP 45W yang jauh lebih kencang dari seri sebelumnya dan mempunyai VGA NVIDIA GeForce RTX seri 3050ti dengan vram 4Gb. Kapasitas ram 16Gb Dual channel DDR4 dengan frekuensi 3200mhz. Ini membuat TUF jadi laptop berperforma tinggi yang siap dan kamu tidak perlu khawatir soal upgrade. Selain itu Asus TUF Gaming F15 juga dilengakapi dengn teknologi yang dinamakan dengan thunderbolt 4 yang memungkinkan kamu menghubungkan semua perangkat dengan mudah. Untuk design sendiri Asus TUF Gaming F15 menggunakan material polikarbonat ditambah dengan logo khas dari seri TUF yakni logo The badge.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Gaming Mouse Murah Terbaik (Review Terbaru 2023)

4. Lenovo IdeaPad Gaming 3

Lenovo Ideapad Gaming 3
Lenovo Ideapad Gaming 3

Spesifikasi Lenovo Ideapad Gaming 3

Merk Lenovo
CPU Intel I7 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3050
Berat 2.3Kg
Rate 4.9
Harga Rp 11.999.000 -an

Laptop gaming satu ini memiliki harga yang lebih terjangkau yakni dikisaran 12 juta-an dengan performa yang memadukan processor Ryzen 5600H series dengan NVIDIA GeForce RTX 3050. Untuk ram bawaanya laptop ini memiliki single RAM 8GB DDR4 dengan kecepatan RAM 3200Mhz. Meskipun laptop ini masih memakai RAM Single Channel tetapi masih ada 1 slot RAM yang kosong jadi tidak perlu mengganggu RAM bawaan jika kamu ingin menambah kapasitas lebih. Storage laptop ini sendiri memiliki kapasitas 512 GB dengan jenis SSD M.2 NVMe PCIe. laptop ini memakai form factor Clamshell. Menggunakan material polikarbonat untuk bodi laptop dan memiliki design yang terkesan sederhana jauh dari kata “Gaming”. Laptop ini juga memakai layar memukau 100% srgb dan refresh rate sampai 165hz dengan resolusi FHD. Laptop Ideapad gaming 3 hampir mempunyai performa yang setara dengan series Lenovo Legion.

5. Lenovo Legion Slim 7 AMD

Lenovo Legion Slim 7 AMD
Lenovo Legion Slim 7 AMD

Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7 AMD

Merk Lenovo
CPU AMD Ryzen 7
VGA Nvidia RTX 3060
Berat 1.9Kg
Rate 4.8
Harga Rp 19.999.000 -an

Lenovo Legion Slim 7 AMD merupakan series teratas dari series Legion besutan dari Lenovo. Laptop gaminng satu ini mempunyai bodi super tipis, ringan dan juga minimalis tetapi bisa digunakan untuk untuk bermain game dan melakukan multitasking berat. Bahkan lenovo sendiri memberi slogan stylish outside, savage inside yang memberikan hardware siap pakai jadi kamu tidak perlu mengupgrade apapun. Dibekali dengan processor AMD Ryzen 7 5800H dan sudah memakai NVIDIA GeForce RTX 3060 full performa. Untuk kapasitas RAM sendiri, laptop ini sudah memakai dual-channel 32GB DDR4 dengan kecepatan maksimal 3200mhz. Dibagian kapasitas penyimpanan laptop ini juga dipasang SSD berkapasitas 1TB jenis M.2 NVMe PCIe. Memiliki design display yang memakai panel IPS dengan ukuran 15,6 inci dan beresolusi WQHD dengan color gamut 100% Srgb. Selain dipakai bermain game laptop ini juga sangat cocok untuk kebutuhan kerja tanpa khawatir lag dan kamu bisa bergaya dengan laptop yang super slim.

6. HP Pavilion Gaming 15

HP Pavolion Gaming 15
HP Pavolion Gaming 15

Spesifikasi Hp Pavilion Gaming 15

Merk Hp
CPU Intel I5 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3050
Berat 2.2Kg
Rate 4.9
Harga Rp 8.300.000 -an

Rekomendasi berikutnya laptop gaming 15 jutaan satu ini dapat menjadi salah satu pertimbangan kamu. Dipacu dengan spesifikasi dasar Intel Core I5 Gen 11 berduet dengan NVIDIA GeForce RTX 3050 yang pastinya ini mampu melibas game-game berat. Untuk ukuran RAMnya sendiri laptop ini mempunyai kapasitas RAM 8Gb single-channel yang bisa kamu upgrade karena masih memiliki 1 slot ram kosong. Dibekali kapasitas penyimpanan bertipe SSD yang berkapasitas 521Gb jenis NVMe yang sangat kencang dan tahan terhadap guncangan. Tak hanya itu dibagian ssd juga terdapat heatsink yang menutup permukaan SSD supaya suhunya tetap stabil. Urusan design, laptop ini memakai form factor clamshell dengan material polikarbonat. Layarnya dengan luas 15,6 inci menggunakan panel ips serta beresolusi FHD bisa memanjakan visual kamu.

