12 Rekomendasi Pembersih Kaca Aquarium Terbaik (Review Terbaru 2023)

Memelihata hewan yang hidup diair tentunya menjadi hobi yang sangat mengenangkan bagi beberapa orang yang tergabung di komunitas aquascape. Dimana mereka membuat karya aquarium yang terbuat dari kaca dan meengisinya dengan apa yang hampir sama dengan habitat asli binatang tersebut. Untuk tetap bersih dan terawah aquarium perlu di bersihkan secara berkala. Maka dari itu pembersih kaca aquarium terbaik sangat kamu butuhkan untuk tetap membuat kondisinya enak dilihat.

Rekomendasi Pembersih Kaca Aquarium Terbaik
Rekomendasi Pembersih Kaca Aquarium Terbaik

Agar ikan yang Anda pelihara bisa berumur panjang dan sehat, maka sudah seharusnya melakukan perawatan sebaik mungkin. Tidak hanya memberi makan secara teratur, Anda juga perlu menjaga kebersihan aquarium. Ikan tidak bisa tumbuh secara optimal apabila wadahnya kotor. Oleh karena itu, perlu mengetahui apa saja tips memilih pembersih aquarium terbaik agar mendapatkan produk yang cocok.

Tips Memilih Pembersih Aquarium Terbaik Untuk Pemula

Walaupun terlihat seperti hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun, memilih pembersih aquarium sebenarnya memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari bentuk aquarium, sampai jenis ikan yang tinggal di dalam aquarium. Terdengar cukup membingungkan bukan? Jangan pusing, karena tips memilih pembersih aquarium terbaik versi Sampurasun.co.id selengkapnya bisa disimak berikut.

1. Perhatikan Tipe Pembersih Aquarium

Tips pertama dalam memilih pembersih aquarium terbaik adalah memperhatikan tipe pembersih aquarium yang dipilih. Ternyata, ada beberapa jenis dan tipe dari pembersih akuarium ini. Jenis dan tipe yang paling umum adalah tipe manual dan elektrik. Setiap tipe pembersih memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, dengan pembersih yang manual. Harga yang dibayarkan mungkin akan jauh lebih murah, proses pembersihan bisa lebih detail. Namun, para pembaca harus meluangkan lebih banyak waktu. Berbeda dengan pembersih elektrik yang lebih praktis walaupun harganya lebih mahal.

2. Pastikan Produk Tidak Membahayakan Ikan

Tips memilih pembersih aquarium terbaik selanjutnya adalah memastikan produk pembersih tidak membahayakan bagi ikan yang tinggal di aquarium. Ada banyak produk pembersih yang berbentuk serbuk maupun cairan untuk membersihkan bagian dalam aquarium. Kadang campuran kimia dalam bahan pembersih ini bisa membahayakan ikan. Apalagi, jika produk dibiarkan mengendap dan digunakan dalam waktu lama. Untuk amannya, lebih baik untuk selalu menggunakan produk pembersih yang terbuat dari bahan alami saja.

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

3. Sesuaikan Ukuran Pembersih dengan Akuarium

Ukuran aquarium juga harus menjadi bahan pertimbangan, ketika para pembaca ingin memilih pembersih akuarium. Semakin besar ukuran aquarium yang perlu dibersihkan, maka semakin besar dan banyak juga produk kebersihan yang diperlukan. Anda harus menyesuaikan ukuran pembersih aquarium agar sesuai dengan ukuran aquarium. Misalnya saja, jika Anda ingin membeli pembersih elektrik untuk aquarium berukuran besar. Pastikan pembersihnya juga besar. Karena jika yang dipilih adalah pembersih aquarium elektrik yang kecil. Tentu saja, pembersih tidak akan bisa membersihkan aquarium secara menyeluruh dan maksimal. Karena sudah melebihi kemampuan alat dan ukurannya.

4. Pastikan Alat yang Diberikan Lengkap dan Sesuai

Ketika membeli produk pembersih aquarium, biasanya produk ini hadir dalam satu paket. Jadi, tidak hanya produk pembersihnya saja. Biasanya hadir bersama dengan alat pembersih dan kelengkapan lainnya. Karena itu, Anda harus mengecek sekali lagi produk yang hendak di beli. Apakah memang sudah lengkap atau tidak. Walaupun terlihat sederhana, namun jika ada barang yang kurang dari paket yang diberikan. Mungkin saja, produk malah jadi tidak bisa digunakan lagi.

5. Sesuaikan dengan Dana yang Tersedia

Harga pembersih akuarium ini sangat bervariasi. Dari yang harganya murah dan terjangkau, seperti pembersih manual. Sampai yang mahal seperti pembersih elektrik berukuran besar. Para pembaca selain menyesuaikan dengan ukuran akuarium. Ada baiknya untuk menyesuaikan dengan dana yang ada dan bisa disediakan oleh para pembaca.

