10+ Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Memelihara hewan yang hidup di air merupakan salah satu cara yang sering dilakukan para penghobi binatang akuatik. Terdapat beragam jenis hewan yang bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan seperti ikan hias, ikan arwana sampai ikan yang bisa diadu atau diikutsertakan kontes keindahan warnanya. Ikan cupang bisa kamau pilih sebagaia pemanis disudut ruangan. Memeberikan makanan ikan cupang agar cepat besar dan dirawat supaya warnya bagus mungkin diantara kamu ada yang belum mengetahuinya.

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar
Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Sebagai informasi bahwa dahulu mungkin sekitar 10 tahun yang lalu ikan jenis ini hanya dipelihara untuk diadukan. Mana yang bertahan dialah pemenangnya begitupula sebaliknya tidak bertahan berarti kalah. Namun sekarang banyak tutorial yang membahas tentang makanan dan cara merawat ikan cupang seperti menyediakan ruang yang cukup, air yang bersih dan selalu diganti pakan yang sesuai untuk ikan hias seperti ini.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Penilaian ikan cupang hias biasa dilihat dari warna ekor dan sirip ikan cupang. Maka dari itu kamu perlu pengetahuan yang luas dan tepat supaya tidak salah dalam merawat hewan yang hidup di air ini. Untuk mendapatkan ikan cupang dengan warna yang indah, perhatikan beberapa cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Tempat Ikan Cupang

Pemilihan wadah plastik atau kaca itu bisa kamu sesuaikan dengan selera saja. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Itu bukan masalah yang serius dalam memelihara ikan cupang. Sebaiknya yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan ikan cupang sehat warnanya bagus memiliki ekor panjang dan sirip dengan warna motif yang indah.

Sebelum lebih jauh membahas secara detail, hal pertama yang perlu diperhatikan saat kamu memelihara ikan cupang adalah dengan memberikannya wadah atau aquarium yang berukuran tidak terlalu kecil tidak juga terlalu besar. Kamu bisa membeli aquarium yang berukuran 15 cm x 15 cm x 20 cm ini diberikan supaya ikan cupang memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.

2. Pertahikan Air Aquarium Ikan Cupang

Habitat asli ikan cupang adalah di sawah, rawa rawa dengan air yang tawar. Maka dari itu kamu sangat disarankan untuk memperhatikan air yang akan kamu gunakan yaitu air sumur karena tekstur air sumur dengan air dilingkungan aslinya itu serupa, kalaupun tidak ada kamu bisa menggunakan air PDAM. Ikan cupang yang hidup diaquarium dengan air sumur akan jauh lebih sehat dan cantik karena hewan tersebut merasa seperti didareah asalnya.

Berita Terkait  12 Rekomendasi Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Bulu dan Gemuk

Perhatikan juga volume air aquarium, kamu hanya boleh mengisi sekitar 40% saja air kedalam wadah untuk menghindari ikan lompat keluar dari wadahnya. Untuk mengganti air kamu bisa menggantinya secara berkala seperti maksimal satu minggu sekali. Cara mengganti airnya pun tidak sembarangan, pertama sisakan sedikit air sebelumnya dan kamu boleh mengisi tambahannya kewadah ikan cupang.

3. Beri Daun Ketapang dan Jemur Ikan Cupang

Setelah kamu tahu ukuran wadah yang pas dan sesuai, serta kamu mengetahui volume air diwadah, saatnya kamu memberikan daun ketapang. Pemberian daun ketapang bisa kamu lakukan selama tiga hari sampai air di aquarium berubah warnanya seperti menyerupai warna teh, setelah itu daun ketapang bisa kamu angkat. Perhatikan tempat penyimpanan ikan cupang yang suka dengan minim cahaya.

Supaya warnanya bagus ikan cupang perlu dijemur, waktunya sendiri bisa dijam 08.00 – 10.00 dengan durasi 15 menit saja. Sinar matahari baik untuk membasmi bakteri yang hidup diaquarium sehingga ikan cupang bisa hidup lebih sehat dan warnanya bagus. Untuk ikan cupang yang warnanya didominasi hitam ini dikecualikan, jenis seperti ini sangat tidak nyaman ketika dijemur dibawah sinar mata hari.

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Setelah kita melihat beberapa tips merawat ikan cupang supaya warnanya bagus sehingga bisa menjadi juara saat kontes keindahan. Selanjutnya untuk mendapatkan ikan yang terawat dan tubuhnya yang kuat kamu perlu memberiknya makanan yang penuh nutrisi sehingga ikan bisa hidup sehat. Bisa kamu pertimbangkan rekomendasi makanan ikan cupang agar cepat besar dibawah ini.