Berita Terkait  11 Rekomendasi Printer Yang Bisa Scan dan Fotocopy

7. Laptop Gaming Dell Alienware m15 R6

 Dell Alienware m15 R6
Dell Alienware m15 R6

Spesifikasi Dell Alienware m15 R6

Merk Dell
CPU Intel I7 Gen 11
VGA Nvidia RTX 3060
Berat 2.4Kg
Rate 4.9
Harga Rp 20.000.000 -an

Ingin punya laptop gaming selain series ROG dan Legion? Pilih Dell Alienware m15 R6 bisa kamu lirik. Laptop gaming dari dell alienware series sudah terkenal dengan kualitas performa yang gahar. Laptop gaming kelas Flagship dari Dell yang akhirnya masuk kembali ke pasar Indonesia secara resmi. Alienware 15 memadu processor Intel Core I7 gen 11 “Tiger Lake” dan NVIDIA RTX 3060. Kamu tidak perlu khawatir untuk upgrade laptop gaming satu ini karena sudah menggunakan ram 32Ggb DDR4 dual-channel ditambah kapasitas penyimpanan 1tb ssd Nvme. Tentunya design khas dari alienware bisa kamu dapatkan di series ini yang pastinya bakalan buat orang nengok pas liat laptop satu ini. Lampu rgb dibagian belakang juga bisa kamu nyalakan kalau ingin tampil lebih meriah lagi.

8. Laptop Asus ROG STRIX G15

ASUS ROG STRIX G15
ASUS ROG STRIX G15

Spesifikasi Asus ROG STRIX G15

Merk Asus
CPU Ryzen 7 6800H
VGA Nvidia RTX 3050
Berat 2.1Kg
Rate 4.8
Harga Rp 23.999.000 -an

Ngomongin soal laptop gaming kurang rasanya kalau tidak membawa brand Asus satu ini. Laptop Asus ROG STRIX G15 merupakan laptop ROG Flagship paling murah “Generasi terbaru”. Meskipun murah di kelas ROG mesin yang dipakai tetap sangar. Bertenagakan processor Ryzen 7 6800H series ditemani dengan NVIDIA RTX 3050 dengan ram 8gb ddr5 dan masih ada 1 slot ram kosong. menggunakan ssd nvme sebesar 512gb yang sudah support kecepatan 3gb/detik. Soal flagship tentu bahan yang dipakai akan berbeda dengan kelas mid-range atau entry level, asus rog strix g15 ini memakai bahan metal alumunium dengan sedikit hiasan dibagian belakang sehinga akan terlihat elegan. Dibagian logo ROG belakang bisa kamu nyalakan sesuai dengan kecerahan layar. Untuk bobotnya sendiri sudah termasuk ringan dijajaran laptop gaming yakni hanya 2,1Kg.

9. Lenovo Legion 5 AMD Advantage

Lenovo Legion 5 AMD Advantage
Lenovo Legion 5 AMD Advantage

Spesifikasi Legion 5 AMD Advantage

Merk Asus
CPU Ryzen 7 6800H
VGA AMD Radeon Rx
Berat 2.2Kg
Rate 4.9
Harga Rp 23.999.000 -an

Lenovo Legion 5 AMD Advantage menjadi salah satu laptop gaming yang tidak perlu pusing untuk pilih-pilih lagi. Pasalnya laptop ini memiliki gelar AMD Advantage dengan processor Ryzen 7 5800H tentunya dengan fabrikasi 7nm. AMD sendiri menjadi salah satu brand dengan pabrikasi 7nm satu satunya pertama. GPU nya sendiri memakai AMD Radeon Rx6600m 8GB kombinasi spek tinggi sebagai penyandang gelar AMD Advantage. Selain itu karena processor dan GPU sama dari AMD, laptop ini mempunyai fitur AMD Smart Acces memory bisa memudahkan cpu mengakses memory gpu. Dengan fitur ini performa game game tertentu akan semakin tinggi lagi.

10. Laptop Gaming MSI Vector GP66

MSI Vector GP66
MSI Vector GP66

Spesifikasi MSI Vector GP66

Merk MSI
CPU Intel I7 Gen 12
VGA AMD Radeon Rx
Berat 2.3Kg
Rate 4.9
Harga Rp 33.999.000 -an

Laptop gaming satu ini merupakan laptop gaming pertama yang memakai processor intel core generasi ke 12 yakni memakai intel core i7 generasi ke 12 dengan 14 core 26 thread. Dengan GPU kelas atas Nvidia Geforce RTX 3070 ti. Ram yang dipakai dilaptop ini 16Gb DDR4 dual-channel dengan kecepatan 3200Mhz. Dan ada ssd NVMe yang kapasitasnya 1TB MSI. Selain itu MSI juga memberikan teknologi MSI Overboost yakni fitur yang berguna untuk memaksimalkan power cpu dan gpu. Dibagian layar tidak perlu lagi kompromi, standar laptop gaming di ukuran 15,6 inci dengan resolusi QHD. Mendukung refresh rate sampai 165Hz sangat cocok untuk gaming dan editing. Buat kamu pecinta game valorant dengan laptop satu ini kamu dapat memainkan game tersebut sampai 350Fps.

Kesimpulan

Kualitas dari laptop gaming tidak perlu diragukan lagi. Kamu dapat memilih laptop gaming sesuai dengan kebutuhan kamu mulai dari mesin hardware yang dipakai sampai design bodi yang unik. Semoga artikle ini bisa memberikan kamu manfaat informasi tentang laptop gaming 15 jutaan terbaik. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan membahas informasi seputar laptop dan komputer lainya. Terima kasih

/* */