Kamera  

12 Rekomendasi Tripod Terbaik (Review Terbaru 2023)

Tripod merupakan peralatan pendukung dengan tiga kaki dan kepala tripod yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kamera serta penyeimbang kamera dalam mengambil gambar. Pada dasarnya tripod sering digunakan oleh photographer pada kondisi tertentu seperti sedang memotret pemandangan alam, memotret dimalam hari karena hanya tersedia sedikit pencahayaan.

Selain itu tripod juga didesain untuk masing – masing kebutuhan, diantaranya bisa digunakan untuk kamera DSLR, kamera mirrorless atau smartphone. Pada kesempatan ini kami akan menyediakan berbagai jenis tripod terbaik yang telah kami rangkum ditinjau dari kualitas, fungsi dan harga tripod itu sendiri. Namun sebelum itu lihat dulu cara memilih tripod terbaik dan berkualitas dibawah ini.

Tips dan Trik Memilih Tripod Terbaik

Pada saat kamu akan membeli tripod simak baik baik cara memilih tripod berkualitas berikut ini.

1. Jenis Tripod

Saat ini setidaknya ada 3 jenis tripod yang tersedia dipasaran. Pertama adalah tripod smartphone, tripod kamera dan tripod mini. Disini kalian bisa menyesuaikan membeli tripod dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Kalau saat ini kalian membutuhkan tripod untuk kamera ya belilah tripod kamera jangan beli tripod mini karena itu tidak akan berfungsi dengan baik.

2. Pahami Bahan Tripod

Tripod itu terbuat dari bahan material yang berbeda, karena itu kalian perlu mengetahui tripod tersebut terbuat dari bahan apa. Pastikan kamu memilih tripod yang terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak apalagi untuk bahan kaki tripod haruslah dari bahan yang kokoh. Dengan kaki yang kokoh maka keseimbangan kamera pun akan terjaga dengan sangat baik.

3. Kenali Kepala tripod

Kepala tripod merupakan ada pada bagian atas tripod, disana kamu akan menemukan tempat menyimpan kamera. Nah kepala tripod akan sangat berpengaruh pada kualitas keseimbangan kemera ketika diletakkan. Kepala tripod haruslah dilengkapi oleh komponen pendukung seperti baut dan kontrol kamera. Kamu sangat disarankan untuk membeli tripod dengan kepala bola yang memudahkan satu penguncian untuk semua jenis.

4. Lihat Kaki Tripod

Secara umum kaki tripod itu hanya memiliki 2 jenis tampilan, satu memiliki bentuk pipa dan satu lagi memiliki bentuk tabug. Untuk kaki tripod yang berbahan dasar serat karbon dibekali dengan sistem penguncian twist dalam penguncian kaki tripod. Kaki baja tripod ini ada pada tripod aluminium dengan desain flip-lock. Kalau bisa kalian pilih yang ada hand strap yang berguna untuk kamu saat membawa tripod.

5. Bubble Level Tripod

Bubble level tripod adalah satu aset penting yang wajib tersedia pada tripod. Umumnya bubble level tripod ini terletak diantara kaki dan kepala tripod. Bentuknya tabung kecil didalamnya terdapat cairan hijau dan bola kecil yang ketika dilihat sekilas ini tidak berpengaruh besar. Jangan salah bubble level tripod memiliki peranan penting untuk keseimbangan kemera pada tripod.

6. Siapkan Budget

Ketika kamu sudah mengenali jenis bahan dan komponen tripod, maka sudah saatnya kamu mempersiapkan budget untuk membeli tripod yang sesuai dengan keuangan dan kebutuhan akan tripod tersebut. Pilihlah tripod yang sesuai dengan care memilih tripod berkualitas diatas dan sesuaikan juga dengan tabungan keuangan yang telah kamu siapkan, selamat berbelanja.

Berita Terkait  10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Review Terbaru 2023)

Rekomendasi Tripod Terbaik

Itulah beberapa tips dan trik membeli tripod berkualitas dan silahkan kalian amati kembali sebelum membeli tripod. Maka sampai pada waktunya kamu duduk manis siapkan makanan ringan dan mari lihat beberapa tripod terbaik yang sudah dirangkum dari sumber terpercara kami ringkas dalam rekomendasi tripod terbaik berikut ini.

1. Fotopro X2 Lite Tripod Camera

Fotopro X2 Lite Tripod Camera

Spesifikasi Fotopro X2 Lite Tripod Camera

Merk Fotopro
Tinggi 61 – 157 cm
Bahan Aluminum Alloy
Warna Hitam
Rate 4.9
Harga Rp 420.000

Fotopro X2 Lite Tripod Camera adalah rekomendasi tripod terbaik pertama yang paling banyak digunakan. Tripod ini dipasarkan oleh perusahaan bernama doss dengan merk fotopro. Tampilannya yang simple berwatna hitam dengan tinggi kaki tripod 61 – 167 cm memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengambil gambar. Produk ini tersedia dipasaran dengan harga RP 420.000 saja.