1. Spirulina Tablet Makanan Ikan Cupang

Spirulina Tablet Makanan Ikan Cupang
Spirulina Tablet Makanan Ikan Cupang

Spesifikasi Spirulina Tablet Makanan Ikan Cupang

Merk Spirulina Tablet
Manfaat Mencerahkan warna ikan cupang
Bahan Protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan air pigmen
Rate 4.9
Harga Rp 200/butir

Spirulina tablet merupakan salah satu makanan untuk ikan cupang yang terbuat dari bahan protein 70%, karbohidrat 25%, lemak 5%, vitamin 8% dan 5% air pigmen. Sangat bagus kamu pakai untuk memberi makan ikan cupang karena mampu mencerahkan warna dan mempercepat pertumbuhan ikan. Dari 5 bahan utama spirulina tablet ini semuanya memiliki manfaat masing masing untuk kesehatan dan kecerahaan warna ikan.

2. Fish Food Makanan Ikan Cupang

Fish Food Makanan Ikan Cupang
Fish Food Makanan Ikan Cupang

Spesifikasi Fish Food Makanan Ikan Cupang

Berita Terkait  10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik dan Estetik
Merk Fsih Food
Manfaat Mempercepat pertumbuhan
Bahan Protein, Serat, Lemak,Moisture
Rate 4.7
Harga Rp 1200

Fish food adalah makanan ikan cupang agar warnanya bagus kamu bisa memberikan 2-4 kali dalam sehari. Namu perlu tetap dijaga nafsu makan si ikan tidak berkurang semangatnya saat dikasih pakan. Perhatikan suhu dilingkungan sekitar, tetap jaga suhu didalam wadah stabil tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin.

3. Pakan Ikan Cupang Hobiku

Pakan Ikan Cupang Hobiku
Pakan Ikan Cupang Hobiku

Spesifikasi Pakan Ikan Cupang Hobiku

Merk Hobiku
Manfaat Mempercepat pertumbuhan
Bahan Protein
Rate 5
Harga Rp 1.400

Terbuat dari bahan alami yang diformulasikan khusus untuk ikan cupang, dalam kondisi tertentu kamu pasti dibuat kaget ketika makanan cupang ini sangat cepat besar tubuhnya, Kemasan pakan hobiku juga dibuat dengan desain khusus yang akan memudahkan kamu dalam memberikan makanana yang bisa langsung dihitung perbutiran tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu.

4. Crystal Makanan Ikan Cupang

Crystal Makanan Ikan Cupang
Crystal Makanan Ikan Cupang

Spesifikasi Crystal Makanan Ikan Cupang

Merk Crystal
Manfaat Menimbulkan warna cerah
Bahan Tidak disebutkan
Rate 4.9
Harga Rp 1.500

Banyak yang menanyakan apa makanan ikan cupang kamu bisa memilih jenis pakan apa saja yang memang sesuai diperuntukkan kepada ikan cupang. Bisa jentik nyamuk, cacing merah, atau bakteri kecil yang bisa memberikan nutrisi baik. Selain itu crystal juga hadir sebagai makanana ikan cupang agar tumbuh cepat dan memiliki warna yang cerah.

5. Betta Vit Super Ikan Cupang 

Betta Vit Super Ikan Cupang
Betta Vit Super Ikan Cupang

Spesifikasi Betta Vit Super Ikan Cupang

Merk Betta Vit Super
Manfaat Mempercepat pertumbuhan
Bahan Tidak disebutkan
Rate 4.9
Harga Rp 2.740

Ikan cupang adalah ikan dengan jenis hias yang bisa diikustertakan juga kontes keindahan warnanya. Kamu bisa membeli pakan betta vit super ini untuk kamu berikan kepada ikan cupang peliharaan mu. Kapan ikan hias itu diberi makan cukup pagi, siang dan sore saja.

6. Tropical Wonder Makanan Ikan Cupang

Tropical Wonder Makanan Ikan Cupang
Tropical Wonder Makanan Ikan Cupang

Spesifikasi Tropical Wonder Makanan Ikan Cupang

Merk Tropical Wonder
Manfaat Mencerahkan warna ikan cupang
Bahan Protein dan Mineral
Rate 4.8
Harga Rp 4.500

Bisa disimpan selama 24 bulan, tropical wonder merupakan pakan jenis pelet yang bisa dipakai untuk ikan hias seperti cupang. Kamu bisa memberikan makanan ini untuk mempercepat pertumbuhan dan mencerahkan warna ikan cupang.