Rekomendasi Pembersih Kaca Aquarium Terbaik

Itulah 5 tips memilih pembersih aquarium terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan para pembaca. Kamu bisa mendapatkan produk pembersih aquarium yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun dana. Selanjutnya kamu bisa melihat beberapa rekomendasi pembersih kaca aquarium yang bisa kamu beli berikut ini.

1. Spon Pembersih Aquarium

Spon Pembersih Kaca Aquarium
Spon Pembersih Kaca Aquarium

Spesifikasi Spon Pembersih Aquarium

Merk Tidak disebutkan
Bahan Busa
Ukuran 10 cm x 6 cm x 2 cm
Fungsi Membersihkan kaca aquarium
Rate 4.9
Harga Rp 2.500

Busa ajaib begitulah orang menyebutnya, spon pembersih kerak kaca aquarium ini memiliki ukuran 10cm x 6cm x 2cm diman akamu bisa membelinya hanya Rp 2.500 rupiah saja. Busa ini bisa kamu gunakan berkali kali, kalaupun sudah kotor kamu bisa membersihkannya.

2. Pembersih Aquarium Scarper Segitiga

Pembersih Kaca Aquarium Scarper Segitiga
Pembersih Kaca Aquarium Scarper Segitiga

Spesifikasi Pembersih Aquarium Scarper Segitiga

Merk Nikita Star
Bahan Plastik dan Spon
Ukuran 50 cm
Fungsi Membersihkan jamur aquarium
Rate 4.6
Harga Rp 13.000
Berita Terkait  10+ Rekomendasi dan Harga Kalung Kucing Lonceng Terbaik (Review Terbaru 2023)

Alat pembersih kaca aquarium bisa kamu beli dengan harga Rp 13.000 rupiah, dengan alat ini kamu akan diberikan kemudahan dalam membersihkan aquarium. Karena gagang yang terbuat dari bahan plastik tidak berat saat digunakan. Busa spon pada ujung alat mampu membersihkan jamur dan kerak.

3. Top Cleaner Cairan Pembersih Aquarium

Top Cleaner Cairan Pembersih Kaca Aquarium
Top Cleaner Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Spesifikasi Top Cleaner Cairan Pembersih Aquarium

Merk Glass Cleaner
Bahan Tidak disebutkan
Ukuran 50 ml
Fungsi Membersihkan jamur aquarium
Rate 4.7
Harga Rp 13.000

Salah satu rekomendasi cairan pembersih kaca aquarium yaitu glass cleaner atau top cleaner. Bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca aquarium supaya bersih dari kerak jamur dan kaca menjadi jernih. Sedangkan untuk cara membersihkan kerak kaca aquarium  adalah dengan mengoleskan cairan ini kaca aquarium yang berkerak, tunggu 115 menit. Setelah itu kamu bisa gosok menggnakan menggunakan sarung tangan, lalu bilas dengan air bersih.

4. Glass Cleaner 100 ML

Glass Cleaner 100 ML
Glass Cleaner 100 ML

Spesifikasi Glass Cleaner 100 ML

Merk Glass Cleaner
Bahan Tidak disebutkan
Ukuran 100 ml
Fungsi Membersihkan kerak kaca aquarium
Rate 4.9
Harga Rp 20.000

Glass cleaner merupakan pembersih kerak kaca aquarium terbaik yang selalu memproduksi cairan atau alat pembersih berkualitas. Glass cleaner 100 ml ini contohnya hadir dengan kemasan botol dan membersihkan kaca aquarium  yang baik adalah menunggu kering terlebih dahulu basuh bagian kaca yang mau dibersihkan menggunakan spon, gosok sampai kerak kaca hilang lalu bilas dengan air.

5. Crystal Glass 100ML

Crystal Glass 100ML
Crystal Glass 100ML

Spesifikasi Crystal Glass 100ML

Merk Crystal Glass
Bahan Tidak disebutkan
Ukuran 100 ml
Fungsi Membersihkan noda kaca aquarium
Rate 4.9
Harga Rp 22.100

Cara membersihkan kaca aquarium yang buram adalah dengan mengoleskan crystal glass ke area kaca yang kusam, diamkan beberapa saat lalu gosong secara merata dengan lap. Ulangi jika masih diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan sarung tangan safety karena cairan ini kurang ramah untuk kulit.

6. Super Glass Cleaner Pembersih Kaca Aquarium 

Pembersih Kaca Aquarium
Pembersih Kaca Aquarium

Spesifikasi Pembersih Kaca Aquarium

Merk Super Glass Cleaner
Bahan Tidak disebutkan
Ukuran 50 ml
Fungsi Membersihkan noda membandel aquarium
Rate 5
Harga Rp 25.000

Cara mudah membersihkan kaca aquarium yang penuh dengan jamur, kerat, kusam hanya dengan mengoleskan super glass cleaner ke bagian yang akan dibersihkan. Pakai sarung tangan untuk mencegah iritasi kulit jauhkan dari jangkauan anak anak. Beli dengan harga Rp 25.000 rupiah.