2. Tripod Costa CT-6218

Tripod Costa CT-6218

Spesifikasi Tripod Costa CT-6218

Merk Costa
Tinggi 125 – 150 cm
Bahan ABS High Quality Aluminum
Warna Hitam
Rate 5
Harga Rp 139.999 – Rp150.000

Costa menempati urutan kedua sebagai merk tripod terbaik yang sering dibeli. Tripod Costa CT-6218 ini hanya dibandrol dengan harga RP. 139.999 – 150.000 an. Namun sudah dilengkapi dengan bluetooth remote yang memudahkan kamu dalam mengoperasikan dari jarak jauh. Sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam menangkap gambar yang bagus dan sesuai dengan keinginan.

3. Takara Raiz 204

Takara Raiz 204

Spesifikasi Takara Raiz 204

Merk Taraka
Tinggi 42 – 134 cm
Bahan Aluminium
Warna Hitam Merah
Rate 4.9
Harga Rp 142.000

Harga tripod Takara Raiz 204 adalah Rp 142.000 sudah termasuk didalamnya tripod canggih yang dilengkapi oleh bluetooth remote, kamera holder u, pengait tripod serta tersedia 3 flip look di kaki tripod. Bobot tripod ini cukup ringan dan tidak terlalu berat yaitu kurang dari 1 kg. Dari semua kelebihan yang dimiliki tripod ini layak untuk kamu miliki sekarang juga.

4. Tripod Somita ST-3110

Tripod Somita ST-3110

Spesifikasi Tripod Somita ST-3110

Merk Somita
Tinggi 30 – 105 cm
Bahan Almunimum
Warna Hitam
Rate 4.9
Harga Rp 126.500
Berita Terkait  10+ Rekomendasi Merk Kamera Pocket Terbaik (Review Terbaru 2023)

Merk terkenal somita juga tidak mau tertinggal dalam menyediakan tripod murah berkualitas. Harga Tripod Somita ST-3110 yaitu Rp 126.500, sedangkan ketika kamu membelinya sudah mendapatkan satu set tripod lengkap dengan tas tripod. Memiliki tinggi minimal 30 cm dan maksimal 105 cm menjadi kelebihan tersendiri dari tripod ini. Desain body yang compact serta ringan dan mudah dilipat akan sangat mudah ketika dibawa dan tidak terlalu memakan space yang besar untuk tempat penyimpanannya.

5. Mini Tripod Portable

Mini Tripod Portable

Spesifikasi Mini Tripod Portable

Merk Kingma
Tinggi 26 – 39.7 cm
Bahan Aluminum alloy + Rubber
Warna Hitam
Rate 4.9
Harga Rp 275.000

Jangan kamu pandang sebelah mata Mini Tripod Portable ini kalau kalian hanya melihat dari tampilannya yang mini saja. Lihat dulu spesifikasi dan detal yang dimiliki maka kamu akan berkata oh iyah ini tripod mini terbaik. Kingma adalah merk yang meluncurkan tripod mini dengan kualitas terbaik karena bisa menahan beban sampai dengan maksimal 3 kg. GoPro, mini projector, smartphone, kamera DSLR dan mirrorless dapat dipasangkan pada kepala tripod mini portable ini.

6. Tripod Bilico BL-3520

Tripod Bilico BL-3520

Spesifikasi Tripod Bilico BL-3520

Merk Bilico
Tinggi 55 – 140 cm
Bahan Plastik
Warna Hitam
Rate 4.9
Harga Rp 185.000 – 200.000

Harga Tripod Bilico BL-3520 berkisar Rp 185.00 – 200.000 berbahan dasar plastik dengan tinggi minimal 55 cm tinggi maksimal 140 cm. Dilengkapi dengan head turun naik tripod dan pemberat tripod yang berfungsi untuk keseimbangan tripod sehingga memungkinkan tripod tidak mudah goyah saat berada dikondisi yang tidak biasa. Kaki tripod dibekali oleh 2 flip hook yang memberikan keleluasaan untuk kamu dalam proses setting tripod.

7. Tripod Attanta Kaiser 234V

Tripod Attanta Kaiser 234V

Spesifikasi Tripod Attanta Kaiser 234V

Merk Attanta
Tinggi 56 – 156 cm
Bahan Aluminum alloy tube
Warna Hitam
Rate 5
Harga Rp 419.000

Melihat Tripod Attanta Kaiser 234V seperti sedang memandang tripod dengan banyak kelebihan yang dimilikinya. Pada bagian kepala tripod dilengkapi oleh mounting screw, vertical tilt lock knob, quik release plate. Pada bagian leher tripod tersedia pan locking knob, axis locking knob setta handla yang berfungsi untuk pegangan tripod. Untuk bagian kaki Tripod Attanta Kaiser 234V dilengkapi dengan hand strap, center brace, pengait tripod dan ujung kaki tripod berbahan karet.