7. PrimaX Vit Pelet Ikan Cupang

PrimaX Vit Pelet Ikan Cupang
PrimaX Vit Pelet Ikan Cupang

Spesifikasi PrimaX Vit Pelet Ikan Cupang

Merk PrimaX Vit
Manfaat Menjaga kesetabilan air
Bahan Protein 41%, Lemak 5%, Serat 4%, Abu 14%, Kadar Air 10%
Rate 4.9
Harga Rp 4.500

PrimaX vit hadir dengan kemasan 50 gr dan jenis makanan butiran ini bisa kamu aplikasikan untuk cara merawat anak ikan cupang. Penggunaan yang baik akan memperpanjang umur ikan, menstabilkan air menseragamkan ukuran ikan supaya bisa tumbuh dengan ukuran yang sama.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Kucing

8. Premium Betta Food Ikan Cupang

Premium Betta Food Ikan Cupang
Premium Betta Food Ikan Cupang

Spesifikasi Premium Betta Food Ikan Cupang

Merk Premium Betts Food
Manfaat Mempercepat pertumbuhan ikan
Bahan Protein 41%, Lemak 5%, Serat 4%, Abu 11%, Kadar air 10%
Rate 4.9
Harga Rp 5.800

Kaya akan kandungan gizi yang baik seperti protein, lemak, serat dan kadar air menjadikan premium beta foot sebagai pakan ikan cupang terbaik yang bisa kamu beli. Bahan alami tersebut di buat khusus untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan mencerahkan warna ikan supaya terlihat indah dan sehat.

9. Betta Food Pakan Ikan Cupang

Betta Food Pakan Ikan Cupang
Betta Food Pakan Ikan Cupang

Spesifikasi Betta Food Pakan Ikan Cupang

Merk Betta Food
Manfaat Mencerahkan warna ikan
Bahan Protein 41%, Lemak 5%, Serat 6%, Abu 12%, Kadar Air 10%
Rate 4.9
Harga Rp 7.000

Betta food merupakan pakan larva serta benih ikan yang berkualitas terbaik. Kamu akan diberikan makanan ikan cupang cepat besar dan tuntunya memiliki warna yang cantik. Hadir dalam kemasan 40 gr butiran pellet ini bisa kamu pakai untuk pakan ikan cupang sehari 3x.

10. Cacing Beku Pioneer Ikan Cupang

Cacing Beku Pioneer Ikan Cupang
Cacing Beku Pioneer Ikan Cupang

Spesifikasi Cacing Beku Pioneer Ikan Cupang

Merk Pioneer
Manfaat Mempercepat pertumbuhan ikan
Bahan Tidak disebutkan
Rate 5
Harga Rp 8.500

Pioneer satu merk pakan ikan cupang berupa cacing beku dengan banyak nutrisi baik yang akan diberikan untuk ikan cupang. Dimana ikan cupang akan cepat besar pertumbuhannya dan mampu memberikan warna yang cerah. Ikan cupang makan berapa kali sehari tentunga bisa disesuaikan dengan usia ikan itu sendiri yah.

11. Nrd 5/8 Makanan Ikan Cupang

Nrd 5/8 Makanan Ikan Cupang
Nrd 5/8 Makanan Ikan Cupang

Spesifikasi Nrd 5/8 Makanan Ikan Cupang

Merk NRD
Manfaat Mempercepat pertumbuhan ikan
Bahan Protein 55%, Lipid 9%, Serat 1,9%, Kadar Air 8%
Rate 4.8
Harga Rp 11.875 – Rp 25.500

Hadir dalam beragam kemasan NRD merupakan pakan ikan hias dengan kandungan Protein 55%, Lipid 9%, Serat 1,9%, Kadar Air 8% sehingga ikan akan cepat berkembang menjadi besar. Selain itu harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp 11.875 – Rp 25.500 rupiah saja.

12. Fish Booster Untuk Ikan Cupang

Fish Booster Untuk Ikan Cupang
Fish Booster Untuk Ikan Cupang

Spesifikasi Fish Booster Untuk Ikan Cupang

Merk Fish Booster
Manfaat Mencerahkan warna ikan
Bahan Tidak disebutkan
Rate 5
Harga Rp 66.000

Dari sekian banyak makanan untuk ikan cupang satu produk bernama fish booster hadir dalam kemasan cair. Terdapat mikroba selulotik dan pseudomonas yang mampu memecahkan pestisida serta sisa pakan yang tidak habis yang hasilnya kualitas air tetap terjaga dengan baik. Kamu bisa membelinya dipasar online dengan harga Rp 66.000 rupiah.

Kesimpulan

Dari sekian banyak pembahasan kita diatas, memelihara binatang air adalah satu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika ikan tersebut memiliki warna yang indah. Sebagai pemilik binatangpun pasti akan merasakan kebahagiaan melihat ikan tersebut tumbuh sehat. Dalam perawatannya ikan perlu diberikan makanan yang sesuai dengan jenis ikan itu sendiri. Dari cara merawat ikan cupang agar bagus warnanya diatas kita belajar bahwa untuk memiliki ikan hias dengan warna yang indah perlu pellet yang berkualitas juga. Serta pemilihan yang terdapat di rekomendasi makanan ikan cupang yang bisa mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan warna yang bagus diatas sebagai bahan pertimbangan ketika kamu akan membelinya.

/* */