7. Skrep Kaca Pembersih Aquarium

Skrep Kaca Pembersih Aquarium
Skrep Kaca Pembersih Aquarium

Spesifikasi Skrep Kaca Pembersih Aquarium

Berita Terkait  10+ Rekomendasi Model Baju Kucing Anggora dan Persia yang Lucu
Merk Tidak disebutkan
Bahan Aluminium dan akrilik
Ukuran Tidak disebutkan
Fungsi Membersihkan
Rate 4.8
Harga Rp 30.000

Satu alat yang bisa kalian gunakan sebagai cara membersihkan kaca aquarium tanpa menguras  adalah skrep yang batang berbahan aluminium dan kepala dari akrilik. Ini adalah cara paling efektik untuk membersihkan aquarium tanpa harus susah payah mengurasnya.

8. Magnetic Brush

Magnetic Brush
Magnetic Brush

Spesifikasi Magnetic Brush

Merk Nikita Star
Bahan Magnet
Ukuran 25 cm x 30 cm x 45 cm
Fungsi Membersihkan kaca aquarium
Rate 4.8
Harga Rp 43.000 – Rp 100.000

Satu alat yang bisa kamu gunakan sebagai pembersih kaca aquarium magnet membersihkan kaca aquaruim tidak perlu dari dalam, cukup dari luar dengan menggerak gerakkan magnetic brus ini sampai kaca benar benar bersih. Tidak perlu khawatir menggores kaca karena bahannya halus dan mengapung saat lepas.

9. Alat Pembersih Kaca Akuarium

Alat Pembersih Kaca Akuarium
Alat Pembersih Kaca Akuarium

Spesifikasi Alat Pembersih Kaca Akuarium

Merk Ista
Bahan Aluminium
Ukuran 50 cm
Fungsi .Membersihkan lumut kaca aquarium
Rate 4.9
Harga Rp 85.000

Membersihkan kaca aquarium yang penuh dengan lumut dan kotoran sampai ke akar akarnya. Tanpa perlu tambahan caira lain untuk membersihkan. Cukup dengan menggunakan alat pembersih yang canggih ini kamu akan mendapatkan aquarium serasa seperti baru lagi.

10. Ista Algae Scrapper 3 In 1

Ista Algae Scrapper 3 In 1
Ista Algae Scrapper 3 In 1

Spesifikasi Ista Algae Scrapper 3 In 1

Merk Ista
Bahan Aluminium
Ukuran 8 cm
Fungsi Membersihkan kotoran bercak air dan algae
Rate 5
Harga Rp 145.000

Alat pembersih Ista algae ini sesuai seperti nama kamu bisa membersihkan dengan 3 alat dalam satu kemasan. scrubber, scraper, ruber scraper untuk mendapatkan aquarium bersih dan kinclong hanya dengan beberap alangkah saja. Terbuat dari bahan yang awet meskipun sering digunakan, harganya pun sangat terjangkau.

11. Alat Pembersih Aquarium 5 In 1

Alat Pembersih Kaca Aquarium 5 In 1
Alat Pembersih Kaca Aquarium 5 In 1

Spesifikasi Alat Pembersih Kaca Aquarium 5 In 1

Merk Fish Tank Cleaning Brush
Bahan Aluminium busa spon
Ukuran 15 cm
Fungsi Membersihkan segala jenis kotoran aquarium
Rate 4.5
Harga Rp 185.000

Pembersih kaca 5 in 1 ini sangat kamu perlukan untuk membersihkan aquarium. Karena dengan 5 alat ini aquarium kamu akan bersih seperti baru kembali. Beli produk fish tank cleaning brush ini hanya dengan Rp 185.000 rupiah. Terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah patah.

12. Alat Pembersih Kaca Magnet Aquarium

Alat Pembersih Kaca Magnet Aquarium
Alat Pembersih Kaca Magnet Aquarium

Spesifikasi Alat Pembersih Kaca Magnet Aquarium

Merk Tidak disebutkan
Bahan Plastik, Magnetik, Karet
Ukuran 16 cm x 8.5 cm x 13.5 cm
Fungsi Membersihkan kaca aquarium
Rate 4.8
Harga Rp 119.999

Magnet pembersih kaca aquarium salah satu cara mudah membersihkan kaca aquarium langsung dari dua sisi menggunakan alat pembersih yang bisa kamu beli dengan harga Rp 119.999 rupiah. Terbuat dari bahan plastik, magnet dan karet yang merupakan kombinasi apik untuk sebuah alat pembersih ini.

Kesimpulan

Pada dasarnya segala sesuatu itu akan rusak dipakai ataupun tidak dipakai, namun ketika dirawat dengan baik peralatan tersebut akan jauh lebih panjang umur. Begitupun aquarium yang kamu rawat dengan menggunakan cairan pembersih ataupun alat untuk membersihkan aquarium maka barang tersebut tetap terlihat bersih dan indah dipandang. Dari tips memilih cairan pembersih aquarium yang telah disampaikan, kamu perli melihat beberapa alat pembersih aquarium terbaik yang telah dikumpulkan daru berbagai macam sumber. Silahkan bandingkan dan pilihlah produk terbaik sesuai kebutuhan.

/* */