8. Mini Tripod Lipat Midio

Mini Tripod Lipat Midio

Spesifikas Mini Tripod Lipat Midio

Merk Midio
Tinggi 10 cm
Bahan Plastik
Warna Hitam
Rate 4.7
Harga Rp 14.500

Mini tripod lipat midio ini hanya memiliki tinggi maksimal 10 cm terbuat dari bahan plastik sehingga ringan untuk dibawa kemana – mana. Namun untuk urusan kelebihan banyak sekali yang bisa diunggulkan salah satunya adalah ukurannya yang kecil segingga tidak membutuhkan tempat luas untuk penyimpanan. Selain itu tripod ini juga dilengkapi dengan holder U dan bisa digunakan untuk smartphone, kamera DSLR atau kamera pocket.

9. Tripod Beike QZSD-555

Berita Terkait  10 Rekomendasi Merk SD Card Terbaik (Review Terbaru 2023)
Tripod Beike QZSD-555

Spesifikasi Tripod Beike QZSD-555

Merk Beike
Tinggi 34 – 154 cm
Bahan Aluminium
Warna Hitam
Rate 4.8
Harga Rp 520.000

Rekomendasi tripod terbaik berkualitas ini hadir dari beike sebagai perusahaan yang menciptakan tripod dengan desain yang elegan. Memang bukan harga yang murah dan tidak termasuk mahal juga untuk membeli satu buah Tripod Beike QZSD-555. Kamu harus membelinya dengan harga Rp 520.000 dan kamu bisa mendapatkan tripod dengan spesifikasi bubble level tripod, tersedia 3 flip hook serta diberikan tas tripod yang bisa kamu gunakan untuk mengaitkan tripod ke pinggang saat memotret.

10. Inbex TF-3366 Tripod

Inbex TF-3366 Tripod

Spesifikasi Inbex TF-3366 Tripod

Merk Inbex
Tinggi 50 – 133 cm
Bahan Alumunium
Warna Hitam
Rate 4.8
Harga Rp 135.000 – Rp159.000

Perusahaan ternama Inbex juga meluncurkan Inbex TF-3366 Tripod yang di bandrol dengan harga Rp 135.000 – 159.000 an. Harga ini sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan ketika membeli tripod. Satu kamu mendapatkan tripod yang terbuat dari bahan alumunium kuat dan kokoh. Inbex TF-3366 Tripod Kompatibel untuk kamera, ring light dan hp. Alat karet juga menjadi keunggulan yang dimilikinya karena tripod tidak akan mudah selip.

11. Manfrotto Tripod Compact Light

Manfrotto Tripod Compact Light

Spesifikasi Manfrotto Tripod Compact Light

Merk Manfrotto
Tinggi 39 – 131 cm
Bahan Aluminium
Warna Hitam Merah
Rate 5
Harga Rp 1.080.000

Bukan tripod yang murah dibeli namun Manfrotto Tripod Compact Light ini hadir dengan banyak fitur dan keliebihan yang dimiliki. Kepala dengan bentuk bola yang memberikan kemudahan penguncian untuk segala hal. Bobot Manfrotto Tripod Compact Light adalah 800 gram sehingga sangat ringan untuk dibawa berpergian. Tersedia warna hitam dan hitam merah yang berpenampilan lebih mewah.

12. Tripod Zomei Q111

Tripod Zomei Q111

Spesifikasi Tripod Zomei Q111

Merk Zomei
Tinggi 50 – 145 cm
Bahan Aluminum alloy tube
Warna Hitam, Biru, Silver
Rate 4.9
Harga Rp 286.900

Rekomendasi tripod terbaik ditinjau dari segi kualitas dan penilaian pembeli terhadap tripod selanjutnya datang dari Tripod Zomei Q111 dengan harga Rp 286.900 saja. Kamu yang ingin memiliki perlu mempersiapkan uang tersebut guna mendapatkan tripod lengkap dengan tas tripod, holher u untuk hp serta kunci flip hook ada 3 yang memudahkan kamu untuk menyesuaikan tripod terhadap lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Pada dasarnya tripod memang tidak bisa jauh dari kegiatan memotret sebagai alat pelengkap kamera, tripod berperan sangat penting untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih bagus. Rekomendasi tripod terbaik diatas hanyalah rangkuman dari banyak nya jenis tripod yang tersedia saat ini. Namun disini kamu bisa menemukan produk dengan harga yang sesuai dengan kualitas tripod itu sendiri.

/* */